Harmony Blog

Micro Influencer, Inilah 5 Keuntungan Menggunakannya

Diupdate Jun 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Micro InfluencerPin

Strategi pemasaran produk bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya memanfaatkan micro influencer. Di era media sosial saat ini, bukan hanya influencer dari kalangan selebriti saja yang bisa meningkatkan strategi pemasaran positioning brand. Tetapi, micro influencer juga bisa meningkatkan penjualan.

Pada dasarnya, micro influencer adalah influencer dengan jumlah pengikut antara 10.000 – 500.000 orang di media sosial.Click to Tweet

Perlu diketahui, bahwa micro influencer adalah bagian penting dari pemasaran bisnis era digital. Sama seperti influencer pada umumnya, micro influencer adalah orang yang memiliki banyak pengikut dengan target pasar tertentu.

Mereka bisa mempengaruhi pengikutnya untuk membeli atau memakai produk bisnis tertentu, baik dengan komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal.

Pengertian Micro Influencer Adalah

Pada dasarnya, mikro influencer adalah influencer dengan jumlah pengikut antara 10.000 – 500.000 orang di media sosial. Bandingkan, dengan jumlah followers selebritis atau artis yang bisa mencapai jutaan orang.

Micro influencer adalah influencer yang menargetkan pengikut dari kalangan tertentu. Entah itu, mahasiswa, anak-anak, atau memiliki hobi yang sama dan biasanya mampu menciptakan kedekatan yang lebih intens dengan audiens.

Ada banyak micro influencer Indonesia yang sukses meraup jutaan followers dari kalangan biasa. Bahkan, kini profesi influencer marketing adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati.

Tanpa perlu repot bekerja kantoran 8-to-5, influencer seringkali mendapatkan jutaan rupiah per sekali postingan di media sosial.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba

Apa Saja Keuntungannya?

Tak bisa dipungkiri, influencer marketing adalah strategi pemasaran yang efektif di masa kini dan masa depan. Tak terkecuali, bagi Anda yang berencana memakai jasa micro influencer Indonesia untuk promosi bisnis. Berikut keuntungan yang bisa diperoleh:

Apa itu micro influencerPin

  1. Tarif Jasa Lebih Terjangkau

    Ketimbang memakai jasa influencer selebriti ternama yang tarifnya mencapai jutaan rupiah hingga miliaran, mikro influencer memiliki tarif jasa yang jauh lebih bersahabat bagi pelaku UMKM.

    Dikutip dari laman Tirto.id, untuk memakai jasa promosi dari mikro influencer, Anda cukup merogoh kocek kisaran 10% yang jauh lebih hemat dibandingkan iklan TV.

    Bisa dibilang, memakai jasa micro influencer adalah solusi terbaik promosi dari segi efisiensi biaya dan anggaran UMKM Anda.

  2. Lebih Mudah Menarik Kepercayaan Audiens

    Mikro influencer sebagai bagian influencer marketing adalah strategi pemasaran ideal yang layak dipertimbangkan. Mereka memiliki jalinan koneksi dan kedekatan tinggi dengan audiensnya.

    Bahkan, tak jarang micro influencer menanggapi dan membalas komentar audiensnya satu per satu.

    Dengan begitu, bisnis Anda juga akan lebih mudah diperkenalkan ke masyarakat secara jujur, otentik, dan kredibilitas nya juga diakui.

  3. Menjangkau Audiens Tertentu

    Keuntungan lain dari micro influencer adalah memiliki jangkauan audiens tertarget yang lebih spesifik. Ini artinya, jika Anda ingin mempromosikan bisnis di kalangan tertentu, entah itu anak-anak, wanita karir berusia 30-an, atau bahkan produk bayi, mikro influencer bisa menjangkau pasar-pasar yang lebih detail.

    Bisnis Anda akan lebih mengena dan tepat sasaran audiens, ketimbang menggunakan influencer ternama yang pasarnya lebih luas.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Tingkat Keterlibatan Audiens Yang Tinggi

    Salah satu fungsi influencer marketing adalah meningkatkan keterlibatan audiens atau level engagement. Nah, jangan keliru karena micro influencer adalah salah satu jagoan dalam hal ini.

    Mikro influencer bisa mendukung level engagement yang besar, sebab kebanyakan followersnya adalah audiens tertarget dengan passion dan minat yang sama.

  5. Mudah Ditemukan Di Platform Media Sosial

    Keuntungan selanjutnya memakai jasa micro influencer adalah memberikan kemudahan bagi pebisnis untuk menemukan dan bekerja saja. Jika memakai influencer artis atau selebriti, kemungkinan Anda perlu menghubungi manajer dan mengikuti alur proses yang lama. Tetapi, mikro influencer mudah dijumpai di berbagai platform media sosial, dan langsung diajak berkolaborasi.

Jadi, bagaimana, Anda ingin segera meningkatkan pemasaran dengan bantuan jasa micro influencer? Keputusan Anda sangat tepat. Sebab, berkolaborasi dengan micro influencer sangat efektif bagi usaha dengan anggaran keuangan terbatas.

Nah, untuk mengelola anggaran keuangan usaha Anda, hanya satu solusinya, Software Akuntansi Online dari Harmony. Aplikasi Harmony telah dibuktikan ribuan klien di bidang apapun, mampu mendukung kelancaran usaha dengan pembukuan modern, rapi, dan otomatis.

Kini, tim finance tak perlu repot mengetik pada spreadsheet atau bahkan menulis di buku besar jurnal berbasis kertas yang menyita waktu. Sebab, Aplikasi Harmony dilengkapi berbagai fitur yang modern dan lengkap.

Mulai dari smart invoicing, pencatatan pengeluaran-pemasukan, hingga membuat 20 jenis laporan keuangan secara instan yang siap pakai. Kalau ada yang mudah, kenapa harus ribet? Yuk, coba pakai Aplikasi Harmony daftar di sini, GRATIS selama 30 hari trial dan buktikan kecanggihan fitur-fiturnya untuk bisnis Anda.

Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony agar memahami lebih lengkap fitur-fiturnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony