Pengertian Auditor Keuangan, Fungsi dan Cara Kerjanya
Harmony Blog
Accounting
Pengertian Auditor Keuangan, Fungsi dan Cara Kerjanya
September 12, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Dalam menyusun sebuah laporan keuangan akuntansi harus disusun sedemikian rupa agar dapat memenuhi kebutuhan dari semua pihak yang membutuhkannya. Dan untuk memantau sebuah laporan tersebut harus memerlukan seorang auditor keuangan. Dalam artikel kali ini akan dibahas lengkap menganai pengertian Auditor, fungsi dan cara auditor bekerja.

Dalam sebuah laporan keuangan mempunyai peranan penting sebagai alat proses pengukuran dan penilaian kinerja perusahaan serta bermanfaat dalam pengambilan keputusan. Sebab banyak pihak seperti manajemen, pemegang saham, kreditur, pemerintah dan lain-lainnya yang berkepentingan dengan laporan keuangan.

Seorang auditor meyakinkan calon investor bahwa keuangan perusahaan teratur dan akurat, serta memberikan gambaran yang jelas tentang nilai perusahaan untuk membantu investor membuat keputusan yang tepat.

Audit adalah sebuah tinjauan atas catatan keuangan, proses, sistem, karyawan, layanan, dan produk bisnis. Tugas auditor adalah mengevaluasi keakuratan dan keandalan informasi organisasi bisnis dan proses di mana informasi tersebut dikumpulkan dan dinilai untuk memastikan manajemen dan investor menerima gambaran yang benar tentang aset pada suatu perusahaan.

Dalam pengertian auditor memverifikasi bahwa sebuah keuangan harus di kontrol yang tepat, agar pada auditor tersebut dapat mengelola risiko secara efektif, dan memastikan bahwa bisnis mematuhi semua peraturan hukum keuangan yang berlaku, dan bertugas melacak  arus kas dari awal hingga akhir dan memverifikasi bahwa dana organisasi telah dipertanggungjawabkan dengan benar.

Pengertian Auditor Keuangan

Auditor Keuangan adalah pihak independen yang melakukan suatu pemeriksaan yang dilakukan secara kritis dan sistematis  terhadap laporan keuangan yang telah disusun oleh pihak manajemen, berserta berbagai catatan pembukuan dan bukti-bukti pendukungnya dengan tujuan untuk dapat memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan tersebut.

Ada pun pengertian auditor menurut para ahli Abdul Hakim (2008:15) yaitu, pengertian auditor adalah seseorang yang independen dan berkompeten untuk menyatakan pendapat atau pertimbangan tentang kesesuaian dalam segala hal yang signifikan terhadap asersi atau entitas dengan kriteria yang sudah di tetapkan.

Namun ada pun jenis yang terdapat dalam sebuah auditor, yaitu auditor pemerintah, dan auditor eksternal. Tugas dari pengertian auditor pemerintah adalah menilai informasi laporan keuangan instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan penggunaan asset miliki pemerintah. Sedangkan tugas dari pengertian auditor eksternal adalah memberikan sebuah opini atas laporan yang telah dikerjakan.

Dan rata-rata gaji auditor di Indonesia per tahun adalah Rp. 54.000.000 atau Rp. 27,692 per jam. Namun gaji awal dalam posisi tersebut dimulai sekitar Rp. 24.600.000 per tahun, sementara bagi karyawan yang sudah berpengalaman, gaji berada di kisaran Rp. 91.800.000 per tahun.

Fungsi Auditor Keuangan

Dalam pengertian auditor memiliki fungsi yang penting dalam sebuah perusahaan, yaitu mengadakan pengawasan atas pembukuan akuntansi perusahaan. Namun sejalan dengan meningkatnya sistem informasi, aktivitas auditor tidak lagi berputar pada pengawasan pembukuan saja.

Melainkan mencakup pada pemeriksaan dan evaluasi terhadap kecukupan dan efektivitas sistem organisasi, serta mengontrol kualitas kertas kerja manajememn dalam melaksanakan tanggang jawab yang dibebankannya. Berikut beberapa fungsi yang terdapat dalam pengertian auditor :

• Seorang auditor memiliki fungsi dalam menentukan baik tidaknya internal control dengan memperhatikan pemeriksaan fungsi dan apakah prinsip dasar akuntansi benar-benar telah dilaksanakan atau tidak.

• Seorang auditor berfungsi untuk memastikan terkait peraturan dan prosedur yang harus dipatuhi oleh seluruh elemen manajemen.

• Seorang auditor berfungsi dalam memberi penilaian yang baik dan meningkatkan pengawasan efektif dengan biaya sewajarnya serta mengidentifikasikan sistem pengendalian yang diterapkan. meliputi pengendalian internal manajemen dan kegiatan operasioanl yang berkaitan.

• Berfungsi dalam rangka memperbaiki sistem operasioanl perusahaan agar lebih efektif dan efesien.

• Memastikan bahwa data yang dimiliki dan diolah di dalam perusahaan dapat dipertanggungjawabkan.

Cara Kerja Auditor Keuangan

Berikut ada 6 cara yang dilakukan seorang auditor keuangan dalam melakukan sebuah audit:

1. Meminta Segala Dokumen yang Dibutuhkan

Pada saat auditor mendatangi klien yang akan di audit. Seorang auditor akan meminta dokumen-dokumen yang dibutuhkan terkait yang di audit. Namun biasanya auditor akan mengirimkan daftar dokukmen yang dibutuhkan terlebih dahulu kepada klien di dalam audit checklilst. Dalam sebuah dokumen tersebut mencakup salinan laporan keuangan audit sebelumnya, nota keuangan, debit dan kredit yang dimiliki sebuah perusahaan, rekening koran, dan buku besar. Dan auditor meminta bagan organisasi klien bersama dengan daftar nama dewan dan komite terkait.

2.Mempersiapkan Rencana Audit

Auditor akan memeriksa informasi yang terdapat dalam sebuah dokumen dan merencanakan bagaimana proses audit akan dilakukan. Setiap seorang auditor pastinya memiliki gaya pengauditan yang berbeda-beda. Workshop dapat dilakukan oleh tim audit untuk mengidentifikasikan kemungkinan masalah yang akan muncul selama proses audit.  Dan kemudia seorang auditor akan menyusun rencana audit sesuai workshop atau melakukan diskusi yang sudah dilakukan oleh tim audit.

3. Menentukan Jadwal Rapat Terbuka

Seorang auditor juga perlu mengundang manajemen senior, staf administrasi, atau general affair. Di dalam melakukan sebuah rapat terbuka, auditor akan mempresentasikan ruang lingkup audit, lama waktu pelaksanaan audit, dan masalah yang akan di bahas trekait pembahasaan audit. Dan setiap kepala departemen dari pihak klien dapat meminta tolong untuk mengomunikasikan kepada staf bawahannya tentang adanya wawancara yang akan di laksanakan dengan auditor.

4. Memulai Melakukan Kerja Lapangan

Seorang auditor akan mengambil sebuah informasi yang telah dikumpulkan dari rapat terbuka, dan hasil sebuah rapat terbuka tersebut akan digunakan untuk merealisasikan rencana audit. Dan kerja lapangan kemudian dilaksanakan dengan berkomunikasi kepada anggota staf dan meninjau prosedur dan proses audit.

Kemudian auditor akan menguji kepatuhan klien terkait pencatatan dan pelaporan keuangan yang telah di sesuaikan dengan PSAK. Seorang auditor dapat mendiskusikan suatu masalah saat masalah tersebut muncul kepada klien untuk memberi klien  kesempatan dalam memberikan feedback.

5. Menyusun Hasil Laporan

Seorang auditor akan menyiapkan audit yang berisi rincian temuan-temuan audit selama menjalani proses audit yang sudah di laksanakan. Dalam sebuah laporan audit akan merangkum segala kesalahan matematis, temuan yang bersifat material maupun tidak material, dan lainnya. Setelah itu auditor akan menulis komentar terkait temuan-temuan audit dan merekomendasikan solusianya kepada klien.

Baca Juga : Penjelasan Akuntansi Keuangan Daerah dan Metode Pencatatannya

custom-form-newsletter


6. Menyiapkan Rapat Penutupan

Setelah proses audit sudah dilakukan, maka seorang auditor meminta tanggapan dan persetujuan dari klien terkait masalah dan temuan dalam laporan audit pada rapat penutupan.

Dan auditor juga akan menjelaskan deskripsi rencana aksi manajemen untuk mengatasi masalah dan temuan tersebut, serta menentukan tanggal yang di sepakati bersama dalam menyelesaikan sebuah kesalahan tersebut. Didalam sebuah rapat penutupan, semua pihak yang terlibat akan mendiskusikan laporan audit dan tanggapan manajemen secara matang. Namun apabila terdapat masalah lain, maka mereka akan langsung menyelesaikan dan mencari solusinya pada rapat menutupan, sampai masalah dalam audit terselesaikan.

Sudah dijelaskan di atas sedikit pembahasan mengenai pengertian auditor keuangan, fungsi auditor, dan cara auditor dalam melakukan nya yang harus diketahui. Dan tentunya melakukan audit pada laporan keuangan bisa memberikan banyak manfaat bagi perusahaan atau lembaga.

Namun untuk membuat laporan keuangan yang ramah audit, usahakan untuk tidak menggunakan proses pembukuan manual. Sebab selain memakan waktu yang lama, kemungkinan akan terjadi kesalahan dalam melakukan penginputan data.

Aplikasi Pembukuan Harmony dapat merekam setiap transaksi bisnis Anda, dan juga mempermudah pelaku usaha dalam melakukan  pengambilan keputusan,dan meningkatkan layanan kepada pelanggan serta hemat waktu. Mulailah sekarang juga dengan Harmony, Anda dapat membuat laporan keuangan yang rapih secara real time dimanapun dan kapanpun.

Dan dapat digunakan oleh siapa pun, baik yang tidak memiliki background akuntansi sekalipun Anda dapat menggunakanya. Tunggu apa lagi? Untuk menggunakan Software Harmony, segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan Gratis dalam 30 Hari disini.

Kami juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Untuk mengetahui update informasi mengenai bisnis, akuntansi, pemasaran dan pajak dari Harmony. Anda dapat mengunjungi melalui media sosial FacebookInstagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/