Pengertian Customer Value dan Tips Mengembangkannya
Harmony Blog
Business
Pengertian Customer Value dan Tips Mengembangkannya
October 5, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Ada istilah yang mengatakan bahwa customer adalah raja dan ini memang benar adanya karena customer yang membuat usaha Anda tetap eksis dan berkembang. Oleh karena itu setiap bisnis harus memperhatikan customer value mereka karena hal ini berhubungan erat dengan kepuasan pelanggan dan positioning bisnis atau produk itu.

Banyak perusahaan yang hanya fokus pada kuantiti penjualan tapi tidak memperhatikan customer value mereka, hal ini bisa menjadikan kendala dalam bisnis dikemudian hari. Bisnis yang terus eksis dan berkembang adalah bisnis yang memberikan customer value terbaik untuk pelanggan mereka. Hal ini berlaku untuk semua bisnis, baik offline ataupun online.

Customer value merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kesuksesan suatu bisnis.

Pengertian Customer Value

Customer value adalah semua manfaat yang diterima oleh customer dalam membeli sebuah produk dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Hal ini akan mempengaruhi tingkat kepuasan customer terhadap produk yang dia konsumsi tersebut. Dari customer value bisa disimpulkan tentang kelayakan seorang customer mengeluarkan sejumlah uang tertentu untuk membeli sebuah produk dengan manfaat yang melekat pada produk itu.

Customer value merupakan perpaduan antara manfaat fungsional (functional benefit) dengan manfaat dari sisi emosional (emotional benefit) suatu produk. Produk yang bisa memunculkan 2 manfaat tersebut secara maksimal akan menjadi produk yang sukses dan memiliki daya tahan kuat dalam persaingan. Apapun jenis usaha dan model bisnisnya, pebisnis harus tau konsep tentang customer value ini agar bisa diimplementasikan untuk produk yang dihasilkan.

Baca juga : Bisnis Model Canvas: Pahami Konsep Praktis dan Manfaatnya

Membeli ikat pinggang bermerek adalah contoh customer value yang mengambarkan kedua manfaat tersebut (functional dan emotional benefit). Ikat pinggang berfungsi untuk mengencangkan pemakaian celana, tetapi merek pada ikat pinggang merupakan simbol kemampuan finansial yang mau ditunjukkan pemakai kepada orang lain. Hal ini merupakan bagian dari fungsi produk yang berhubungan dengan sisi emosional pemakai, yaitu mau menunjukan strata ekonominya kepada orang lain.

Tipe-Tipe Customer Value

Secara umum ada 4 tipe customer value, yaitu :

Functional Value

Menekankan kepada solusi produk yang ditawarkan kepada pelanggan

Monetary Value

Berbicara tentang bagaimana uang yang dibayarkan pelanggan terhadap produk sesuai dengan kualitas produk tersebut.

Social Value

Merupakan bagaimana suatu produk bisa membuat pelanggan merasa spesial atau istimewa bila menggunakan produk tersebut.

Psychological Value

Menekankan bagaimana suatu produk bisa membuat pelanggan merasa jauh lebih baik dari sebelumnya setelah menggunakan produk itu.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Value

Customer value suatu produk dipengaruhi  oleh beberapa faktor, baik dari sisi perusahaan sebagai penjual produk maupun dari pelanggan sebagai target konsumen. Berikut ini adalah beberapa faktor tersebut :

• Fungsi produk

• Unique selling proposition produk tersebut

• Harga produk

• Kualitas

• Pelayanan

• Branding produk

• Preferensi target konsumen

• Tingkat pendapatan target konsumen

• Harga produk pesaing

• Kualitas produk pesaing

• Pengalaman pelanggan dalam menggunakan atau mengkonsumsi produk  serupa

custom-form-newsletter

5 Tips Mengembangkan Customer Value

Menciptakan customer value merupakan hal yang perlu terus dilakukan dan dievaluasi dalam suatu bisnis. Perusahaan wajib selalu berinovasi dengan mengembangkan customer value yang menarik dan cocok seiring perkembangan zaman. Pengembangan ini perlu dilakukan, mengingat terjadinya perubahan pada perilaku konsumen dari waktu ke waktu.

Lantas, bagaimana cara mengembangkan customer value? Simak 5 tipsnya berikut ini.

1. Bantu Target Konsumen untuk Memahami Value Anda

Saat menciptakan value pada produk, pastikan Anda sudah meriset tentang value tersebut. Value biasanya dibuat dari sumber daya yang dimiliki, kebutuhan konsumen, kepuasan mengkonsumsi produk serupa dan lain sebagainya. Karena itu Anda wajib membantu target konsumen untuk memahami value pada produk Anda agar mereka bisa mengerti, membeli dan menjadi pelanggan loyal.

Banyak sarana yang bisa digunakan untuk mengkomunikasikan value produk Anda kepada target konsumen, tetapi saat ini yang sangat efektif adalah media sosial dan website. Apalagi jika Anda menggunakan E-Commerce dalam mengembangkan bisnis, maka kedua sarana tersebut sangat tepat untuk mengedukasi target konsumen tentang value yang dimiliki produk Anda.

2. Ciptakan Unique Selling Point Baru sebelum Didahului Pesaing

Biasanya pesaing tidak akan tinggal diam ketika Anda menawarkan customer value yang baru untuk produk Anda. Mereka juga akan berusaha untuk menciptakan valuebaru dalam produk mereka. Sebelum di dahului oleh pesaing, Anda harus memiliki inisiatif terlebih dahulu dalam membuat Unique Selling Point  pada produk Anda.

Unique Selling Point adalah keunikan atau perbedaan dalam produk Anda yang tidak ada atau sulit ditemukan pada produk lain. Unique Selling Point akan membuat produk Anda jadi spesial dan menarik minat calon pelanggan untuk membeli.

3. Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Dengan memberikan pelayanan terbaik maka akan membuat kesan positif dalam benak pelanggan. Pelanggan menyukai bisnis yang memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan informatif. Buatlah pelayanan-pelayanan yang disukai oleh pelanggan, misalnya menjemput dan mengantar produk yang akan dikembalikan atau menyediakan fitur live chat untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

4. Kumpulkan dan Pelajari Masukan dari Pelanggan

Masukan dari pelanggan sangat penting untuk kemajuan bisnis Anda, jadi mintalah mereka memberi saran berupa lisan atau tertulis misalnya dengan melakukan survey. Karena pelanggan adalah orang yang menggunakan atau mengkonsumsi produk, jadi merekalah yang paling tepat opininya untuk mengembangkan value pada produk Anda.

Buatlah kedekatan produk Anda dengan pelanggan melalui interaksi media sosial, aplikasi percakapan dan seminar offine maupun online. Apabila pelanggan merasa dekat dengan produk Anda maka mereka akan cenderung menjadi pelanggan loyal, bahkan menjadi free marketer yang mempromosikan produk Anda ke relasi mereka.

5. Melakukan Branding dengan Tepat

Agar produk Anda semakin dikenal oleh masyarakat maka lakukanlah strategi branding yang tepat sehingga value produk Anda tersampaikan ke calon pelanggan. Fokuskan branding pada kelebihan atau keunikan dari produk Anda misalnya cara pembuatannya, bahan bakunya, sertifikat yang dimiliki, rasa, warna atau fungsinya.

Branding harus dilakukan dengan konsisten dan dalam jangka waktu tertentu agar memperoleh hasil maksimal. Buatlah budget untuk melakukan branding dalam rencana keuangan usaha Anda. Sekarang ini era internet jadi maksimalkan digital marketing untuk melakukan branding. Gunakan strategi SEO dan media sosial marketing untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk Anda ke calon pelanggan.

Selain customer value, faktor penting lain dalam mencapai kesuksesan adalah pembuatan laporan keuangan yang valid dan cepat. Gunakan Harmony untuk membuat laporan keuangan dengan mudah dan praktis. Harmony menyediakan 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu para pebisnis mengembangkan usaha mereka.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Coba gunakan Harmony GRATIS 30 hari dengan mendaftar disini. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/