Harmony Blog

Payment Gateway – Cara Kerja dan Kelebihannya Untuk Bisnis Anda

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

payment gatewayPin

Sistem payment gateway yang sangat sering digunakan pada hampir setiap sektor bisnis. Pada dasarnya sistem pembayaran merupakan unsur yang sangat penting untuk aktivitas transaksi. Tren belanja online dan transaksi digital menyebabkan tren pembayaran juga ikut berubah.

Adanya sistem payment gateway telah memberikan banyak kemudahan dalam urusan pembayaran, penjualan, dan pembelian. Sistem payment gateway semakin populer semenjak selera masyarakat untuk belanja di toko online mengalami peningkatan yang drastis.

Sistem payment gateway Indonesia mendukung jaringan secara otomatis untuk bank yang ada di Indonesia hanya dalam sekali integrasi.

Hadirnya sistem pembayaran ini tentu memberikan banyak manfaat bagi para pelaku bisnis. Selain biaya payment gateway yang relatif terjangkau, pelaku bisnis tidak perlu menyediakan beragam jenis rekening bank di Indonesia. Sistem payment gateway Indonesia mendukung jaringan secara otomatis untuk bank-bank yang ada di Indonesia hanya dalam sekali integrasi.

Mengenal Payment Gateway

Payment Gateway adalah salah satu bentuk dari media transaksi yang disediakan oleh sebuah layanan aplikasi e-commerce sebagai pihak ketiga dengan memberikan otorisasi pembayaran secara langsung bagi kliennya dalam aktivitas bisnis digital (online).

Saat ini, sudah ada banyak penyedia jasa payment gateway Indonesia. Beberapa contoh payment gateway yang cukup populer di Indonesia misalnya DOKU, FinPay, IPayMu, iPay88, dan Veritrans. Setiap contoh payment gateway Indonesia menawarkan berbagai fitur yang menarik dan pastinya akan semakin memanjakan para kliennya.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Mengenai Financial Leverage

Sebenarnya, praktik payment gateway tidak jauh berbeda dengan perantara keuangan. Hanya saja payment gateway lebih mengedepankan teknologi sehingga tampak lebih serasi dengan tren bisnis di masa digital ini.

Cara Kerja Payment Gateway

Cara kerja payment gateway sangat berbeda dengan sistem transfer direct antar bank atau kartu kredit. Cara kerja payment gateway memang sedikit rumit karena melibatkan pihak ketiga, yaitu penyedia payment gateway itu sendiri. Cara kerja payment gateway meliputi 5 tahap sebagai berikut:

Pada tahap pertama, calon konsumen akan mengunjungi website ecommerce, kemudian melihat-lihat produk yang diinginkan serta cocok dengan harga yang ditawarkan.

Tahap kedua, konsumen akan melakukan pemesanan produk yang sudah terkoneksi dengan sumber payment gateway.

Pada tahap ketiga, konsumen melakukan pembayaran dengan sistem payment gateway dan secara otomatis pembayaran tersebut akan diteruskan kepada payment processor sesuai bank yang digunakan.

Tahap keempat, payment processor akan meneruskan semua informasi yang diterima kepada asosiasi penerbit kartu atau bank yang digunakan.

Tahap terakhir, payment processor akan mengirimkan pesan secara otomatis kepada payment gateway dan diteruskan juga kepada website ecommerce sampai proses pembelian dinyatakan berhasil.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Apa Keunggulannya Untuk Bisnis?

Sistem payment gateway Indonesia tentu saja memberikan banyak manfaat kepada pelaku bisnis maupun para kliennya. Bagi para pebisnis yang menjual produk, sistem ini memungkinkan proses transaksi bisa dilakukan dengan cepat, bahkan bisa dilakukan sekaligus secara massal.

Dengan demikian, pelaku bisnis akan mudah mendapatkan gambaran atau deskripsi mengenai kinerja keuangan usahanya. Sistem payment gateway Indonesia juga bisa diintegrasikan untuk berbagai jenis bank yang tentu akan mempermudah pebisnis dalam untuk proses budget manajemen usaha.

Keunggulan sistem pembayaran ini juga bisa dilihat dari sifatnya yang sangat user friendly. Penyedia teknologi ini sudah melengkapi platformnya masing-masing dengan dashboard yang menghubungkan antara penjual dengan pembeli.

Bagi pembeli, payment gateway memberikan kemudahan transaksi dan keamanan yang lebih terjamin. Pembeli juga tidak akan kesulitan untuk metode pembayaran yang mengkhususkan untuk bank-bank tertentu karena umumnya payment gateway Indonesia bisa mencakup seluruh bank yang telah terdaftar di Indonesia.

Sistem ini bisa menjadi media yang tepat bagi Anda untuk memudahkan proses penjualan dan transaksi kepada konsumen. Tapi, sangat penting bagi Anda untuk memastikan kondisi keuangan tercatat, tersimpan, dan terkontrol dengan baik.

Maka itu, gunakan software akuntansi Harmony untuk merangkum setiap siklus keuangan usaha Anda, baik yang menggunakan sistem maupun media lainnya. Software akuntansi Harmony yang sangat user friendly ini tersedia GRATIS selama 30 hari. Untuk mendapatkannya, Anda hanya cukup melakukan pendaftaran di sini. Atau ikuti info terupdate lainnya melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony