Harmony Blog

Organizational Development – Cara Efektif Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Diposting Apr 12th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Organizational DevelopmentPin

Organizational development adalah suatu rangkaian ataupun suatu program jangka panjang yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan sebuah organisasi untuk bertahan. Adapun caranya yaitu dengan mengembangkan perubahan.

Organizational development dapat membantu organisasi ke fase yang lebih produktif dan membantu membawa ide dan cara baru dalam meningkatkan organisasi.Click to Tweet

Pengembangan organisasi atau organizational development adalah suatu perubahan yang terencana. Yang mana perubahan tersebut berbentuk pada suatu pembaharuan dan modernisasi yang terjadi terus-menerus pada sebuah organisasi.

Setelah itu, perubahan tersebut akan memberikan pegaruh yang sangat dominan di masyarakat. Maka dengan adanya pengembangan tersebut maka sebuah organisasi harus dapat mengarahkan anggotanya untuk dapat berdaptasi terhadap perubahan yang terjadi.

Maka dapat disimpulkan bahwa organizational development adalah sebagai suatu proses pengumpulan data ataupun informasi sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan suatu kinerja pada perusahaan.

Manfaat Organizational Development

Adapun beberapa manfaat yang terdapat dalam sebuah organizational development yaitu:

Manfaat organizational developmentPin

  • Menambah Motivasi Pada Karyawan

    Organizational development bisa menjadi suatu hal yang memberikan dampak positif bagi para karyawan perusahaan. Misalnya dengan menambah motivasi para karyawan. Maka dengan begitu karyawan akan menjadi lebih semangat dalam menjalankan seluruh tugas dan tanggung jawabnya. Mungkin Anda juga bisa menggunakan analisis SWOT baik dalam karyawan atau pun menilai perusahaan Anda.

  • Pengembangan yang Berkelanjutan

    Adanya pengembagan organisasi menciptakan pola perbaikan yang konstan di mana strategi tersebut dikembangkan, dievaluasi, diterapkan,dan dinilai untuk hasil dan kualitasnnya.

    Hal tersebut tentu membangun lingkungan yang menguntungkan di mana perusahaan dapat menerima perubahan, baik secara internal maupun eksternal. Maka pengembangan tersebut dimanfaatkan untuk mendorong pembaruan secara berkala

  • Meningkatkan Kreatifitas dan Inovasi

    Adanya suatu perubahan pada suatu struktur organisasi tentu akan berpengaruh terhadap proses operasional perusahaan. Namun bagaimanapun perubahan tersebut selalu diupayakan agar bisa meningkatkan layanan hingga menjadi lebih kreatif dan juga inovatif.

    Maka segala kreatif dan juga inovatif ini nantinya diharapkan dapat membantu perusahaan untuk semakin berkembang ke arah yang lebih baik.

Apa Saja Tujuan Organizational Development?

Untuk mengetahui apa saja tujuan dari organizational development, berikut penjelasannya

Menciptakan Iklim Positif Dalam Organisasi

Dengan adanya organizational development, maka perusahaan dapat menciptakan iklim positif dalam lingkungan organisasi. Tentu dengan hal ini akan membuat karyawan untuk bisa bekerja secara lebih baik lagi.

Sebab melalui hal tersebut maka perusahaan dapat menanamkan dan sekaligus meningkatkan motivasi bagi para karyawan. Hal ini juga akan membuat karyawan bisa bekerja dengan lebih baik dan hasil yang diberikan akan memuaskan.

Tujuan organizational developmentPin

Mengatasi Adanya Hambatan Dalam Perusahaan

Tentu berbagai macam hambatan bisa saja terjadi dalam aktivitas ekonomi perusahaan. Maka oleh karena itu, tujuan organizational development di sini yaitu sebagai upaya untuk mengatasi berbagai hambatan tersebut.

Bahkan sebisa mungkin segala hambatan yang mungkin saja bisa terjadi dalam perusahaan bisa untuk dicegah. Sebab adanya hambatan yang dapat menghalangi proses pertumbuhan dan perkembangan organisasi seharusnya memang harus diminimalkan.

