Harmony Blog

5 Contoh Ekonomi Kreatif, Keuntungan dan Cirinya

Diupdate Mar 17th, 2021
4

SHARES

PEMBACA

ekonomi kreatifPin

Pengertian ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep perekonomian di era ekonomi baru yang mengedepankan kreativitas, ide, dan pengetahuan manusia sebagai faktor produksi yang paling utama dan juga dapat memajukan perekonomian negara.

Ekonomi kreatif merupakan sebuah kegiatan manusia yang berhubungan dengan kreasi, produksi, distribusi dengan mengandalkan ide dan pengetahuan.Click to Tweet

Apabila Anda memiliki ide-ide kreatif atau senang dalam berinovasi untuk membuat sesuatu yang belum pernah dibuat sebelumnya. Maka sistem ekonomi kreatif ini cocok untuk Anda tekuni.

Dengan keberadaan ekonomi kreatif semacam ini bukan hanya tentang tuntutan zaman saja, melainkan juga dapat dijadikan sebagai evolusi perekonomian. Karena bagaimanapun sebuah negara membutuhkan inovasi-inovasi baru dalam meningkatkan pendapatan perekonomian nasional.

Dengan menghadapi tantangan yang semakin berat ke depan, tentu setiap individu ataupun pelaku ekonomi sangat penting untuk memperkuat kemampuan industri kreatif agar bisa bersaing dengan produk ekonomi kreatif impor.

Industri kreatif ini tumbuh dalam lingkungan kreatif yang dapat memberikan sebuah nilai tambah. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai ekonomi kreatif ini, berikut dapat Anda simak dalam artikel ini.

Pengertian Ekonomi Kreatif

Pada dasarnya, pengertian ekonomi kreatif ini adalah bidang perekonomian di era ekonomi baru yang megintensifikan informasi dan juga kreativitas setiap individu, dalam bisnis manfaat ekonomi kreatif ini juga sangatlah penting dalam memperluas pasar.

Di dalam ekonomi kreatif ini juga mengandalkan ide dan pengetahuan sebagai faktor produksi yang utama dan juga didukung oleh keberadaan industri kreatif.

Selain itu ekonomi kreatif ini juga memanfaatkan potensi budaya, kearifan lokal, dan inovasi sebagai sumber ekonomi. Dengan kata lain, sistem ekonomi ini menggabungkan industri budaya tradisional serta bentuk kreatif kontemporer yang didukung oleh teknologi.

Dalam pertumbuhan sektor ekonomi ini juga sudah meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan sektor listrik, gas, pertanian dan sektor lainnya. Nyatanya pemerintah juga mendorong peran bumn dalam industri ini.

Maka jika ekonomi terus meningkat, maka sektor perekonomian di Indonesia bisa semakin berkembang pesat dan akhirnya mendunia. Ekonomi kreatif juga diharapkan bisa menjadi pilar perekonomian di masa depan. Tentunya ekonomi kreatif ini juga didukung oleh lembaga keuangan Indonesia untuk mendorong perekonomian.

Selain itu ekonomi kreatif ini juga memiliki beberapa keuntungan seperti:

  • Membuat masyarakat menjadi lebih kreatif.
  • Dapat menciptakan lapangan kerja baru.
  • Dapat menciptakan kompetisi bisnis yang lebih sehat.
  • Meningkatkan setiap inovasi di berbagai bidang.
  • Mengurangi angka pengangguran.

5 Contoh Ekonomi Kreatif

Berikut terdapat 5 contoh ekonomi kreatif yang perlu Anda ketahui yaitu:

  1. Periklanan

    Dalam membuat sebuah iklan tentu dibutuhkan orang yang memiliki ide ide kreatif, tujuannya agar iklan tersebut dapat menarik perhatian calon konsumen.

    Para pelaku ekonomi kreatif ini dapat menjadikan iklan sebagai ajang untuk menawarkan jasanya dalam membuat iklan. Dalam pembuatan iklan ini juga bukan hanya memuat ide kreatif saja, melainkan juga menggunakan strategi pemasaran yang tepat.

    Periklanan ini dapat Anda lakukan melalui media elektronik seperti radio, smartphone, televisi dan media cetak pada surat kabar dan majalah.

    Selain itu dengan memasukkan konsep ekonomi ini ke dalam periklanan dapat dipastikan jika iklan yang dihasilkan akan terlihat lebih berbeda dan pastinya akan lebih menarik juga.

  2. Kerajinan

    Setiap para pengrajin dapat memasukkan konsep ekonomi ini dalam usaha kerajinannya. Meskipun kerajinan biasa diproduksi dalam jumlah yang relatif sedikit, namun hal tersebut bukan menjadi suatu halangan bagi para pengrajin untuk memakai konsep ekonomi kreatif.

    Kerajinan ekonomi kreatifPin

    Walaupun kerajinan yang dihasilkan tidak banyak, tapi kualitas yang terdapat dalam kerajian tersebut dapat mengangkat nama para pengrajin. Pada umumnya kerjaninan juga masih dibuat dengan cara tradisional.

    Dalam membuat kerajinan inilah dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan ide kreatif untuk menciptakan kerajinan yang berkualitas.

  3. Video, Film, dan Fotografi

    Dalam membuat film, video, fotografi hingga sampai mengedit hasil dari ketiganya tentu sangat dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan kreativitas di dalam bidang tersebut.

    Apabila tidak memiliki ide yang kreatif maka film yang dihasilkan akan sangat monoton dan juga gambar yang dihasilkan akan terlihat biasa saja, maka konsep ekonomi kreatif sangat dibutuhkan dalam bidang ini.

    Konsep ekonomi tersebut dapat dijadikan sebagai penunjang dalam memproduksi sebuah film atau video, sehingga film dan video yang dihasilakan akan terlihat lebih menarik untuk dilihat.

  4. Arsitektur

    Industri kreatif juga dapat diterapkan dalam bidang pembangunan atau arsitektur. Hal ini tentu saja banyak diminati oleh milenial yang ingin mempunyai konsep rumah hunian yang unik.

    Hal ini juga tidak untuk membangun rumah saja, dalam industri kreatif ini bisa dimasukkan dalam semua bidang terkait arsitektur lainnya seperti pembangunan taman kota, kegiatan teknik sipil, dan sebagainnya.

  5. Fashion

    Dalam konsep ekonomi kreatif ini juga dapat merambah ke dunia fashion. Untuk setiap perancang busana biasanya mereka akan sangat membutuhkan orang-orang yang memberikan ide dan masukan kreatif mengenai busana yang akan dirancang.

    Selain itu para perancang juga harus bisa berpikir inovatif agar rancangannya bisa terlihat lebih berbeda dan memiliki keunikan sendiri dari para perancang lainnya.

    Fashion ekonomi kreatifPin

Apa saja Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif?

Berikut terdapat beberapa ciri-ciri ekonomi kreatif yang ada di Indonesia yaitu:

  • Berbasis Pada Ide dan Juga Gagasan Kreatif

    Dalam sebuah usaha ataupun bisnis kreatif akan selalu mengikut dari ide dan gagasan dari setiap pelakunya.

  • Hasil Kreasi Intelektual

    Produk atau hasil yang diciptakan merupakan proyeksi dari kreatifitas, talenta dan intelektual pelakunya.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Membutuhkan Kerjasama yang Baik dari Semua Pihak

    Ekonomi kreatif  ini sangat tergantung pada kerjasama semua pihak baik dari pelaku usaha, kaum intelektual, dunia usaha dan lainnya. Hal ini dilakukan agar dapat mendukung semua aspek yang akan dilakukan nantinya.

  • Bersifat Relative dan Mudah Tergantikan

    Dikarenakan usaha tergantung pada kemajuan zaman, teknologi dan tren maka tidak mengherankan produk atau jasa yang dihasilakan akan memiliki siklus hidup yang singkat, margin tinggi, dan mudah ditiru, sehingga mudah tergantikan.

Sudah dijelaskan di atas mengenai ekonomi kreatif, mulai dari pengertian, ciri-ciri, dan juga keuntungan yang terdapat dalam ekonomi kreatif. Tentunya bisnis yang lancar merupakan suatu impian bagi setiap orang ataupun pebisnis lainnya. Namun banyak pebisnis tidak mengetahui kunci membuat bisnis itu lebih sukses dan lancar.

Kunci dari keberhasilan tersebut bukan saja hanya memperhatikan setiap produk ekonomi yang kreatif, namun Anda juga harus bisa melakukan pencatatan transaksi dan pembukuan pada bisnis Anda. Untuk menghindari keuangan yang acak-acakan perlu sebuah sistem pencatatan keuangan yang rapi, dan terintegrasi. Harmony Smart Accounting Solution hadir sebagai solusi yang memiliki teknologi cloud based serta sebagai teman setia pebisnis dalam membuat laporan keuangan bisnisnya. Kini tersedia Gratis 30 Hari jika Anda mendaftarkannya di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony