Harmony Blog

Menerapkan Customer Focus, Strategi Agar Pelayanan Bisnis Anda Maksimal

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Tentunya dalam customer service, pelanggan adalah kunci sukses produsen. Agar berhasil memenangkan hati konsumen, Anda harus menggunakan customer focus.

Kesuksesan sebuah organisasi tergantung dari sebaik apa perusahaan tersebut melayani pelanggan mereka. Tanpa pelanggan, tentu saja Anda atau perusahaan lainnya tidak akan memiliki tim sales dan keuntungan, atau bahkan tidak akan ada bisnis sama sekali.

Pendekatan customer focus memberikan nilai lebih pada bisnis Anda dan dapat meningkatkan level kepuasan serta mendapatkan keuntungan dari pelanggan Anda.

Maka dari itu, Anda sebagai pebisnis harus menjadikan pelanggan sebagai prioritas. Banyak perusahaan saat ini menerapkan budaya customer focus. Mungkin hal ini masih terdengar asing. Tujuan customer focus ini dinilai dapat meningkatkan level kepuasan pelanggan.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai customer focus, berikut dalam artikel ini akan di bahas mengenai apa itu customer focus, bagiamana cara menerapkannya, dan apa saja strategi yang harus dilakukan customer focus.

Apa itu Customer Focus?

Customer focus adalah orientasi dari rangkaian pelayanan yang dikhususkan bagi para pelanggan. Dalam penerapannya, pelayanan tersebut terdiri dari berbagai rangkaian yang harus dilalui dan dijalankan sesuai dengan SOP yang ada. Jenis customer focus juga merupakan bagian dari suksesnya sebuah bisnis.

Customer focus lebih menyadari kebutuhan yang paling diperlukan oleh pelanggan. Sehingga kebutuhan dan keinginan tersebutlah yang akan menjadi poin dan perhatian untuk menentukan kebijakan perusahaan untuk selanjutnya dikembangkan dengan maksimal.

Sehingga pemilik bisnis juga bisa lebih mengetahui bagian mana yang perlu difokuskan agar bisnis lebih berkembang.

Namun di setiap pelanggan dan bisnis tentu memiliki jenis strategi customer focus yang berbeda-beda satu sama lain. Sebab setiap masing-masing keadaan tidak bisa disamakan karena karakter dan juga tipe bisnis yang dijalankan berbeda satu sama lain.

Banyak strategi yang dapat digunakan untuk menjadikan customer sebagai prioritas tertentu. Namun untuk melakukan hal tersebut Anda harus dapat memperhatikan feedback dari setiap pelanggan tersebut.  Dengan budaya tersebut bisa dipastikan bahwa keberhasilan bisnis bisa dicapai dengan maksimal tanpa harus membutuhkan banyak waktu maupun sumber daya.

Baca Juga: Pengertian Studi Kelayakan Usaha dan Tahapan Penerapannya

Strategi Membangun Customer Focus

Penting memahami customer focus agar bisa menerapkan nilai dan tujuan suatu perusahaan. Namun untuk membangun customer focus yang lebih efektif, berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan:

• Memperkuat Kerjasama

Ketika orientasi perusahaan berada pada pelanggan, maka kerjasama akan terjadi dengan mudah. Pelanggan yang ingin memenuhi kebutuhannya dan mendengarkan pendapat atau solusi dari perusahaan maka akan membantu perusahaan menghasilkan produk yang sesuai dengan target pasar dan kebutuhan pelanggan yang sebenarnya.

Dengan begini, kerja sama antar tim penjualan dan produksi akan terjalin dan bisa membuat produk yang sesuai dengan harapan pasar. Penjualan juga semakin meningkat ketika produk yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pasar.

• Berikan Kesempatan Pelanggan Untuk Bicara

Strategi customer focus ialah membuat perusahaan lebih fokus terhadap pelanggan. Sebab pelanggan adalah prioritas yang penting bagi perusahaan.

Melakukan penanganan pelanggan yang baik dan professional akan memberikan dampak yang bagus untuk perusahaan. Dengan pelanggan yang merasa didengar dan dipedulikan, mereka akan lebih percaya kepada perusahaan dan produk-produk Anda.

• Mendengar Kritik dan Saran dari Pelanggan

Anda sebagai pemilik bisnis, mungkin lebih tahu tentang produk Anda dan bagaimana cara kerjanya. Tetapi pelanggan Anda yang paling paham apakah produk Anda benar-benar bisa bermanfaat saat digunakan atau tidak. Maka inilah pentingnya Anda harus mendengar setiap kritik dan saran dari pelanggan.

• Gunakan Media Sosial

Lakukan strategi yang membuat pelanggan Anda mudah untuk menghubungi Anda. Banyak cara yang dapat Anda lakukan, tidak hanya memberikan email dan nomor telepon.

Anda juga dapat menambahkan akun media sosial bahkan menambahkan nomor whatsapp untuk memudahkan pelanggan menghubungi Anda.

Hal ini juga membuktikan bahwa Anda peduli dengan pelanggan Anda. Sebab mengingat teknologi semakin kompleks, hampir semua orang memahami penggunaan media sosial.

• Gunakan data

Menjadi customer focus tentu akan memungkinkan Anda mendapatkan banyak data dari pelanggan. Baik itu data mengenai kritik maupun saran, atau keluhan dari setiap pelanggan.

Semua data yang Anda dapat tentunya bisa Anda proses dengan benar dan membantu Anda meningkatkan hasil berikutnya.

Setiap analisis data pelanggan akan membantu Anda lebih memahami kebutuhan ataupun keinginan setiap pelanggan Anda.

Oleh karena itu, Anda akan lebih mudah menghasilkan produk yang lebih bertarget di pasar sasaran.  Ini lebih baik daripada mengirim ratusan email pemasaran yang mungkin saja tidak ditanggapi oleh pelanggan atau dapat mengganggu pelanggan.

Baca Juga : Bisnis Model Cloud yang Memudahkan UKM Bertahan Ditengah Ekonomi Sulit

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Peran Customer Focus Pada Bisnis

Adapun peran dari customer focus dalam bisnis yaitu:

a) Meningkatkan Pendapatan

Retensi pelanggan penting untuk meningkatkan pendapatan. Hal ini tentu lebih efisien daripada menarik pelanggan baru. Dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pelanggan tentu merupakan salah satu cara untuk membangun loyalitas pelanggan.

b) Dapat Mempertahankan Pelanggan

Tentu dalam setiap kesulitan perekonomian pasti akan terjadi, baik dalam bisnis maupun pada setiap pelanggan. Ditengah kesulitan seperti ini, Anda sebagai customer focus tentu harus dapat menarik setiap hati pelanggan, baik dalam bentuk pelayanan ataupun ketersediaan barang.

Sebab pelanggan yang tidak merasa dihargai cenderung tidak akan tetap setia pada suatu merek atau bisnis.

Tentu jika dalam keadaan seperti ini, setiap pelanggan akan mencari harga terbaik dari setiap produk yang mereka butuhkan.

Namun ada juga kemungkinan besar berlaku pada pelanggan setia Anda yang benar-benar bersedia membayar lebih untuk suatu produk atau layanan jika mereka tahu bahwa penyedia akan secara konsisten memberikan layanan yang luar biasa.

c) Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Seorang customer focus adalah garda utama dari bisnis Anda karena berhubungan langsung dengan konsumen. Ketika ada komplain atau keluhan tentu orang pertama yang dituju oleh konsumen adalah customer focus.

Maka dari itu seorang customer focus berperan untuk bisa mencari solusi dan titik tengah antara masalah konsumen dan bisnis Anda.

Seberapa besarnya komplain dari konsumen, Anda harus tetap bisa melayani dengan baik dan tidak ikut terbawa emosi. Ini sangat penting agar citra dari toko Anda tidak jatuh.

Kata kunci dalam memberikan kepuasan pelanggan adalah tidak berhenti berinovasi, karena dengan selalu berinovasi Anda akan bisa membangun customer focus yang bisa membuat usaha Anda menjadi sukses.

Selain inovasi dalam pemasaran, hal penting yang harus dilakukan agar bisnis menjadi sukses adalah dengan mengelola keuangan usaha dengan baik. Agar bisa mempunyai laporan keuangan yang cepat dan mudah, gunakanlah software akuntansi dalam pembukuan usaha Anda.

Harmony adalah software akuntansi online yang sangat praktis digunakan oleh siapapun termasuk bagi Anda yang tidak memiliki background akuntansi.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam melihat dan menganalisa kondisi keuangan usaha Anda. Harmony sudah dipercaya oleh ribuan pemilik bisnis dalam mengelola keuangan usaha mereka. Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar disini.

Jika Anda adalah pebisnis yang sibuk, maka Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi Harmony dengan harga terjangkau.

Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK