Harmony Blog

Apa Itu Net Working Capital dan Cara Menghitungnya?

Diposting Mei 13th, 2021
386

SHARES

PEMBACA

Net Working CapitalPin

Pernah dengar istilah net working capital? Menurut pengertian umum, net working capital adalah selisih antara aset lancar perusahaan dan kewajiban lancar di neraca. Dengan kata lain, net working capital adalah ukuran likuiditas perusahaan dalam kemampuan melunasi hutang jangka pendek.

Bukan hanya perusahaan, net working capital juga bisa menjadi cara menghitung pendapatan nasional suatu negara. Maka itu, net working capital disebut juga dengan istilah modal kerja bersih. Secara sederhana, cara menghitung modal kerja bersih atau net working capital adalah kewajiban lancar dikurangi oleh aset lancar.

Net working capital adalah indikator apakah suatu perusahaan mampu melunasi utang dan kondisi keuangannya bagus atau tidak.Click to Tweet

Apabila aset lancar lebih besar ketimbang kewajiban lancar, maka perusahaan dinyatakan memiliki modal kerja bersih yang positif. Untuk memastikan modal kerja bersih perusahaan benar-benar sesuai fakta, perusahaan dapat melakukan prosedur audit laporan keuangan. Nantinya, akan diperoleh opini audit laporan keuangan yang menyimpulkan kelayakan laporan keuangan yang dibuat perusahaan tersebut.

Pengertian Net Working Capital atau Modal Kerja Bersih

Modal kerja bersih atau net working capital adalah perbedaan/ selisih antara aset lancar perusahaan dan kewajiban lancarnya. Contoh aset lancar antara lain: kas, piutang usaha (tagihan pelanggan yang belum dibayar), persediaan bahan baku atau barang jadi, dan lainnya. Sedangkan, contoh kewajiban lancar adalah utang usaha/ pinjaman modal.

Cara menghitung net working capitalPin

Bisa dibilang, net working capital adalah indikator apakah suatu perusahaan mampu melunasi utang dan kondisi keuangannya bagus atau tidak. Jika perusahaan memiliki modal kerja bersih positif, maka perusahaan itu berpotensi mengalami pertumbuhan usaha yang prospektif.

Adanya tujuan dalam menghitung modal kerja bersih  yang termasuk dalam daftar aset dan utang hingga pelaporan neraca saldo bisa Anda ketahui bahwa perusahaan dan sudah bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan secara jelas dalam memenuhi kewajibannya.

Net Working Capital Formula atau Rumus Modal Kerja Bersih

Ada beberapa metode berbeda untuk menghitung modal kerja bersih atau net working capital formula. Simak rumus berikut:

Modal kerja bersih capital formula 1:

Modal Kerja Bersih = Aktiva Lancar – Kewajiban Lancar

Modal kerja bersih formula 2:

Modal Kerja Bersih = Aktiva Lancar (dikurangi kas) – Kewajiban Lancar (dikurangi hutang)

Modal kerja bersih formula 3:

NWC = Piutang + Persediaan – Hutang

Rumus pertama atau modal kerja bersih formula nomor 1 adalah rumus yang paling umum dipakai. Sedangkan, modal kerja bersih formula nomor 2 dan 3 lebih jarang dipakai karena hanya mencakup 3 komponen.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Apa Pentingnya Net Working Capital Atau Modal Kerja Bersih?

Modal kerja bersih atau net working capital sangat berperan penting agar bisnis tetap solvent alias memiliki kemampuan membayar utang-utangnya. Bisnis dikatakan solvent atau mampu melunasi utang-utangnya apabila memiliki uang tunai yang siap diserahkan.

Sebagai ilustrasi, PT Buah Naga memiliki uang tunai Rp 100.000.000. Jika perusahaan menginvestasikan Rp 100.000.000 sekaligus, perusahaan tidak akan memiliki aset lancar yang cukup untuk melunasi kewajiban lancar atau hutang mereka.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai modal kerja bersih alias net working capital. Semoga bisa dipahami dan dipertimbangkan betapa modal kerja itu merupakan dana penting bagi pembiayaan operasional bisnis Anda. Kalau sampai perusahaan memiliki uang tunai yang sedikit di bank, hal ini bisa menimbulkan kendala dan mengganggu siklus keuangan.

Selain memastikan modal kerja bersih selalu positif, pastikan juga Anda menggunakan Software Akuntansi Harmony untuk mencatat laporan keuangan bisnis. Setiap transaksi pembayaran, pengelolaan utang-piutang, dan pembukuan harus dicatat dengan rapi dan modern.

Apa sih teknologi Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Jangan sampai Anda dipusingkan oleh pencatatan pembukuan yang berantakan di bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan Harmony Gratis 30 Hari dengan membuat akun di sini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui FacebookInstagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony