Mengenal Apa itu Inkaso: Manfaat, Jenis, Mekanisme dan Contohnya
Harmony Blog
Finance
Mengenal Apa itu Inkaso: Manfaat, Jenis, Mekanisme dan Contohnya
December 22, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pernahkah Anda mendengar istilah inkaso? Bagi yang kerap bekerja sama dengan perbankan tentu kata inkaso dan mekanisme inkaso bukan hal yang asing bagi Anda.

Yang dimaksud dengan inkaso pada dasarnya adalah layanan dari bank dalam proses penagihan uang baik itu ke individu atau perusahaan yang ada di kota berbeda.

Mekanisme inkaso salah satu bentuk dari layanan bank yang sering dipakai untuk menjalankan mandat pihak ketiga dalam bentuk penagihan sejumlah uang.

Namun biasanya perbankan akan melibatkan pihak ketiga untuk menyelesaikan tagihan. Nantinya, akan ada warkat atau surat berharga yang tidak bisa dipindahtangankan atau di ambil alih.

Dapat diartikan mekanisme inkaso juga merupakan bentuk proses penagihan bilyet giro atau cek dari suatu bank di wilayah kliring tertentu kepada bank penerbit yang ada di kota berbeda. Sederhananya, inkaso adalah jasa layanan dari bank yang merupakan perantara keuangan

Apa Saja Manfaat yang Terdapat dalam Inkaso?

• Dapat Menghemat Biaya

Apabila seorang nasabah sedang berada di luar kota dan ingin menagih warkat, seperti cek, tentu akan mengeluarkan biaya yang besar. Namun dengan adanya inkaso, maka biaya yang Anda keluarkan akan lebih kecil dibandingkan harus ditagih sendiri. Maka dari itu layanan inkaso ini dinilai bisa lebih menghemat biaya dan juga penerapan budget management akan lebih terkendali.

• Lebih Menghemat Waktu

Selain dapat menghemat biaya, manfaat inkaso juga bisa lebih menghemat waktu. Sebab dengan melakukan penagihan yang dilakukan sendiri akan memerlukan waktu.

Bahkan waktu yang dibutuhkan bisa saja sangat banyak sebab pihak yang ingin ditagih berada di luar kota.  Namun dengan adanya layanan inkaso Anda dapat melakukan penagihan dengan lebih menghemat waktu.

• Terhindar dari risiko kehilangan

Adapun sebagian besar pengguna bilyet giro merupakan perusahaan dagang yang mungkin sering melakukan pengiriman uang atau melakukan pembayaran dalam jumlah besar.

Maka dengan menggunakan layanan inkaso, melakukan transaksi antar perusahaan sangat aman dan menguntungkan. Selain itu bisa menghindari Anda dari segala risiko, misalnya kehilangan uang akibat perampokan, pencurian, atau aksi kejahatan lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Kinerja Keuangan? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Jenis-Jenis Inkaso

Selain manfaat adapun beberapa jenis inkaso yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Inkaso Berdasarkan Jenisnya

Inkaso ini terbagi atas 2 jenis yaitu:

– Inkaso Menggunakan Warkat Lampiran

Artinya amanat inkaso perlu dilampiri dokumen yang penting. Contoh inkaso menggunakan warkat lampiran yaitu, faktur, polis asuransi, kuitansi, atau surat lain yang disetujui oleh pihak bank.

– Inkaso Tanpa Warkat Lampiran

Artinya warkat inkaso tak perlu dilampiri dokumen apapun. Contoh inkaso tanpa warkat lampiran adalah bilyet giro, cek, dan juga surat berharga lainnya.

2. Lalu lintas Dana

Sementara berdasarkan lalu lintas dana, inkaso ini juga dibagi menjadi 2 yaitu:

– Inkaso Masuk

Yang di maksud dari inkaso masuk di sini berarti tagihan yang masuk dengan beban rekening nasabah. Yang nantinya akan dikirim ke cabang pemrakarsa sebagai keuntungan bagi pihak ketiga.

– Inkaso Keluar

Sementara inkaso keluar adalah inkaso atas permintaan dari nasabah. Artinya, penagihan dilakukan kepada pihak ketiga baik ke bank lain yang ada di luar kota maupun cabang sendiri. Inkaso hanya akan dibayarkan kepada rekening pemberi amanat setelah semua prosesnya selesai.

3. Mekanisme Pelaksanaan

Jenis inkaso selanjutnya ialah berdasarkan mekanisme pelaksanaannya. Namun dalam pelaksanannya terbagi menjadi 2 bagian yaitu:

– Inkaso Cabang Bank Sendiri

Yang berarti proses penagihan dilakukan oleh cabang bank sendiri kepada pihak ketiga yang ada di luar kota dengan kantor cabang bank yang sama.

– Inkaso Cabang Bank Lain

Yang artinya dari jenis inkaso ini dilakukan terhadap pihak ketiga yang merupakan nasabah bank lain di luar kota. Proses pencairan bisa lewat cabang bank sendiri.

Mekanisme Inkaso

a) Mekanisme Inkaso Via Bank Koresponden

Untuk mekanisme ini terjadi dengan melibatkan adanya pihak lain. Mekanisme ini juga terjadi apabila bank yang ditunjuk ternyata tidak memiliki cabang di wilayah atau di tempat pemberi dana menabung.

Tentunya proses yang harus dilakukan dalam mekanisme ini bisa dikatakan lebih rumit. Selain itu, mekanisme inkaso via bank koresponden ini juga terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada mekanisme yang sebelumnya.

b) Mekanisme Inkaso Via Bank Sendiri

Mekanisme ini terjadi apabila bank yang ditunjuk memiliki lokasi yang sama dengan bank yang digunakan oleh pihak pembeli. Sehingga dengan begitu akan mempermudah nasabah dalam melakukan penagihan di berbagai pihak yang berada di lokasi jauh.

c) Mekanisme Inkaso Dilakukan Antar Cabang Bank Sendiri

Mekanisme yang terakhir ini merupakan salah satu mekanisme yang bisa dibilang lebih mudah. Mengapa disebut lebih mudah? Karena dalam layanan mekanisme ini sama-sama melibatkan satu bank induk yang sama. Hanya saja letak bank tersebut berbeda lokasi ataupun berbeda cabang.

Baca Juga: 10 Ilmu Ekonomi Yang Wajib Anda Tahu Jika Anda Sebagai Pengusaha

custom-form-newsletter

Itulah di atas pembahasan mengenai pengertian inkaso lengkap dan juga mekanisme sampai contoh dari inkaso sendiri.

Jadi dengan penjelasan di atas sekarang Anda sudah bisa membedakan jenis transaksi perbankan seperti apa yang termasuk dalam golongan inkaso. Maka Anda tidak perlu bingung lagi dengan istilah perbankan yang satu ini.

Jenis inkaso ini juga sebenarnya sangat membantu Anda. Sebab dengan adanya layanan jasa dari bank jenis ini maka masalah tagihan antarkota bisa segera terselesaikan.

Inkaso ini juga ditunjuk untuk melakukan penyelesaian tagihan pada seseorang atau suatu badan atau institusi yang berada di luar kota. Tentu dengan cara penagihan seperti ini akan menjadi lebih efektif untuk dilakukan. Selain itu cara penagihan seperti ini juga lebih bersifat efisien.

Dalam hal ini Anda sebagai pebisnis juga harus mengetahui mengenai pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam laporan keuangan Anda.

Dalam informasi akuntansi, pembukuan akuntansi keuangan dan akuntansi perbankan memiliki persamaan dari segi pengelolaan.

Maka sangat penting bagi Anda untuk memiliki software akuntansi. Salah satu software yang dapat membantu Anda dalam melakukan pembukuan adalah software akuntansi Harmony.

Harmony merupakan software akuntansi online yang telah membantu ribuan UMKM untuk mendapatkan laporan keuangan yang teratur setiap harinya.

Dengan fitur sistem integrasi dengan pihak bank secara lengkap dan mudah dipahami Anda dapat melakukan pembukuan walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun.

Lalu tunggu apa lagi? Dapatkan sistem pembukuan Harmony sebagai sebuah solusi untuk kemudahan pengelolaan keuangan bisnis Anda secara Gratis 30 Hari di sini.

Jika Anda adalah pebisnis yang sibuk, maka Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi Harmony dengan harga terjangkau.

Kunjungi sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya? sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linkedin Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/