Perubahan Manajemen Secara Terencana

Suatu perubahaan memang bisa terjadi kapan saja, termasuk di dalam sebuah struktur organisasi di sebuah perusahaan. Tentu hal tersebut akan mempengaruhi suatu kinerja para karyawan perusahaan.

Oleh karena itu, perubahan yang dilakukan secara terencana ini perlu adanya suatu manajemen operasi. Dengan begitu perubahan yang akan terjadi tidak akan menimbulkan suatu hal yang negatif pada kinerja perusahaan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Membangun Budaya Kerja

Adanya Pengembangan organisasi atau organizational development yang terjadi dalam sebuah perusahaan tentu dapat meningkatkan suatu produktivitas setiap karyawan.

Dalam hal ini tujuan organizational development yaitu dapat membangun budaya kerja yang mana di dalamnya selau terdapat perubahaan. Sebab dengan adanya suatu budaya kerja yang berubah tentu akan membuat perusahaan akan menjadi lebih baik lagi dan semakin produktif dan tepat sasaran.

Tugas Organizational Development

Berikut di bawah ini terdapat tugas atau job desk organizational, untuk lebih memahaminya perhatikan penjelasan yang terdapat dari beberapa poin ini.

  • Memberikan Pelatihan Secara Terus-Menerus

    Adanya perubahan dalam suatu organisasi perusahaan tentu membuat berbagai pihak harus bisa menerima setiap perubahan-perubahan tersebut. Maka tugas atau job desk organizational development di sini yaitu melakukan pelatihan atau proses belajar secara terus menerus.

    Sehingga dengan dilakukannya hal tersebut dapat membuat berbagai pihak akan dengan lebih mudah menerima setiap perubahan-perubahan yang terjadi dalam organisasi.

  • Melakukan Analisis Data

    Berbagai macam data tentu dapat Anda peroleh dalam perusahaan untuk dijadikan sebagai bahan analisis. Maka tugas ataupun job desk organizational yang dilakukan ialah menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis inilah maka perusahaan dapat melakukan perbaikan atau perubahan ke arah yang lebih baik.

  • Mengelola Perubahan Secara Efektif

    Perubahan yang terjadi pada sebuah organisasi haruslah tetap untuk dikelola dengan baik dan tepat. Pengelolaan perubahan ini juga perlu dilakukan secara lebih efektif. Maka adapun beberapa hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan seperti pembentukan pengertian pada berbagai pihak dan pelaksanaan sistem.

  • Mengidentifikasi Suatu Tujuan

    Perbaikan dan perubahan yang dilakukan dalam sebuah perusahaan umunya dibuat dengan maksud yang baik dan tepat. Hal tersebut membuat tujuan kerja menjadi jelas sehingga pencapaian tujuan bisa dilakukan dengan langkah yang tepat.

Dengan semakin berkembangnya revolusi industri pada saat ini, tentu banyak membawa tantangan baru bagi setiap perusahaan yang mencoba untuk berkembang. Di mana bagi setiap perusahaan atau organisasi yang tidak mampu mengikuti perubahaan tersebut pasti akan jauh tertinggal di belakang.

Untuk membuat sebuah organizational development atau pengembangan organisasi semakin berkembang pada bisnis Anda, tentu Anda juga memerlukan suatu laporan pembukuan yang dapat Anda gunakan untuk memantau setiap perkembangan bisnis yang Anda hasilkan.

Namun untuk semakin memudahkan Anda dalam menggunakan laporan keuangan tersebut, kini sudah tersedia sebuah software akuntansi seperti Harmony.

Software Akuntansi Harmony adalah solusi berbasis teknologi keuangan yang dapat menyederhanakan tugas pembukuan dengan cepat, modern, dan otomatis. Terjangkau untuk setiap pemilik UMKM. Tersedia 400+ fitur akuntansi mudah yang siap membantu Anda dan juga 20+ laporan keuangan realtime untuk Anda. Sistem ini mudah digunakan walau tidak memiliki backgroud akuntansi.

Ingin memiliki laporan keuangan rapi dan siap untuk dianalisis? Yuk, Klik di sini sekarang untuk menggunakan Software Akuntansi Harmony GRATIS (30 days). Atau, dapatkan info dan penawaran terupdate setiap hari lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony