Strategi pemasaran produk bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya memanfaatkan micro influencer. Di era media sosial saat ini, bukan hanya influencer dari kalangan selebriti saja yang bisa meningkatkan strategi pemasaran positioning brand. Tetapi, micro influencer juga bisa meningkatkan penjualan.
Perlu diketahui, bahwa micro influencer adalah bagian penting dari pemasaran bisnis era digital. Sama seperti influencer pada umumnya, micro influencer adalah orang yang memiliki banyak pengikut dengan target pasar tertentu.
Mereka bisa mempengaruhi pengikutnya untuk membeli atau memakai produk bisnis tertentu, baik dengan komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal.
Table of Contents
Pada dasarnya, mikro influencer adalah influencer dengan jumlah pengikut antara 10.000 – 500.000 orang di media sosial. Bandingkan, dengan jumlah followers selebritis atau artis yang bisa mencapai jutaan orang.
Micro influencer adalah influencer yang menargetkan pengikut dari kalangan tertentu. Entah itu, mahasiswa, anak-anak, atau memiliki hobi yang sama dan biasanya mampu menciptakan kedekatan yang lebih intens dengan audiens.
Ada banyak micro influencer Indonesia yang sukses meraup jutaan followers dari kalangan biasa. Bahkan, kini profesi influencer marketing adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati.
Tanpa perlu repot bekerja kantoran 8-to-5, influencer seringkali mendapatkan jutaan rupiah per sekali postingan di media sosial.
Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba
Tak bisa dipungkiri, influencer marketing adalah strategi pemasaran yang efektif di masa kini dan masa depan. Tak terkecuali, bagi Anda yang berencana memakai jasa micro influencer Indonesia untuk promosi bisnis. Berikut keuntungan yang bisa diperoleh:
Ketimbang memakai jasa influencer selebriti ternama yang tarifnya mencapai jutaan rupiah hingga miliaran, mikro influencer memiliki tarif jasa yang jauh lebih bersahabat bagi pelaku UMKM.
Dikutip dari laman Tirto.id, untuk memakai jasa promosi dari mikro influencer, Anda cukup merogoh kocek kisaran 10% yang jauh lebih hemat dibandingkan iklan TV.
Bisa dibilang, memakai jasa micro influencer adalah solusi terbaik promosi dari segi efisiensi biaya dan anggaran UMKM Anda.
Mikro influencer sebagai bagian influencer marketing adalah strategi pemasaran ideal yang layak dipertimbangkan. Mereka memiliki jalinan koneksi dan kedekatan tinggi dengan audiensnya.
Bahkan, tak jarang micro influencer menanggapi dan membalas komentar audiensnya satu per satu.
Dengan begitu, bisnis Anda juga akan lebih mudah diperkenalkan ke masyarakat secara jujur, otentik, dan kredibilitas nya juga diakui.
Keuntungan lain dari micro influencer adalah memiliki jangkauan audiens tertarget yang lebih spesifik. Ini artinya, jika Anda ingin mempromosikan bisnis di kalangan tertentu, entah itu anak-anak, wanita karir berusia 30-an, atau bahkan produk bayi, mikro influencer bisa menjangkau pasar-pasar yang lebih detail.
Bisnis Anda akan lebih mengena dan tepat sasaran audiens, ketimbang menggunakan influencer ternama yang pasarnya lebih luas.
[elementor-template id="26379"]
Salah satu fungsi influencer marketing adalah meningkatkan keterlibatan audiens atau level engagement. Nah, jangan keliru karena micro influencer adalah salah satu jagoan dalam hal ini.
Mikro influencer bisa mendukung level engagement yang besar, sebab kebanyakan followersnya adalah audiens tertarget dengan passion dan minat yang sama.
Keuntungan selanjutnya memakai jasa micro influencer adalah memberikan kemudahan bagi pebisnis untuk menemukan dan bekerja saja. Jika memakai influencer artis atau selebriti, kemungkinan Anda perlu menghubungi manajer dan mengikuti alur proses yang lama. Tetapi, mikro influencer mudah dijumpai di berbagai platform media sosial, dan langsung diajak berkolaborasi.
Jadi, bagaimana, Anda ingin segera meningkatkan pemasaran dengan bantuan jasa micro influencer? Keputusan Anda sangat tepat. Sebab, berkolaborasi dengan micro influencer sangat efektif bagi usaha dengan anggaran keuangan terbatas.
Nah, untuk mengelola anggaran keuangan usaha Anda, hanya satu solusinya, Software Akuntansi Online dari Harmony. Aplikasi Harmony telah dibuktikan ribuan klien di bidang apapun, mampu mendukung kelancaran usaha dengan pembukuan modern, rapi, dan otomatis.
Kini, tim finance tak perlu repot mengetik pada spreadsheet atau bahkan menulis di buku besar jurnal berbasis kertas yang menyita waktu. Sebab, Aplikasi Harmony dilengkapi berbagai fitur yang modern dan lengkap.
Mulai dari smart invoicing, pencatatan pengeluaran-pemasukan, hingga membuat 20 jenis laporan keuangan secara instan yang siap pakai. Kalau ada yang mudah, kenapa harus ribet? Yuk, coba pakai Aplikasi Harmony daftar di sini, GRATIS selama 30 hari trial dan buktikan kecanggihan fitur-fiturnya untuk bisnis Anda.
Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony agar memahami lebih lengkap fitur-fiturnya.