Harmony Blog

Nilai Pasar (Market Value), Apa Saja Kelebihan dan Cara Menghitungnya

Diposting Jul 13th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Nilai PasarPin

Nilai pasar adalah harga pasar yang mengacu pada harga kesepakatan antara pembeli dan penjual. Dengan kata lain, nilai pasar adalah harga yang sudah disetujui untuk diperdagangkan di pasar terbuka. Baik uang koin atau uang kertas termasuk dalam uang kartal yang dapat dijadikan alat pembayaran valuta asing dalam perdagangan internasional.

Ketiga cara menghitung nilai pasar adalah pendekatan pendapatan, pendekatan pasar, dan pendekatan aset.Click to Tweet

Investor juga sering menganggap nilai pasar adalah kapitalisasi pasar. Cara menghitung rasio nilai pasar adalah mengalikan market price saat ini dari saham entitas dengan jumlah saham yang beredar.

Dalam market value, istilah nilai pasar adalah harga yang akan diterima penjual dan pembeli jika mereka bebas bertransaksi tanpa kendala.

Pengertian Nilai Pasar Adalah

Sederhananya nilai pasar adalah berapa banyak aset yang akan diambil di pasar. Ini tidak hanya mencakup berapa banyak orang akan membelinya, tetapi juga harga yang tepat bagi si penjual.

Menghitung nilai pasarPin

Penjual atau pebisnis biasanya menentukan market value dengan banyak alasan dan faktor pertimbangan. Misalnya, untuk meningkatkan modal tambahan, transaksi merger, dan akuisisi. Atau, memotivasi manajemen.

Selain itu, market value juga dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum didaftarkan ke bursa saham.

Cara Menghitung Nilai Pasar Adalah

Sejumlah metode bisa dipakai untuk menghitung market value. Di antaranya pendekatan pasar, pendekatan pendapatan, dan pendekatan aset. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing cara menghitung market value tersebut.

  1. Pendekatan Pasar

    Anda bisa menggunakan cara menghitung nilai pasar yang pertama yaitu membandingkan semua bisnis dengan skala sejenis atau sebanding. Rasio nilai pasar ini termasuk rasio P/E, rasio EV/ Revenue, rasio EBITDA, dll.

    Selain itu gunakan cara menghitung rasio market value yang sudah umum dipakai di berbagai industri. Yaitu, memakai metode penilaian transaksi sebelumnya atau membayar harga sama dengan transaksi sebelumnya.

  2. Pendekatan Pendapatan

    Menurut metode Discounted Cash Flow (DCF), rasio nilai pasar adalah estimasi dari fungsi valuasi sekarang dari kas di masa depan milik perusahaan.

    Singkatnya, DFC dipakai untuk menggambarkan aliran kas perusahaan di masa mendatang. Selanjutnya, akan didiskonto agar memenuhi nilai saat ini. Jumlah diskonto akan bergantung terhadap suku bunga bank serta tingkat risiko keuangan bisnis.

    Selanjutnya, rasio market value dihitung dari pendapatan berkapitalisasi. Pendapatan perusahaan bersih didapat selama satu periode tertentu. Kemudian, dibagi oleh tingkat kapitalisasi yang menjadi estimasi return investasi.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Pendekatan Aset

    Selanjutnya, cara menghitung rasio market value adalah metode pendekatan aset. Metode market value wajar dalam pendekatan aset, disebut juga sebagai fair market value. Cara menghitungnya adalah mengurangi aset dan kewajiban yang dimiliki perusahaan.

    Termasuk berapa aset tidak berwujud, kewajiban yang tak tercatat, aset di luar neraca, dll. Pengurangan antara fair market value dan kewajiban adalah market value milik perusahaan dengan aset bersih.

Kelebihan Market Value Atau Nilai Pasar Adalah

Market value atau nilai pasar adalah alat untuk memperkirakan indikasi nilai saham perusahaan apakah terlalu mahal atau relatif murah, berdasarkan pada market value dan fair value.

Investor akan sering memperdagangkan saham sesuai riset yang sudah dilakukan. Sehingga, bisa mengambil keuntungan di bursa saham.

Kekurangan Dari Nilai Pasar

Biasanya investor butuh laporan keuangan serta riwayat data saham agar bisa menganalisis dengan baik. Dalam menentukan market value saham, maka Anda perlu membandingkan market value saham satu dengan lainnya.

Jika tidak ada riwayat data yang sebanding, nilai pasar suatu perusahaan sulit dianalisis dan mungkin tidak akan dibeli. Jadi, harus ada indikator yang tepat untuk mengukur market value.

Pada dasarnya, jika Anda ingin mengembangkan suatu bisnis, sangat penting juga mengetahui gambaran market valuenya. Di sini, Anda juga membutuhkan dukungan laporan keuangan dan pembukuan bisnis yang rapi dan sistematis. Jadi, lebih mudah memantau kondisi keuangan serta kesehatan bisnis.

Sebagus apapun kondisi bisnis, tidak akan berjalan efektif tanpa pembukuan yang rapi. Pakai Software Akuntansi Online dari Harmony yang sudah terbukti membantu ribuan klien di berbagai bidang bisnis untuk mendapatkan pembukuan modern, praktis, dan akurat.

Anda juga bisa memakai Software Akuntansi Harmony secara GRATIS selama 30 hari, daftar di sini. Software Akuntansi Harmony adalah solusi akuntansi bisnis berbasis cloud yang dapat dipakai di mana saja, kapan saja. Tanpa kontrak, tanpa ribet, biaya terjangkau bagi pelaku UMKM. Ikuti juga Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info detailnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK