Harmony Blog

Merek Dagang Penting Untuk Didaftarkan, Bagaimana Caranya?

Diposting Jun 10th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Merek DagangPin

Brand atau merek dagang (trademark) bisa dikatakan sebagai identitas dari bisnis yang sedang Anda bangun berdasarkan rencana strategis.

Jika brand sudah meraih sebuah pencapaian tertentu, maka bisnis dan citra produk yang Anda miliki bisa meningkat dengan mudah baik di mata konsumen setia atau masyarakat umum.

Merek dagang adalah salah satu cara untuk membuat produk atau jasa menjadi berbeda dari bisnis lainnya.Click to Tweet

Merek dagang adalah salah satu strategi positioning yang sama pentingnya dengan strategi bisnis secara keseluruhan. Jika Anda ingin membuka sebuah usaha maka jangan lupa dengan pendaftaran merek dagang produk Anda.

Manfaat Mendaftarkan Merek Dagang

Jika sekarang Anda masih malas untuk mendaftarkan brand Anda, maka jangan menyesal jika suatu saat nanti ada orang lain yang mengambil merek dagang Anda. Hal ini Anda tidak bisa tuntut secara hukum karena Anda sendiri tidak melakukan pendaftaran merek. Karena itu, segera daftarkan merek dagang sebagai salah satu strategi pemasaran produk dengan nama identitas yang mudah diingat konsumen.

Pastinya tidak mau bukan, dengan usaha yang sudah Anda berikan pada bisnis Anda, bisa hancur ketika merek usaha Anda disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Merek dagang adalah salah satu cara untuk membuat produk atau jasa menjadi berbeda dari bisnis lainnya.

Daftar merek dagangPin

Dengan melindungi merek dagang di DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual) dan Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia), merek Anda tidak hanya diakui oleh negara, namun bisa membantu mengadili secara hukum pihak yang menyalahgunakan merek usaha Anda.

Untuk itu, simaklah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan pendaftaran merek di Kemenkumham:

  • Jaminan Perlindungan Hukum

    Merek dagang adalah hal yang krusial dan dengan mendaftarkan merek inilah Anda bisa mendapatkan keuntungan utama yakni jaminan perlindungan hukum yang bisa dipertanggungjawabkan.

    Berdasarkan UU tentang hak cipta tahun 2002, perlindungan ini bisa menjadi senjata utama guna melindungi orisinalitas perusahaan yang Anda jalani.

  • Terhindar Dari Plagiarisme

    Tidak sampai disitu, UU tentang hak cipta akan menjamin pemerintah dalam melindungi bisnis dari pihak yang berusaha memasarkan merek produk yang bisa saja membingungkan pelanggan yang ingin membeli.

    Jadi jika sudah mendaftarkan merek usaha maka tindakan plagiarism bisa dihindari.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Anda mungkin berpikir cara mendaftarkan merek dagang itu biayanya mahal dan tergolong hal yang merepotkan karena harus bolak balik kantor Kemenkumham.

Jangan salah, sekarang Anda bisa mendaftarkan merek usaha secara online. Berikut ini cara mendaftarkan merek dagang yang bisa Anda coba:

  1. Registrasi akun di merek.dgip.go.id
  2. Klik tambah untuk membuat permohonan pengajuan baru
  3. Isi pesan kode billing dengan jenis, tipe dan pilihan kelas
  4. Pada aplikasi SIMPAKI, lakukan pembayaran sesuai dengan tagihan
  5. Mengisi seluruh formulir yang tersedia
  6. Mengunggah data pendukung yang dibutuhkan seperti label merek, surat keterangan UMK (jika pemohon adalah usaha kecil atau usaha mikro) dan tanda tangan pemohon
  7. Jika merasa sudah benar maka bisa klik selesai permohonan sudah diterima
  8. DJKI Kemenkumham akan melakukan pemeriksaan secara formalitas terhadap kelengkapan permohonan merek yang diajukan dalam kurun waktu 15 hari.
  9. Jika syaratnya sudah lengkap maka hasilnya akan diumumkan dalam kurun waktu 2 bulan.

Jika Anda tidak keberatan, Kemenkumham akan melakukan pemeriksaan substantif selama 150 hari kerja. Jika disetujui akan didaftarkan untuk mendapatkan sertifikat.

Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai merek dagang yang wajib Anda agendakan. Untuk membantu proses keuangan selagi mendaftarkan merek dagang, Anda bisa gunakan Software Akuntansi Harmony.

Aplikasi Harmony adalah solusi pembukuan dan akuntansi online yang memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan dengan lebih baik. Tersedia 20 jenis laporan keuangan instan, siap pakai semudah beberapa klik saja, lho.

Selain itu, Software Akuntansi Harmony juga menghadirkan aplikasi akunting berbasis Cloud yang bebas diakses kapan saja dan di mana saja. Anda lebih mudah memantau aliran transaksi keuangan, melakukan invoice otomatis, hingga membuat laporan keuangan dengan rapi, cepat, dan modern.

Daftarkan Software Akuntansi Harmony untuk mendukung kelancaran pembukuan usaha Anda melalui tautan ini sekarang.  Jangan khawatir, GRATIS tanpa biaya apapun selama 30 hari di sini.

Temukan info terupdate lainnya tentang Aplikasi Harmony lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony