Mengenal Peluang Bisnis Startup dan Bagaimana Cara Memulainya
Harmony Blog
Business
Mengenal Peluang Bisnis Startup dan Bagaimana Cara Memulainya
November 6, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Istilah startup sering dikaitkan dengan bisnis yang baru dirintis atau baru berkembang, biasanya merujuk pada sebuah organisasi yang belum lama beroperasi dan identik dengan bisnis yang terkait dengan teknologi.

Dengan mobilitas manusia yang tinggi membuat dunia perdagangan harus mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen.

Startup adalah sebutan untuk perusahaan yang baru memulai usahanya dan masih dalam tahap pencarian target yang tepat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Membangun sebuah startup (perusahaan rintisan) tidak semudah yang dibayangkan, ada banyak hal yang akan Anda hadapi kedepan.

Startup yang kuat juga harus memiliki tim yang kuat dan mau bekerja bersama untuk mencapai tujuan startup tersebut.

Menurut wikipedia, startup adalah perusahaan yang belum lama beroperasi. Startup ini merupakan jenis perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Maka dapat diartikan secara singkat bahwa pengertian startup adalah jenis perusahaan baru yang sedang dikembangkan atau belum lama beroperasi. Maka banyak sebagian orang menyebutkan bahwa jenis perusahaan startup sering disebut sebagai perusahaan rintisan.

Namun jenis bisnis startup ini juga sangat identik serta kerap kali dihubung- hubungkan dengan bidang teknologi dan informasi. Sebab hal ini berawal ketika startup menjadi populer secara internasional pada masa bubble dot-com.

Baca Juga : Lead Generation: Cara Praktis Mendapatkan Calon Customer Untuk Bisnis Startup

Peluang Bisnis Startup

Apabila Anda ingin belajar bagaimana cara memulai bisnis startup, Anda terlebih dulu harus dapat memahami peluang bisnis startup itu sendiri.

Sudah banyak jenis bisnis startup di Indonesia yang telah mencapai kesuksesannya, contoh startup seperti Gojek, Bukalapak, Traveloka, OVO dan Tokopedia dan telah sampai di level tinggi sebuah startup.

Dengan berkembangnya akses internet yang semakin cepat, maka dapat dengan mudah bagi Anda untuk memulai bisnis startup ini.

Melihat potensi yang besar, maka sudah banyak investor kelas dunia yang mulai berinvestasi pada bisnis startup karena dianggap sangat memiliki potensi sebagai pasar digital yang paling menguntungkan.

Namun terlepas dari potensi yang ada, bagi pemula yang ingin mendirikan startup harus bisa bersaing dengan para startup yang sudah mencapai level yang tinggi.

Bagaimana tidak, dengan melihat cara kerja pada bisnis startup sangat memberikan ide atau pemecahan permasalahan yang mungkin banyak dialami oleh masyarakat.

Sebab selama masih ada permasalahan yang dialami oleh masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan dunia internet, bisnis startup akan selalu berpeluang besar untuk Anda coba.

Baca Juga : Penjelasan dan Cara Menghitung BEP dalam Bisnis

custom-form-newsletter

Tips Untuk Memulai Bisnis Startup

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis startup ini, beriku beberapa tips yang harus Anda perhatikan yaitu :

• Memiliki Seorang Mentor

Memulai bisnis startup tidak hanya mengandalkan pengetahuan pribadi dan juga rekan kerja yang Anda miliki. Jika ingin memulai bisnis startup, Anda juga harus memiliki mentor untuk membantu Anda dalam mengenal ekosistem dan juga cara kerja pada bidang bisnis Anda.

Sebab banyak sebagian pelaku bisnis gagal membangun bisnisnya dikarenakan sering mengabaikan masukan dan tetap mempertahankan idealisme yang dibangunnya sendiri. Karena idealisme yang Anda miliki tersebut belum tentu sesuai dengan ekosistem bisnis dan pasar Anda.

Selain itu strategi positioning juga menjadi faktor yang sangat penting di dalam meningkatkan kekuatan posisi pasar perusahaan. Selain itu, strategi positioning diperlukan sebagai langkah-langkah dalam menentukan segmen pasar untuk bisnis.

• Mencari Investor yang dapat Memberikan Keuntungan

Sebelum mencari investor ada baiknya Anda terlebih dulu menyesuaikan model bisnis, produk bisnis Anda dan menyesuaikan visi.

Sebab apabila bisnis Anda memiliki perbedaan visi dengan investor, maka bisnis Anda tidak akan berkembang. Banyak investor yang tidak selalu memberikan keuntungan, melainkan hanya ingin mencoba memanfaatkan nilai pada bisnis dan berakibatkan bisnis tersebut mengalami kerugian.

Maka dari itu sesuaikan terlebih dulu visi dan pandangan Anda terhadap investor.  apabila bisnis Anda sudah memiliki nilai yang baik, maka dengan sendirinya investor akan datang kepada Anda, dan meminta untuk bekerja sama dengan bisnis Anda.

• Mengandalkan Digital Marketing

Digital marketing dengan bisnis startup memang memiliki dua hal yang sangat berdekatan. Seringkali bisnis startup gagal karena sebagian pelakunya masih belum memahami pentingnya teknologi.

Untuk menghindari kegagalan pada bisnis startup tersebut, Anda perlu mengandalkan google ads, SEO dan sosial media. Selain itu Anda juga perlu mendaftarkan diri Anda pada mesin pencari untuk merespon masukan, membangun citra, dan juga membangun brand.

• Memiliki Roadmap Usaha

Yang dimaksud dengan roadmap bisnis bisa dikatakan sebagai peta jalan bisnis Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Dalam persaingan usaha, pelaku starup yang sukses haruslah memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan pesaing lainnya

Namun banyak pelaku startup gagal dalam melakukan bisnisnya karena melupakan hal-hal kecil namun penting untuk dilakukan seperti membuat roadmap dan master timeline.

Sebab melakukan dua hal tersebut sangat berguna untuk menganalisis ide, pertanyaan-pertanyaan, riset, dan juga memantau jalannya usaha Anda.

• Memiliki Cara Berfikir yang Kritis dan Inovatif

Yang harus Anda miliki sebagai pelaku startup maupun ukm adalah bagaimana mempunyai kemampun berpikir kritis dan inovatis. Hal ini akan membantu Anda dalam membuat target pasar yang baru.

Menjadi seorang pelaku bisnis startup juga harus terus bertanya dan juga memberikan jawaban baru bagi permasalahan dan juga pasar yang sudah ada. Hal tersebut sangatlah penting bagi Anda jika ingin memulai bisnis startup.

Startup merupakan jenis bisnis baru yang sedang banyak diminati oleh pebisnis lainnya. Bisnis ini bergerak cepat dan cenderung menekuni hal yang belum pernah ada di pasar.

Kehadiran startup di Indonesia memberikan warna yang lebih beragam tak hanya untuk industrinya tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin bermacam-macam.

Untuk mempunyai bisnis startup yang sukses hal lain yang harus dikelola dengan baik adalah keuangan usaha. Karena keuangan usaha bisa membuat suatu bisnis terus eksis atau malah menjadi bangkrut.

Untuk pembuatan laporan keuangan usaha, Anda bisa menggunakan Harmony, yaitu software akuntansi online yang sangat mudah dan praktis digunakan.

Harmony sudah digunakan oleh ribuan pebisnis dalam membantu usaha mereka. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan membantu agar usaha Anda semakin berkembang. Coba gunakan Harmony GRATIS 30 hari dengan mendaftar disini.

Jika Anda adalah pebisnis yang sibuk, maka Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi Harmony dengan harga terjangkau. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/