Mengenal Integrated Marketing Communication Untuk Memaksimalkan Strategi Pemasaran Bisnis Anda
Harmony Blog
Marketing
Mengenal Integrated Marketing Communication Untuk Memaksimalkan Strategi Pemasaran Bisnis Anda
September 16, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pada masa lampau, pebisnis menggunakan integrated marketing communication melalui televisi, majalah dan radio. Namun, semakin canggihnya teknologi dimasa kini integrated marketing communication tidak hanya ditemui melalui televisi, dan radio saja akan tetapi pada media sosial lainnya.

Integrated marketing communication berfungsi sebagai bagian komunikasi pemasaran kepada pelanggan agar produknya laku dipasaran misalnya seperti iklan, public relation, promosi secara langsung, media sosial dan event. Integrated marketing communication juga merupakan kegiatan komunika marketing supaya target ke konsumennya tersampaikan, dan pelanggan dapat mempercayai akan produk yang dipasarkan.

Integrated marketing communication berguna bagi perusahaan yang memfokuskan produknya dalam mengembangkan dan mempertahankan hubungan kepercayaan perusahaan dengan konsumen secara dekat.

Apa Itu Integrated Marketing Communication

Integrated marketing communication dalam pendapat kotler dan amstrong yaitu konsep perusahaan dalam mengkoordinasi berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan konsumen dengan adanya perusahaan dan produknya.

Tujuan dari integrated marketing communication, supaya dapat mempengaruhi masyarakat untuk mengingat dan mengetahui produk Anda secara psikologis, dan memiliki niat untuk membeli, sampai akhirnya menggunakan produk tersebut. Strategi UKM dalam promosi dapat terbagi dua, yaitu hard sell dan soft sell.

Pada strategi soft sell biasanya memiliki ciri pemasaran yang secara halus, seperti iklan, dana bantuan, hubungan masyarakat dan sebagainya. Berbeda dengan hard sell biasanya mempromosikan secara langsung seperti menjual produk langsung ke masyarakat, memajang produk di toko, dan lain sebagainya.

Penerapan Strategi Integrated Marketing Communications

Berikut ini ada beberapa alasan bagi pebisnis dalam menerapkan strategi pemasaran produk pada integrated marketing communication, sebagai keberhasilan promosi produk pebisnis pasti akan memerlukan startegi tersebut yaitu seperti :

1. Tujuan adanya integrated marketing communication yaitu dengan menyampaikan pesan didalam produk secara konsisten. Hingga pada akhirnya konsumen memahami dan mengerti sebuah pesan produk yang disampaikan.

2. Kegunaan integrated marketing communication juga dapat membangun sebuah citra atau image produk pada perusahaan. Tidak hanya pesan pada produk tertentu saja, namun pada produk Anda lainnya konsumen akan lebih memahami. Apa saja yang termasuk ciri promosi tersebut yaitu logo, konten, dan pesan suara produk yang bekerja dengan baik, sehingga menghasilkan sebuah merek produk lebih mudah di ingat dan diketahui.

3. Dalam menerapkan integrated marketing communication, tidak hanya berguna dalam menciptakan pengalaman konsumen saja. Namun akan canggihnya teknologi dunia digital, konsumen tidak hanya mencari produk atau pelayanannya. Akan tetapi konsumen juga membutuhkan review produk atau pengalaman pemakai produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

4. Dengan melalui pesan produk atau pemasaran produk didalam strategi Integrated marketing communication, konsumen yang sudah merasakan produk tersebut akan ikut membantu menentukan bagaimana pesan produk bisnis Anda tersampaikan kepada masyarakat, sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih baik bagi bisnis Anda.

Dengan menerapkan strategi Integrated marketing communication tidak hanya memperkuat pesan kepada konsumen, akan tetapi juga dapat memberikan pesan tersebut memiliki tujuan dan makna yang jelas dalam bisnis Anda sendiri. Sebagai pebisnis yang sudah maju, sudah pasti akan memiliki pembukuan yang rapih dan akurat.

Dengan prinsip standar akuntansi di Indonesia, manfaatkan layanan profesional untuk menyewa jasa pembukuan Anda walaupun tidak memiliki akuntan sekalipun. Dengan menggunakan jasa pembukuan, juga dapat membantu perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Jenis Contoh Integrated Marketing Communications

Dengan memahami lebih mendalam bagaimana contoh integrated marketing communication, berikut ada beberapa jenis contoh integrated marketing communication yaitu seperti :

1. Promosi Iklan

Jenis promosi secara halus atau soft selling juga termasuk dari contoh iklan, yang berguna dalam menunjukkan kelebihan sebuah produk dan mengetahui seberapa laku posisi produknya dari pesaing lain. Biasanya iklan digunakan kepada media televisi, radio, media sosial seperti Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, LinkedIn, E-mail dan sebagainya.

Adanya iklan juga berguna untuk memberikan pengetahuan merek atau brand tersebut kepada konsumen. Seperti contohnya strategi pemasaran produk makan yaitu iklan indomie, iklan promosi makanan akan memberikan kesan dan keinginan pengetahuan yang muncul dalam diri konsumen. Ketika menggunakan produk tersebut, iklan tersebut akan memberikan kesan makanan yang enak dan harum. Sehingga pesan tersebut tersampaikan kepada konsumen.

2. Promosi Public Relation Atau Hubungan Masyarakat

Konsep promosi public relation dilakukan promosi secara langsung, sama seperti halnya customer services yang menjadi bagian dari hubungan masyarakat. Customer services merupakan jalan bagi calon konsumen untuk mengenal perusahaan atau bisnis Anda.

Strategi public relation akan memberikan kesan yang ramah dan ceria, dan juga memberikan kesan positif bagi konsumen dalam mengundang konsumen untuk datang kembali. Konsep promosi public relation merupakan bentuk integrated marketing communication dalam meningkatkan kepercayaan konsumen pada brand dan produk Anda.

Baca Juga : Apa Itu Balanced Scorecard? Simak Pengertian dan Penerapannya

custom-form-newsletter

3. Promosi Melalui Sales Promotion

Dengan menerapkan sales promotion sebagai strategi integrated marketing communication, merupakan salah satu promosi dari penjualan produk. Misalnya diskon hingga bonus, biasanya pebisnis melakukan kebijakan produknya buy 1 get 1 atau potongan harga pada jumlah belanja dengan minimal tertentu. Dengan konsep ini akan menarik minat konsumen membeli produk dan mempromosikan produk tersebut kepada konsumen yang lain.

4. Promosi Melalui Event & Experience

Konsep pemasaran lainnya yaitu event dan experince dari integrated marketing communication. Misalnya seperti brand produk mengikuti konser musik atau acara untuk anak muda dan event lainnya. Biasanya produk brand akan menjadi produk sponsor, yang dilakukan promos secara halus. Sehingga dapat menampilkan seorang figur yang menjadi idola masyarakat sebagai brand ambassador produk.

5. Promosi Melalui Direct Selling

Konsep direct selling merupakan contoh dari hard selling, yang akan menjual produknya secara langsung. Dalam menunjukkan kelebihan produk dan mempengaruhi pengalaman konsumen merupakan cara pebisnis dalam menjual produk tersebut.

Penjualan secara langsung biasanya menjual produk dari orang ke orang lainnya atau dapat menampilkan produk di toko seperti supermarket atau mall. Sehingga itulah yang disampaikan pada promosi ini dalam meminta orang lain membeli produk Anda, dengan syarat kelebihan produk Anda paling baik dan bagus.

Tujuan Rencana Integrated Marketing Communications

Ada beberapa langkah yang diperlukan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam melakukan strategi Integrated Marketing Communication, yaitu:

1. Analisa situasi pemasaran promosi, dengan cara Anda harus dapat menganalisa kelebihan dan kelemahan data, mengetahui titik permasalahan, setelah itu mencari solusinya.

2. Anlisa informasi yang diberikan, yaitu dengan mengetahui hasil analisa setiap tanggapan dari penerima informasi, bagaimana tahapan dalam pengiriman informasi, serta saluran informasi yang digunakan.

3. Penyusunan anggaran biaya, biasanya harus mengetahui apakah modal sudah tersedia, atau dengan menentukan segmen pasar atau lokasi target pemasaran dan  berapa biaya yang dibutuhkan dalam menyusun strategi promosi.

4. Mengembangkan program integrated marketing communication, dengan cara menjalankan semua program komunikasi pemasaran yang akan ditempuh.

5. Menerapkan dan integrasi strategi integrated marketing communication, yaitu dengan cara melakukan kombinasi strategi marketing mix. Jika sudah, setelah itu  cobalah memproduksi iklan, membeli media time and space, serta melaksanakan desain yang sudah ditetapkan sesuai dengan program yang ditempuh.

6. Kontrol dan pantau serta evaluasi program promosi pada konsep integrated carketing communication, dengan cara mengevaluasi hasil kinerja apakah sudah efektif atau belum. Sehingga hasilnya dapat dilihat apakah taktik yang sudah ditempuh telah sesuai dengan strategi yang diambil atau tidak.

Cara dalam mengatur pembukuan Anda, dalam mempromosikan produk Anda pada biaya atau pengeluaran yang berbagai jenis. Akan sangat merepotkan pada masa mendatang dalam mengatur laporan keuangan, adanya pembukuan Harmony yang sudah dipakai banyak entitas bisnis di Indonesia. Sangat berguna bagi Anda yang memiliki biaya anggaran promosi, atau pemasaran produk Anda yang termasuk kedalam transaksi bisnis.

Solusi untuk Anda manfaatkan dan pakai Harmony yang terintegrasi dengan kegiatan bisnis Anda atas transksi hingga pembukuan laporan keuangan secara akurat dan mudah walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun buat akun Anda dan dapatkan pemakaian Gratis 30 Hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/