Harmony Blog

Minimum Order Quantity (MOQ), Manfaatkan Strategi Ini Dalam Bisnis Dagang

Diupdate Apr 9th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

minimum order quantityPin

Pada kesempatan kali ini kita akan mengetahui apa yang dimaksud dengan minimum order quantity dan bagaimana pengaruh minimum order quantity di dalam suatu bisnis dagang. Sebelum membahasnya lebih jauh, maka kita akan mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan minimum order ya, untuk lebih jelasnya mari simak artikel ini hingga selesai.

Semakin berkembangnya zaman, maka teknologi pun juga semakin canggih ya. Contohnya saja pada saat berbelanja, yang dimana kita tidak perlu repot-repot lagi berbelanja ke secara langsung ke mall, pasar tradisional maupun ke supermarket, karena sudah ada online shop yang hadir di tengah-tengah kita. Kehadiran online shop inipun memberikan dampak yang sangat baik untuk masyarakat karena bisa lebih menghemat waktu, tenaga dan bahkan uang.

Beberapa perusahaan atau toko online ada yang memberikan ketentuan minimum order quantity agar meningkatkan penjualan.Click to Tweet

Seperti yang diketahui untuk berbelanja secara langsung ke pusat perbelanjaan memang butuh waktu yang tidak sebentar dan uang untuk ongkos. Hanya dengan menggunakan gadget dan internet saja sudah bisa membuat Anda berbelanja berbagai barang yang dibutuhkan.

Contoh Minimum Order Quantity

Berkaitan dengan pembahasan di atas, kita bisa melihat minimum order quantity ini pada saat berbelanja secara online. Contohnya saja di saat Anda membeli barang di suatu perusahaan dagang yang akan memberikan harga barang lebih murah tetapi dengan adanya minimal pembelian.

Misalnya jika Anda membeli buku gambar untuk anak-anak yang harga per pcsnya sekitar Rp 15 ribu, tetapi toko memiliki kebijakan untuk memberikan harga lebih murah jika Anda membeli barang minimal 10 pcs. Tentu hal tersebut juga harus disesuaikan dengan stok barang yang ada di toko online tersebut.

Kenapa harus disesuaikan dengan stok barang yang ada di toko online? Karena jika stok barang tidak disesuaikan, bisa-bisa minimum order quantity tidak bisa berjalan dengan baik. Selain itu para calon pembeli juga akan merasa kecewa.

Beberapa perusahaan atau toko online juga ada yang memberikan ketentuan minimum order value untuk beberapa barang tertentu dengan harga yang terjangkau. Misalnya barang A stoknya masih sangat banyak dan harganya juga lebih murah dibandingkan dengan harga barang lain, agar barang A cepat habis maka minimum order diberlakukan.

Nah, jika ingin memberlakukan minimum order ini, jangan lupa untuk membuat laporan laba rugi dan terapkanlah metode economic order quantity (EOQ) ya.

Kenapa sih Penjual Menetapkan MOQ?

Sebenarnya di pembahasan sebelumnya, setidaknya Anda sudah memiliki gambaran kenapa minimal order quantity diberlakukan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak selengkapnya di bawah ini.

Minimum order quantity (moq)Pin

Jika kita melihatnya dari sisi pembeli, tentu untuk melakukan purchase order ini cukup merepotkan apalagi dengan budget untuk membeli yang terbatas. Tapi jika pembeli juga ingin menjualnya kembali, tentu minimum order value tidak memberatkan.

Dan bahkan dengan hadirnya minimum order value malah akan menguntungkan karena pembeli mendapat harga yang lebih murah. Sehingga, bisa menjualnya kembali dan mendapat keuntungan yang lebih banyak juga.

Bahkan tidak jarang juga pembeli melakukan repeat order. Kenapa repeat order dilakukan? Karena harga yang jauh lebih murah, kualitas barang tetap sama dan bisa menambah stok dari barang yang akan dijual maka dari itu pembeli bisa saja melakukan repeat order.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana dari Sisi di Penjual? Setelah mengetahui minimum order quantity dari sisi pembeli, mari kita bahas dari sisi penjual di bawah ini, ya.

  • Min Order lebih menguntungkan penjual karena bisa lebih cepat menghabiskan stok barang.
  • Pengendalian jumlah stok.
  • Melancarkan cash flow dan tentunya laba pun meningkat.

Dalam berbisnis apapun, laporan keuangan dan pembukuan adalah hal yang tak boleh diabaikan. Software Akuntansi Harmony membuat sistem pembukuan bisnis di era digital, jadi lebih praktis, cepat, dan modern. Fitur dan modul akuntansi dari aplikasi Harmony lengkap untuk menyederhanakan tugas tim finance Anda. Harmonu mudah digunakan oleh semua pebisnis walau Anda tidak memiliki background accounting sekalipun.

Untuk info selengkapnya, yuk ikuti dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony. Masih ragu? Pakai Software Akuntansi Harmony sekarang GRATIS 30 Hari trial klik di sini sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony