Harmony Blog

Pemasaran Digital Membantu Peningkatan Penjualan Bisnis

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pemasaran-DigitaPin

Pemasaran digital sejatinya merupakan suatu aktivitas promosi baik pada suatu brand ataupun produk yang mana dalam melakukan promosi tersebut menggunakan media elektronik (digital).

Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah barang atau merek dengan memanfaatkan media digital.

Dengan semakin majunya teknologi pada saat ini, kebutuhan dan cara pebisnis dalam melakukan strategi pemasaran produk kerajinan dan jenis usaha lainnya tentu semakin berubah.

Jika pada zaman dulu cara pemasaran dilakukan dengan konvensional seperti menyebar brosur, memasang spanduk dan lainnya. Namun sekarang Anda dapat menggunakan strategi pemasaran digital marketing dengan melalui media sosial, telepon seluler dan lainnya.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui pemasaran digital untuk keberhasilan bisnis Anda, maka artikel ini akan membantu Anda dalam memahaminya lebih jelas lagi.

Pengertian Pemasaran Digital

Pemasaran digital merupakan suatu pemasaran produk atau layanan yang menggunakan teknologi melalui internet, media sosial, telepon seluler, atau media digital lainnya.

Hal ini juga merupakan istilah umum yang dapat mencakup berbagai strategi pemasaran digital seperti pemasaran media sosial, pengoptimalan mesin telusur (SEO), dan juga pemasaran email.

Strategi pemasaran digital ini berbeda dengan pemasaran tradisional seperti media cetak, papan reklame, dan TV. Strategi digital marketing ini tentu didorong oleh data.

Tujuan dari digital marketing ini yaitu dapat menarik konsumen dan calon konsumen dengan cepat. Seperti yang Anda tahu, bahwa penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran apabila kegiatan digital marketing dijadikan pilihan utama oleh setiap perusahaan.

Akibatnya setiap perusahaan saling berkompetisi dan berlomba dalam membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Ekspor Untuk Pemula?

Apa Manfaat Digital Marketing Bagi Pebisnis?

Manfaat digital marketingPin

Banyak manfaat yang diambil ketika Anda menggunakan digital marketing pada bisnis Anda yaitu:

• Dapat Dipantau dan Terukur

Dengan kemajuan teknologi tentu telah membuatnya cukup mudah untuk mengukur keefektifan kampanye pemasaran, dapat melalui dasbor analitik digital seperti google analytics, google data studio, atau adobe analytics, google data studio dan lainnya.

Dengan penerapan analitik digital, data yang dikumpulkan selama periode waktu tertentu dapat Anda akses kapan pun dan di mana pun Anda mau.

• Jangkauan Lebih Luas

Manfaat dari digital marketing dapat menjangkau geografis dari dunia maya yang luas. Anda dapat menjual brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan melakukan media promosi digital marketing.

Seperti contoh, Anda dapat memasarkan usaha makanan Anda dengan mengandalkan digital marketing, dengan begitu produk yang Anda jual akan dikenal lebih luas dengan masyarakat lainnya.

• Murah dan Efektif

Pada saat melakukan pemasaran, tentunya menggunakan digital marketing jauh lebih murah dan efektif dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Sebab apabila kampanye digital marketing terencana dengan baik dan terarah maka dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya jauh lebih rendah daripada metode pemasaran tradisional.

• Dapat Membangun Nama Brand Usaha

Dengan adanya pemasaran digital, tentu Akan membantu Anda dalam membangun setiap nama brand usaha Anda dengan baik. Eksitensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda tentu sangat berpengaruh penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

Bagaimana Cara Anda Memulai Pemasaran Digital?

Cara memulai pemasaran digitalPin

Untuk memulai pemasaran dengan menggunakan media digital, adapun hal yang harus Anda ketahui. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat yang nantinya akan Anda gunakan. Adapun beberapa alat bantu dalam digital marketing yaitu website, akun media sosial, identitas brand dan produk.

Yang kedua harus Anda lakukan adalah menyiapkan konten yang menarik perhatian berupa video, foto, tulisan atau yang lainnya. Anda juga harus dapat menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang sesuai dengan konten yang akan buat.

Anda dapat mengunggah dan mengevaluasi setiap unggahan di setiap media sosial yang Anda miliki, setelah itu Anda dapat melihat mana yang memberikan feedback baik bagi bisnis Anda.

Langkah terakhir adalah masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public. Namun usahakan terlebih dahulu profit bisnis Anda bagus, sebab hal tersebut dapat berpengaruh besar terhadap citra brand.

Jenis-Jenis Pemasaran Digital

Adapun beberapa jenis-jenis dari digital marketing yang digunakan sebagai media promosi bagi setiap pebisnis yaitu:

1. Video Online

Membuat sebuah video yang informatik, menarik, dan berkualitas dapat menjadi media yang efektif untuk menyampaikan dan dapat meyakinkan calon pelanggan terhadap kualitas bisnis, produk, dan layanan Anda

Contoh pemasaran digital seperti video dapat Anda tayangkan melalui situs, media sosial maupun platfrom video online seperti YouTube. Banyak pebisnis online shop menggunakan jenis digital ini, dan memanfatkan influencer dalam mempromosikan setiap produknya melalui youtobe dan lainnya.

2. Social Media Marketing

Social media marketing ini dapat berupa media sosial baik itu facebook, twitter, instagram dan lainnya. Contoh pemasaran digital ini tentu sudah tidak perlu untuk diperkenalkan.

Sebab masyarakat lainnya tentu sudah menggunakan media sosial ini setiap hari untuk mengikuti berita terbaru atau terhubung dengan teman dan keluarga di seluruh dunia. Media sosial ini juga dapat membantu pebisnis untuk terhubung dengan pelanggan dan melibatkan mereka dengan cara yang lebih pribadi dan otentik.

Dengan begitu Anda dapat lebih memahami apa saja kebutuhan dan minat audiens target Anda di berbagai platform media sosial. Hal ini juga akan membantu Anda dalam menyesuaikan konten dengan baik untuk lebih melibatkan audiens target Anda.

3. Website

Jenis digital ini tentu sangat berperan bagi perusahaan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, dan juga membantu konsumen dalam mengenal bisnis Anda, sebagi media promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Search Engine Marketing

Untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam mesin pencarian, maka perlu untuk menggunakan search engine marketing. Terdapat dua jenis search engine marketing yaitu, search engine optimization (SEO) dan search engine marketing (SEM)

Kedua nya memiliki perbedaan di mana SEO dilakukan sendiri dengan waktu lebih lama dan murah namun sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.

5. Email Marketing

Email marketing adalah salah satu contoh pemasaran digital yang sudah digunakan oleh banyak pebisnis. Anda dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.

Jika sudah mengetahui pemasaran digital, kini Anda dapat mengubah cara pemasaran bisnis dan melibatkan target pasar Anda menjadi lebih banyak dengan menggunakan pemasaran digital.

Pemasaran digital adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan Anda di mana pun dan kapan pun, jadi Anda tidak perlu repot dalam menjangkau setiap calon pelanggan Anda.

Dengan melakukan strategi pemasaran digital yang tepat, tentu akan membuat bisnis maupun produk Anda semakin berkembang dan banyak dikenal oleh semua orang dan keuntungan yang Anda dapat semakin banyak.

Ketika Anda mendapatkan sebuah keuntungan, tentunya sangat penting bagi Anda untuk melakukan perhitungan disetiap keuntungan yang Anda dapatkan dalam menjual setiap produk Anda.

Salah satu cara menghitung profit usaha Anda adalah dengan mengunakan laporan pembukuan secara online. Seperti halnya dengan menggunakan software akutansi Harmony. Software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha.

Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK