Apa Yang Dimaksud Rasio Nilai Pasar? Simak Selengkapnya
Harmony Blog
Finance
Apa Yang Dimaksud Rasio Nilai Pasar? Simak Selengkapnya
September 9, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Investasi dan Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Analisis rasio keuangan sering dilakukan perusahaan untuk melihat kondisi kesehatan korporasi. Bagi perusahaan yang memiliki modal disetor dalam bentuk saham juga akan memperhitungkan rasio nilai pasar. Rasio nilai pasar adalah rasio yang memperhitungkan harga saham dengan laba, nilai buku per saham hingga arus kas.

Sementara menurut Fahmi (2012 : 70) rasio nilai pasar digunakan untuk menilai kondisi pasar saham pada periode tertentu. Melalui rasio nilai pasar Anda akan memahami pemikiran investor atas kinerja perusahaan.

Rasio nilai pasar memperhitungkan kondisi pasar saham terhadap kinerja perusahaan.

Manfaat Rasio Nilai Pasar

Manfaat dari rasio pasar tidak hanya berguna bagi korporasi namun juga pihak eksternal seperti investor. Berikut beberapa manfaat dari rasio nilai pasar yang bisa Anda simak dibawah ini :

1. Sebagai tolak ukur korporasi dalam memberikan imbalan investasi kepada investor melalui pembagian dividen perusahaan

2. Bagi investor rasio ini merupakan rasio penilaian dan evaluasi dalam berinvestasi. Rasio nilai pasar nyatanya mampu menunjukkan kinerja sekuritas dalam pasar modal. Selain dari segi rasio pasar investor nyatanya juga memperhatikan debt to equity ratio sebelum berinvestasi. Besarnya hutang tentu akan mempengaruhi leverage korporasi tersebut.

3. Salah satu dasar penilaian yang digunakan untuk melakukan investasi jangka pendek dan jangka panjang. Dalam investasi jangka panjang investor mengejar pembagian dividen.

Sementara dalam investasi jangka pendek investor mengincar capital gain. Capital gain adalah selisih laba yang didapat dari jual beli surat berharga atau efek di pasar modal

Jenis Rasio Nilai Pasar

Rumus rasio nilai pasar digunakan untuk menilai sekuritas perusahaan go public. Jenis dari rasio nilai pasar sendiri terbagi atas 4 jenis diantaranya adalah sebagai berikut :

Price Earning Ratio / PER

Price earning ratio adalah rasio dasar yang digunakan untuk mengetahui harga wajar saham perusahaan. Dalam perhitungannya PER menggunakan perbandingan antara harga saham dengan laba per sahamnya. Sementara untuk mengetahui earning per share digunakan rumus laba bersih dikurangi saham preferen baru dibagi dengan rata-rata tertimbang saham yang beredar.

Rumus PER = Harga per saham / Earning per share

Dividend Payout Ratio

Rasio ini berguna untuk mengukur berapa persentase laba yang digunakan untuk membayar dividen. Rasio pembayaran dividen dikatakan baik bila secara berkelanjutan meningkat dari tahun ke tahun.

Rumus Dividend Payout Ratio = (Total dividen / Laba bersih yang dihasilkan) x 100 %

Dividend Yield Ratio

Rasio ini berguna untuk menghitung berapa jumlah dividen tunai yang dibagikan ke pemegang saham biasa. Dengan rasio ini investor mengetahui arus kas dari investasi yang telah mereka tanamkan. Dividen yang tinggi akan memberikan keuntungan yang tinggi pula bagi investor. Hal ini berimbas pula berkurangnya kas untuk perputaran persediaan dalam periode tersebut.

Rumus Dividend Yield Ratio = (Dividend per Share / Market Value per Share) x 100%

custom-form-newsletter


Perhitungan dan Contoh Kasus 

Untuk memahami bagaimana perhitungan rasio nilai pasar lebih mudah jika Anda menyimak contoh kasus dibawah ini :

PT A memiliki nilai pasar harga saham sebesar Rp. 4.000 per lembar nya. Jumlah saham yang beredar kini sebesar 500.000 lembar. Laba bersih tahun ini berkisar Rp. 500.000.000 dan pembagian dividennya adalah Rp. 200.000.000. Dari kasus ini maka perhitungan rasio nilai pasarnya adalah sebagai berikut :

• EPS = Rp. 500.000.000 / 500.000 lembar saham  adalah Rp. 1000

• PER = Rp. 4000 / Rp. 1.000 adalah 4 kali

• Dividend Payout Ratio = (Rp. 200.000.000 / Rp. 500.000.000) x 100 %  adalah 40 %

• Dividend Yield Ratio = (Rp.200.000.000 / 500.000 lembar saham) : Rp. 4.000 baru dikalikan 100 % maka hasilnya adalah 10 %

Harga saham nyatanya membawa pengaruh besar dalam kebutuhan investasi perusahaan. Walaupun begitu jangan sampai Anda hanya fokus pada rasio ini saja. Selain rasio nilai pasar ada rasio solvabilitas, aktivitas dan rasio keuangan lainnya yang bisa jadi tolak ukur kinerja perusahaan.

Anda dapat menggunakan HarmonyAccounting Software untuk mengelola keuangan perusahaan Anda. Software akuntansi ini dapat menghitung rasio keuangan secara otomatis Anda hanya perlu melihat grafik untuk memintor perkembangan perusahaan Anda.

Bukan hanya itu Anda juga bisa menggunakan software Harmony untuk keperluan perpajakan dan bisa digunakan untuk perusahaan dengan banyak anak cabang. Ingin coba software akuntansi Harmony Gratis? Anda dapat mendaftar gratis pemakaian selama 30 hari penuh dengan membuat akun disini.

Kami juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputaran keuangan, bisnis, dan lainnya. Anda dapat mengunjugi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/