Nilai pasar adalah harga pasar yang mengacu pada harga kesepakatan antara pembeli dan penjual. Dengan kata lain, nilai pasar adalah harga yang sudah disetujui untuk diperdagangkan di pasar terbuka. Baik uang koin atau uang kertas termasuk dalam uang kartal yang dapat dijadikan alat pembayaran valuta asing dalam perdagangan internasional.
Investor juga sering menganggap nilai pasar adalah kapitalisasi pasar. Cara menghitung rasio nilai pasar adalah mengalikan market price saat ini dari saham entitas dengan jumlah saham yang beredar.
Dalam market value, istilah nilai pasar adalah harga yang akan diterima penjual dan pembeli jika mereka bebas bertransaksi tanpa kendala.
Table of Contents
Sederhananya nilai pasar adalah berapa banyak aset yang akan diambil di pasar. Ini tidak hanya mencakup berapa banyak orang akan membelinya, tetapi juga harga yang tepat bagi si penjual.
Penjual atau pebisnis biasanya menentukan market value dengan banyak alasan dan faktor pertimbangan. Misalnya, untuk meningkatkan modal tambahan, transaksi merger, dan akuisisi. Atau, memotivasi manajemen.
Selain itu, market value juga dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum didaftarkan ke bursa saham.
Sejumlah metode bisa dipakai untuk menghitung market value. Di antaranya pendekatan pasar, pendekatan pendapatan, dan pendekatan aset. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing cara menghitung market value tersebut.
Anda bisa menggunakan cara menghitung nilai pasar yang pertama yaitu membandingkan semua bisnis dengan skala sejenis atau sebanding. Rasio nilai pasar ini termasuk rasio P/E, rasio EV/ Revenue, rasio EBITDA, dll.
Selain itu gunakan cara menghitung rasio market value yang sudah umum dipakai di berbagai industri. Yaitu, memakai metode penilaian transaksi sebelumnya atau membayar harga sama dengan transaksi sebelumnya.
Menurut metode Discounted Cash Flow (DCF), rasio nilai pasar adalah estimasi dari fungsi valuasi sekarang dari kas di masa depan milik perusahaan.
Singkatnya, DFC dipakai untuk menggambarkan aliran kas perusahaan di masa mendatang. Selanjutnya, akan didiskonto agar memenuhi nilai saat ini. Jumlah diskonto akan bergantung terhadap suku bunga bank serta tingkat risiko keuangan bisnis.
Selanjutnya, rasio market value dihitung dari pendapatan berkapitalisasi. Pendapatan perusahaan bersih didapat selama satu periode tertentu. Kemudian, dibagi oleh tingkat kapitalisasi yang menjadi estimasi return investasi.
[elementor-template id="26379"]
Selanjutnya, cara menghitung rasio market value adalah metode pendekatan aset. Metode market value wajar dalam pendekatan aset, disebut juga sebagai fair market value. Cara menghitungnya adalah mengurangi aset dan kewajiban yang dimiliki perusahaan.
Termasuk berapa aset tidak berwujud, kewajiban yang tak tercatat, aset di luar neraca, dll. Pengurangan antara fair market value dan kewajiban adalah market value milik perusahaan dengan aset bersih.
Market value atau nilai pasar adalah alat untuk memperkirakan indikasi nilai saham perusahaan apakah terlalu mahal atau relatif murah, berdasarkan pada market value dan fair value.
Investor akan sering memperdagangkan saham sesuai riset yang sudah dilakukan. Sehingga, bisa mengambil keuntungan di bursa saham.
Biasanya investor butuh laporan keuangan serta riwayat data saham agar bisa menganalisis dengan baik. Dalam menentukan market value saham, maka Anda perlu membandingkan market value saham satu dengan lainnya.
Jika tidak ada riwayat data yang sebanding, nilai pasar suatu perusahaan sulit dianalisis dan mungkin tidak akan dibeli. Jadi, harus ada indikator yang tepat untuk mengukur market value.
Pada dasarnya, jika Anda ingin mengembangkan suatu bisnis, sangat penting juga mengetahui gambaran market valuenya. Di sini, Anda juga membutuhkan dukungan laporan keuangan dan pembukuan bisnis yang rapi dan sistematis. Jadi, lebih mudah memantau kondisi keuangan serta kesehatan bisnis.
Sebagus apapun kondisi bisnis, tidak akan berjalan efektif tanpa pembukuan yang rapi. Pakai Software Akuntansi Online dari Harmony yang sudah terbukti membantu ribuan klien di berbagai bidang bisnis untuk mendapatkan pembukuan modern, praktis, dan akurat.
Anda juga bisa memakai Software Akuntansi Harmony secara GRATIS selama 30 hari, daftar di sini. Software Akuntansi Harmony adalah solusi akuntansi bisnis berbasis cloud yang dapat dipakai di mana saja, kapan saja. Tanpa kontrak, tanpa ribet, biaya terjangkau bagi pelaku UMKM. Ikuti juga Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony untuk info detailnya.