Harmony Blog

Ingin Mulai Bisnis Distributor? Kenali Peran dan Peluang Usahanya

Diposting Agu 21st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Bisnis DistributorPin

Ketika orang memikirkan bisnis, mungkin memilih wirausaha atau waralaba. Tapi, bagaimana kalau ada peluang bisnis menguntungkan lainnya, yaitu bisnis distributor. Bisnis distributor adalah bentuk bisnis yang tak akan pernah mati.

Usaha distributor berawal dari masa ketika barter masih ada zaman kerajaan. Bahkan, kegiatan distribusi di era digital, masih sama pentingnya dengan bisnis modern lain.

Kegiatan distribusi adalah orang atau badan usaha yang menjalin kemitraan dengan produsen, membeli produk, lalu menyimpan dan menjualnya melalui saluran distribusi.Click to Tweet

Generasi milenial senang dengan konsep menarik di dunia bisnis. Strategi distribusi dikembangkan berbasis teknologi sehingga muncul software distribusi dan penjualan yang otomatis, cepat, dan mudah.

Dalam bisnis apapun, saluran distribusi adalah elemen penting. Sebab, sebagian barang manufaktur berasal dari distributor sebelum sampai ke retailer atau konsumen.

Peran Bisnis Distributor

Pelanggan tersebar ke berbagai daerah. Jadi, sangat sulit bagi produsen untuk mendistribusikan produknya ke seluruh dunia. Di sinilah peran bisnis distributor.

Kegiatan distribusi adalah orang atau badan usaha yang menjalin kemitraan dengan produsen, membeli produk, lalu menyimpan dan menjualnya melalui saluran distribusi.

Apa itu bisnis distributorPin

Perusahaan atau retailer bisa membuat purchase order barang yang diinginkan dari supplier, kemudian dijual lagi dengan harga margin untuk mendapatkan keuntungan. Usaha distributor yang akan mengantarkan barang atau produk tersebut sampai ke tangan retailer dan konsumen.

  1. Penjualan

    Peran bisnis distributor yang mendasar adalah membuat produk tersedia di pasaran. Sehingga, pelanggan bisa membeli atau mendapatkan produk tersebut.

  2. Promosi

    Peran usaha distribusi selanjutnya adalah promosi. Kegiatan distribusi termasuk dalam memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat. Dengan cara memberikan kupon diskon atau promo di dalam tokonya.

    Baca Juga: Apa Itu Saluran Distribusi, Fungsi, Tahapan Serta Faktor Penentunya

  3. Pelayanan Pelanggan

    Bisnis distributor memiliki staf dan fasilitas komunikasi untuk menangani layanan pelanggan lebih efektif. Sebab, usaha distributor juga menjadi salah satu kontak pertama yang akan dihubungi pelanggan.

  4. Riset Pasar

    Usaha distributor berada lebih dekat ke pasar, jadi bisa mengumpulkan lebih banyak informasi dalam menjalankan bisnis. Informasinya termasuk posisi pesaing, kepuasan pelanggan, trend pasar, dan lainnya

  5. Pembiayaan

    Kegiatan distribusi yang kuat secara finansial, seringkali menangani pembiayaan untuk pelanggan. Menawarkan ongkos kirim yang menguntungkan dan persyaratan mudah untuk meningkatkan penjualan. Bahkan, saat ini usaha distributor didukung oleh finansial technology atau pihak ketiga dalam pembiayaan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Peluang Usaha Distribusi

Peluang bisnis distributor hampir tiada habisnya. Ini karena semua kegiatan ekonomi diarahkan untuk mendistribusikan produk dan layanan.

Strategi distribusi memainkan peran penting agar produk bisa tersedia bagi konsumen. Sekaligus, menciptakan peluang bisnis bagi semua orang untuk bergabung dalam bisnis distributor.

Berikut adalah beberapa peluang usaha distributor yang bisa dicoba. Antara lain:

  • Usaha Distributor Otomotif.
  • Bisnis Distributor Barang Konsumen Bergerak Cepat (FMCG).
  • Bisnis Distributor Peralatan Rumah Sakit.
  • Bisnis Distributor Bibit.
  • Bisnis Distributor Produk Telekomunikasi.
  • Usaha Distributor Peralatan dan Perlengkapan Olahraga.
  • Usaha Distributor Peralatan Rumah Tangga.
  • Usaha Distributor Furniture.

Bisnis distributor akan semakin mudah dan sistematis, apabila didukung teknologi dan perangkat lunak modern. Salah satunya Software Akuntansi Online dari Harmony yang memiliki fitur lengkap dan real time untuk menangani urusan pembukuan usaha.

Tidak hanya itu, Software Akuntansi Harmony dilengkapi fitur manajemen persediaan atau stok, sehingga sebagai pelaku usaha distribusi, Anda jadi lebih mudah memantau stok kapanpun melalui smartphone atau laptop di mana pun.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.

Masih banyak fitur Software Akuntansi Harmony untuk membantu menyederhanakan bisnis distributor. Mulai dari pencatatan transaksi, arus kas, penggajian, penagihan, billing, hingga perpajakan dan otomasi pembuatan lebih dari 20+ template laporan keuangan instan. Cek dan ikuti terus akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info lebih lanjut.

Jika ada yang praktis dan akurat, kenapa masih memilih pencatatan buku besar manual? Yuk, coba aja dulu aplikasi Harmony GRATIS 30 hari, daftar melalui link ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony