Harmony Blog

Neraca Perdagangan Indonesia, Seperti Apa Faktor Pengaruhnya dan Perhitungannya?

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Neraca-PerdaganganPin

Neraca perdagangan atau balance of trade (BoT) ialah perbedaan antara nilai pada suatu barang dan jasa yang diekspor dan diimpor dari suatu negara dalam suatu periode tertentu.

Neraca perdagangan adalah perbandingan jumlah nilai ekspor dan impor yang dilakukan pada sebuah perdagangan internasional .

Neraca perdagangan ini merupakan suatu komponen dalam contoh neraca pembayaran karena menjadi sebuah indikator dalam mengukur seluruh transaksi perdagangan internasional.

Dalam sebuah neraca, perdagangan internasional tidak hanya melibatkan aliran barang dan jasa, tetapi hal ini juga dapat mempengaruhi nilai tukar mata uang yang berbeda untuk melakukan pembayaran.

Sifat Neraca perdagangan

Terdapat 2 sifat dari neraca perdagangan, yaitu neraca positif dan negatif, yang artinya dalam neraca perdagangan ini tidak selamanya baik, dan ada kalanya neraca perdagangan menunjukkan kondisi tidak baik terhadap perekonomian.

Apabila neraca perdagangan positif itu berarti negara tersebut mengalami ekspor yang nilai moneternya melebihi impor. Sifat neraca perdagangan positif ini biasa disebut sebagai surplus perdagangan.

Pada neraca perdagangan yang surplus akan sangat dibutuhkan ketika perekonomian berada dalam fase resesi. Dalam keadaan seperti ini, surplus perdagangan akan membantu dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan dapat meningkatkan permintaan suatu barang dan jasa.

Sedangkan apabila neraca perdagangan mengalami kondisi negatif, berarti nilai moneter impor melebihi ekspor atau disebut sebagai defisit perdagangan.

Dalam keadaan seperti ini, defisit tentu sangat dibutuhkan ketika ekonomi suatu negara dalam keadaan ekspansi. Sebab jumlah barang yang diimpor akan semakin banyak, namun harga tetap rendah karena banyaknya persaingan usaha.

Apa yang Membedakan Neraca Perdagangan dengan Neraca Pembayaran?

Neraca perdagangan merupakan bagian dari contoh neraca pembayaran (balance of payment). Dapat dikatakan neraca ini masuk ke dalam bagian transaksi berjalan. Selain itu contoh neraca pembayaran juga merupakan sebuah neraca yang merangkum semua transaksi pembayaran antar negara.

Neraca pembayaran terdiri atas tiga komponen yaitu,

• Neraca transaksi berjalan, yang juga memiliki bagian yaitu neraca perdagangan, neraca jasa, dan transaksi sepihak.

• Neraca modal berfungsi mencatat penerimaan atau pembayaran sehubungan dengan peminjaman modal yang terjadi di antara dua negara atau lebih untuk investasi jangka pendek atau jangka panjang.

• Neraca moneter adalah neraca yang menulis dan mendukung perubahan atau perubahan devisa sebuah negara. Devisa yang dimaksud adalah terdiri dari valuta asing dan emas.

Faktor yang Mempengaruhi Neraca Perdagangan

Faktor yang mempengaruhi neraca perdagangan harmonyPin

1. Pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan

Pertumbuhan ekonomi yang kuat dalam sebuah negara akan dapat meningkatkan standar dan pendapatan penduduk suatu negara. Tentu akan membuat bisnis berekspansi dalam menciptakan lebih banyak pekerjaan dan pendapatan dalam perekonomian.

Tentu dalam kondisi seperti ini akan mengarah pada peningkatan permintaan impor. Maka untuk mendukung produksi, bisnis juga akan meningkatkan permintaan terhadap barang modal dan bahan baku. Ini juga merupakan salah satu dari faktor pendorong perdagangan Internasional.

2. Nilai Tukar

Selain pertumbuhan ekonomi, neraca perdagangan juga mempengaruhi nilai tukar. Sebab apabila melakukan ekspor impor, tentu mata uang yang digunakan sebagai alat pembayaran berbeda.

Misalnya apabila mengekspor barang ke negara lain, pebisnis Indonesia akan menerima pembayaran dalam mata uang lain sesuai kesepakatan, begitu dengan sebaliknya.  Jadi pelaku impor maupun ekspor dalam negeri akan menukar rupiah dengan mata uang lain. Maka di sinilah nilai tukar akan mempengaruhi neraca perdagangan.

3. Daya Saing Produk

Daya saing pada sebuah pasar internasioanal tergantung pada harga jual dan kualitas produk. Salah satu faktor yang mempengaruhi daya saing produk adalah struktur biaya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Harga input yang rendah akan mendukung bisnis domesik pada struktur biaya yang rendah. Bisnis tersebut dapat menjual barang dengan harga yang murah, maka dapat lebih kompetitif di pasar internasional.

Sementara itu, kualitas tergantung pada deferensiasi produk. Produk yang terdiferensasi tentu akan memberikan produsen kekuatan pasar. Seperti contoh pada sebuah barang modal berteknologi tinggi Jerman. Meskipun lebih mahal, namun pasar tetap memintanya dan menjadikan Jerman salah satu negara dengan surplus perdagangan terbesar di dunia.

Menghitung Neraca Perdagangan

Menghitung neraca perdagangan harmonyPin

Untuk menghitung contoh neraca perdagangan , Anda hanya perlu membutuhkan persamaan dasar saja. Anda dapat menghitung contoh neraca perdagangan dengan mengurangi nilai ekspor dengan nilai impor. Berikut rumus neraca perdagangan.

Neraca Perdagangan = Nilai Ekspor – Nilai Impor

Yang dimaksud dengan nilai ekspor adalah barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan dagang dalam negeri dan dijual kepada orang asing. Sedangkan impor adalah suatu barang atau jasa yang dibeli oleh dalam negeri, dimana barang tersebut berasal dari luar negeri.

Berikut di bawah ini contoh neraca perdagangan Indonesia dari tahun 2015-2020 yaitu:

NERACA PERDAGANGAN INDONESIA TOTAL

Periode: 2015 – 2020

Neraca perdaganganPin

Berdasarkan data di atas, neraca perdagangan tahun 2019 menunjukkan adanya defisit sebesar -3,592.7 juta US dollar dan 2020 mengalami surplus sebesar 21,737.7 juta US dollar. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa mengakses link statistik.kemendag.go.id.

Sudah dijelaskan di atas mengenai neraca perdagangan, sebagai pebisnis yang selalu melakukan transaksi perdagangan tentu sangat memerlukan pembukuan dalam menghitung setiap keuntungan yang sudah Anda dapat.

Apabila Anda mendapatkan keuntungan, maka yang harus Anda lakukan adalah menghitung profit yang sudah Anda dapat. Salah satu cara menghitung profit usaha Anda adalah dengan mengunakan laporan pembukuan secara online. Seperti halnya dengan menggunakan software akuntansi Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha.

Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony