Pebisnis tanah air patut bersyukur setelah SIPO OJK generasi kedua atau SIPO G2 diluncurkan pemerintah. Apa itu SIPO OJK? SIPO OJK adalah Sistem Informasi Penerimaan OJK atau Sistem Informasi Penerimaan Otoritas Jasa Keuangan.
Secara umum, apa itu SIPO OJK dapat dijelaskan sebagai suatu aplikasi website yang dirancang untuk mengelola administrasi pungutan SIPO OJK agar semakin praktis, cepat, dan mudah.
Tepatnya pada 30 Desember 2020, SIPO G2 dirilis untuk menggantikan SIPO OJK versi lama. Aplikasi SIPO G2 dapat digunakan oleh siapa pun yang membutuhkan, termasuk lembaga keuangan, bank, pelaku ekonomi kreatif, dan sebagainya.
Table of Contents
Berikut adalah siapa saja yang umum memakai Sistem Informasi Penerimaan OJK atau SIPO G2:
Eksistensi SIPO G2 atau Sistem Informasi Penerimaan OJK memberikan keuntungan yang besar bagi pebisnis. Terutama, dalam hal mengecek besaran sanksi, denda, atau tagihan yang perlu dilunasi. Hal ini menjelaskan apa itu Sistem Informasi Penerimaan OJK sebagai suatu sistem informasi penerimaan OJK atas pungutan-pungutan yang dibebankan.
Adapun mekanisme pembayaran pungutan atas OJK, yaitu:
Pembayaran pungutan melalui Sistem Informasi Penerimaan OJK/ SIPO OJK dapat dilakukan secara kliring atau RTGS. Namun, pastikan nomor rekening OJK sudah tepat melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI), yaitu:
[elementor-template id="26379"]
Untuk mengetahui apakah status pembayaran lewat Sistem Informasi Penerimaan OJK/ SIPO OJK sudah sukses, pastikan dulu Anda membayar via ATM, eBanking, atau teller Bank Rakyat Indonesia (BRI). Selanjutnya, siapkan bukti transfer atau struk transfer lewat Sistem Informasi Penerimaan OJK/ SIPO OJK.
Klik tombol “Unggah Pembayaran”, dan unggah bukti bayar yang sudah dalam bentuk file digital (.JPG/ .JPEG/ .PNG/ .PDF) di bawah ukuran 4 Megabyte. Jangan khawatir, apabila Anda mengalami kendala atau kesulitan lainnya, dapat menghubungi pihak terkait lewat telepon 7000 atau email helpdesk@ojk.go.id dan infodkeu@go.id.
Menghadapi urusan manajemen keuangan, terkadang pebisnis merasa kewalahan. Terlebih, tidak hanya urusan keuangan saja yang harus ditangani, maka itu sudah saatnya melengkapi bisnis dengan sistem pembukuan modern yang lebih praktis, seperti Software Akuntansi Harmony.
Software Akuntansi Harmony dipercaya ribuan klien dan instansi di tanah air sebagai mitra pembukuan bisnis yang otomatis, rapi, dan real time. Dapat mengelola pembukuan, pencatatan transaksi, rekonsiliasi bank, sampai pembuatan laporan keuangan instan hingga 20 jenis template dalam hitungan detik.
Pembukuan dan pengelolaan keuangan menjadi lebih efisien waktu, minim kesalahan, dan bebas ribet bersama Software Akuntansi Harmony. Silakan coba GRATIS 30 hari, daftar di sini tanpa biaya apapun. Pelajari fitur Harmony selengkapnya, follow dan like akun Instagram, LinkedIn, dan Facebook di media sosial hari ini!