Mengenal Rasio Price to Book Value yang Bagus dan Cara Menghitungnya
Harmony Blog
Finance
Mengenal Rasio Price to Book Value yang Bagus dan Cara Menghitungnya
November 26, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Rasio PBV (Price to Book Value) adalah hal yang paling mendasar dalam indikator sebuah saham. PBV ini juga sering digunakan oleh para investor untuk menentukan nilai dari sebuah saham yang dimiliki.

Rasio price to book value ini tentu sangat membantu Anda melihat seberapa besar kemampuan perusahaan dalam menciptakan nilai terhadap jumlah modal yang diinvestasikan perusahaan.

Menggunakan price to book value juga merupakan salah satu cara dalam menganalisis rasio keuangan pada perusahaan Anda. Rasio ini juga berguna dalam meninjau permasalahan keuangan perusahaan dan sebagai barometer dalam melakukan proyeksi posisi keuangan di masa depan.

Apabila nilai perusahaan semakin tinggi maka keuntungan yang akan diterima oleh pemilik menjadi besar. Nah, jika itu semua semakin baik maka pasar akan memandang perusahaan tersebut dan juga prospeknya.

Hal ini memperlihatkan bahwa perusahaan berhasil menciptakan nilai yang efektif bagi pemegang saham.

Untuk lebih jelas memahami apa itu PBV (Price to Book Value), dalam artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai apa itu price to book value dan bagaimana cara menghitungnya.

Apa itu Rasio Price to Book Value?

Sebagian dari Anda mungkin bingung dengan istilah PBV atau Price to Book Value? Price book value adalah rasio penilaian investasi yang sering digunakan oleh investor untuk membandingkan nilai pasar dari pangsa bisnis dengan jumlah nilai yang tercatat dalam book value.

Tujuan dari PBV adalah untuk menentukan berapa perkiraan harga saham perusahaan saat ini dan berapa banyak pemegang saham yang membiayai aset bersih perusahaan.

Setiap pimpinan perusahaan tentu sudah harus memahami pentingnya menganalisa rasio keuangan ini karena akan membantu pimpinan perusahaan dalam menentukan kebijakan dalam menjalankan perusahaan.

Adapun beberapa jenis dari rasio keuangan yaitu rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio aktivitas. Dari ke-4 rasio tersebut, rasio price to book merupakan bagian dari rasio aktivitas.

Namun terdapat dua penilaian dari rasio aktivitas yaitu rasio nilai pasar dan rasio efisiensi/perputaran. Rasio aktivitas digunakan untuk mengukur setiap keefektifan atau efisiensi perusahaan dalam menggunakan aktiva-aktiva yang dimilikinya.

Para pebisnis menggunakan price to book value untuk alat ukur atas harga saham yang beredar apakah bernilai benar. Rasio price to book value ini artinya harga saham yang dipasaran sejalan dengan nilai buku perusahaan. Nilai buku perusahaan ini dapat dihitung dengan cara mengurangi aset dengan utang atau kewajiban.

Terlihat bahwa perusahaan yang memiliki nilai rasio price to book value tinggi dapat dikatakan harga sahamnya dinilai terlalu tinggi sementara perusahaan dengan nilai pbv yang rendah maka bisa terjadi penilaian harga saham juga rendah.

Jika kondisi rasio price to book value ini lebih rendah, terutama yang di bawah satu, maka akan ada kemungkinan saham tersebut mengalami undervalued. Bisa dikatakan bahwa harga saham diperdagangkan dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan nilai aset perusahaan.

Penting bagi Anda yang ingin memulai investasi di bidang saham untuk memahami terlebih dahulu apa itu price to book value. Sebab dengan Anda mengetahui istilah ini, maka Anda akan lebih mudah untuk mengoptimalkan investasi yang ingin dilakukan.

Meskipun rasio price to book value ini dapat membantu para investor mengidentifikasi perusahaan mana yang mungkin dinilai terlalu tinggi atau terlalu rendah, rasio tersebut juga memiliki keterbatasan. Selanjutnya, jangan lupakan juga untuk melihat risiko dari setiap investasi dana, pertimbangkan apakah aman dan sesuai dengan keuntungan yang diterima.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Return On Investment (ROI) dan Perhitungannya

custom-form-newsletter

Cara Menghitung (PBV) Price to Book Value

Sebelum mulai menghitung rasio price to book value, adapun rumus yang harus Anda pahami terlebih dahulu untuk menghitung rasio tersebut yaitu:

Book Value Per Saham = Ekuitas / Jumlah Saham Yang Beredar

Price To Book Value = Harga Pasar Saham / Book Value Per Saham

Sebuah PT Jaya Maju merupakan salah satu PT terbesar yang bergerak di bidang keuangan. Diperkirakan hingga saat ini, ekuitas dari PT tersebut sebesar Rp 14,5 Triliun, dengan jumlah saham yang beredar sebanyak 11,6 Milyar lembar saham.

Namun saat ini, harga per lembar saham PT. Jaya Maju yang beredar di pasaran sebesar Rp 2,875 per lembar saham. Dilihat dari nilai price to book values, apakah disarankan untuk para investor membeli saham di perusahaan tersebut?

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mencari nilai book values terlebih dahulu dengan menggunakan rumus Price To Book Value = Harga Pasar Saham / Book Value Per Saham

Perhitungan:

Book Value Per Saham = Ekuitas / Jumlah Saham Yang Beredar

Book Value Per Saham = Rp 14,5 Triliun/ 11,6 Milyar lembar saham

Book Value Per Saham = Rp 1.250

Jika Anda sudah mendapatkan nilai book value per saham, maka langkah selanjutnya adalah langsung menghitung nilai Price to Book Value dengan menggunakan rumus Price To Book Value = Harga Pasar Saham / Book Value Per Saham

Perhitungan:

Price To Book Value = Harga Pasar Saham / Book Value Per Saham

Price to Book Value = Rp 2,875/ Rp 1.250

Price to Book Value = 2,3

Harga saham nyatanya membawa pengaruh besar dalam kebutuhan investasi perusahaan. Walau begitu jangan sampai Anda hanya fokus kepada satu rasio saja. Ada banyak sekali rasio yang bisa digunakan untuk analisis.

Nah, saat ini Anda sudah bisa menggunakan teknologi Harmony dalam melakukan analisa keuangan. Software akuntansi ini bisa menyediakan sebuah laporan terkait rasio keuangan yang Anda butuhkan.

Selain pencatatan transaksi seperti invoice, inventory, bill sistem ini juga akan menghitung seluruh rasio secara otomatis. Anda hanya perlu melihat grafik untuk memantau perkembangan keuangan bisnis Anda.

Ingin coba software akuntansi Harmony Gratis? Anda dapat mendaftar gratis pemakaian selama 30 hari penuh dengan membuat akun di sini.

Kami juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputar keuangan, bisnis, dan lainnya. Anda dapat mengunjungi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/