Harmony Blog

Valuta Asing : Pengertian, Fungsi, dan Perhitungannya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

valuta asingPin

Dalam dunia sistem ekonomi istilah Valuta Asing memang sering sekali kita dengar, lantas sebenarnya apa itu valuta asing? dan apa saja fungsinya bagi perekonomian global, dan bagaimana cara perhitungannya ?

Valuta Asing memiliki peran besar dalam perdagangan internasional, baik sebagai alat pembayaran yang sah dan diakui oleh kedua belah pihak, maupun Negara.

Pengertian Valuta Asing

Valuta Asing merupakan sebuah alat pembayaran yang sering digunakan dalam transaksi perdagangan internasional. Tidak semua mata uang asing dapat digunakan sebagai alat transaksi perdagangan internasional, tetapi harus melakukan penukaran terlebih dahulu dengan mata uang yang berlaku secara internasional.

Selain itu, ada pengertian seperti Kurs Valuta Asing, Kurs Valuta Asing secara umum diartikan sebagai harga suatu mata uang asing jika dipertukarkan dengan mata uang lainya ( mata uang dalam negeri atau mata uang negara lainya ).

Mata uang yang sering digunakan dan berlaku sebagai alat pembayaran transaksi keuangan dan perdagangan internasional disebut Hard Currency, yaitu mata uang yang nilainya kuat terhadap mata uang lain. Contoh mata uang Hard Currency adalah adalah mata uang dari negara-negara maju, yaitu Dolar dari negara Amerika, Yen Jepang dan euro.

Sedangkan mata uang yang nilainya lemah dan jarang digunakan sebagai alat pembayaran dalam transaksi perdagangan internasional disebut Soft Currency. Jenis mata uang Soft Currency yaitu, Rupiah dari Negara Indonesia, Kyat dari Myanmar, Kina dari Papua Nugini, dan masih banyak yang lainya.

Baca juga : Instrumen Kebijakan Moneter, Penjelasan Lengkap dan Contohnya

Fungsi Valuta Asing

Jika kita lihat dari pengertian di atas, maka fungsinya dapat diartikan sebagai alat pembayaran perdagangan internasional. Namun jika kita rinci lebih dalam mengenai valuta asing memiliki fungsi lain, yaitu sebagai berikut :

a. Valuta Asing Sebagai Alat Tukar Internasiaonal

Fungsi pertama, sebagai alat tukar internasional. Seperti yang kita ketahui bersama, uang merupakan alat tukar yang dilakukan sebagai alat untuk pertukaran barang.

b. Alat Pengendali Kurs

Fungsi yang kedua adalah sebagai alat pengendali kurs. Kurs mata uang suatu negara sering kali mengalami pergolakan, contohnya, dengan adanya pertukaran kurs Rupiah ke Dolar, maka dapat diketahui apakah nilai tukar rupiah semakin naik atau semakin turun. Dengan pengelolaan tingkat pengguna suatu valuta asing tersebut, sebuah negara dapat mengendalikan nilai tukar mata uang mereka dengan lebih mudah.

c. Alat memperlancar perdagangan internasional

Dengan adanya Valuta Asing, membuat seluruh negara dapat lebih mudah melakukan jual beli tanpa terkendala masalah penggunaan mata uang.

d. Sebagai alat pembayaran internasional

Valuta asing mempunyai fungsi sebagai alat untuk pembayaran pada utang-piutang dari suatu negara ke negara lain.

Perhitungan Kurs Valuta Asing

Ada pun cara bagaimana menghitungnya, mari simak penjelasan soal dibawah ini :

Pada situasi Wabah Corona, Abdul mendapatkan pekerjaan keluar negeri yaitu mencari berita seputar keadaan di Negara Korea. Abdul mendapatkan biaya perjalanan sebesar Rp. 60.000.000.

Pada saat itu, nilai tukar yang berlaku pada Negara Korea tersebut adalah :
kurs jual Rp.10.000 per Won ₩1
kurs beli Rp. 9.000 per Won ₩1

Jadi,perhitungan tersebut berapa jumlah pendapatan yang diterima Abdul dalam nilai Won?

pada saat penukaran uang rupiah ke won, perhitungan yang digunakan yaitu Kurs jual dalam bentuk Won yaitu sebagai berikut :
Rp. 60.000.000 : Rp.10.000 = Won₩ 6.000.
Pada saat di Korea, Abdul menggunakan uangnya sebesar Won ₩4.000. setelah kepulangannya di Jakarta, Abdul menukar sisa uangnya dengan Rupiah, dan Kurs jual yg berlaku pada saat itu Rp.11.000 per Won₩1, sedangkan
Kurs beli Rp. 9.500 per Won₩1.

Berapa jumlah uang rupiah yang diterima Abdul?

sisa perhitungan uang abdul yang digunakan pada saat itu
Won ₩ 6.000 – Won ₩ 4.000 = Won₩ 2.000.
Maka, perhitungan yang digunakan abdul menggunakan Kurs beli sisa uangnya yaitu sebesar Won₩ 2.000 x Rp.9.500 = Rp.19.000.000

Dengan adanya Valuta Asing perdagangan internasional semakin mudah untuk dijangkau. Apa lagi ditambah dengan perkembangan teknologi siapa saja dapat melakukan transaksi perdagangan antar negara. Apabila tidak ada mungkin saja perdagangan internasional dapat terganggu, bahkan tidak bisa melakukan transaksi.

Untuk memudahkan Anda dalam menjangkau setiap pembukuan bahkan laporan keuangan Anda pada saat melakukan perdagangan internasional, Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Harmony. Dengan Harmony Smart Accounting Solution anda dapat dengan rutin mencatat dan mengevaluasi pengeluaran pada bisnis Anda dengan sistem berbasis Cloud Technology, sehingga siapa saja dapat menggunakan sistem Harmony termasuk Anda. Gunakan sekarang juga, Anda dapat mendaftar
30 Hari Coba Gratis dengan klik disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK