Menerapkan strategi positioning untuk meluncurkan brand bisnis yang sukses membutuhkan tips dan trik jitu. Jika hanya dijalankan tanpa arah, mustahil strategi pemasaran produk atau brand positioning bisa berhasil sesuai harapan. Yang perlu diingat, pintar-pintar untuk menempatkan produk di tengah masyarakat atau brand positioningnya.
Sebagus apapun produk barang atau jasa, tetapi tidak diikuti rencana strategis yang matang, akan cepat menghilang dari pasaran karena kalah bersaing. Lalu, apa sebenarnya brand positioning? Dan bagaimana tips agar bisa menerapkan brand positioning yang membawa keberhasilan bagi bisnis? Baca terus untuk mengungkap jawabannya.
Table of Contents
Positioning merek atau brand positioning adalah salah satu strategi pemasaran untuk menciptakan rencana produk yang sukses dijual. Atau setidaknya, dengan positioning merek yang tepat atau brand positioning, maka konsumen lebih gampang mengingat produk ketimbang kompetitor.
Di tengah jutaan merek lainnya yang terpajang di rak toko, konsumen akan memilih merek Anda, karena produk Anda memiliki brand positioning atau positioning merek yang bagus dan lebih mudah diingat konsumen.
Jangan pernah menganggap brand positioning hal sepele. Sebab, ada banyak contoh merek yang gagal di pasaran karena tidak mampu menerapkan positioning merek dengan efektif. Berikut ini tips-tips agar bisnis Anda mampu menerapkan brand positioning adalah:
Bagaimana konsumen dan masyarakat luas menyebut nama merek Anda? Itulah yang perlu dipikirkan dalam tips brand positioning brand yang pertama ini. Nama merek menggunakan istilah asing, sah-sah saja. Yang terpenting, mudah diingat, mudah diucapkan, dan bersifat brandable.
Usahakan agar nama merek mengandung makna yang positif dan masih relevan dengan filosofis bisnis Anda. Anda bisa menggunakan jasa naming brand yang ada untuk membantu Anda menemukan nama-nama merek yang cocok.
Jarang disadari, kemasan produk juga menciptakan komunikasi non verbal antara bisnis Anda dengan konsumen. Warna, gambar, logo, serta pemilihan font atau bentuk kemasan akan mewakili perusahaan Anda dalam memikat hati konsumen.
Tak heran, ada sejumlah perusahaan yang merilis kemasan produk unik dan bisa didaur-ulang. Jadi, setelah produk digunakan, kemasan masih bisa digunakan sebagai benda bermanfaat. Contohnya, ada merek pakaian yang membuat kemasan paket baju unik dan bisa dijadikan hanger/ gantungan baju.
Strategi positioning merek selanjutnya adalah menentukan harga pokok. Sebab, dari harga pokok dapat ditentukan berapa harga jual dan margin atau keuntungan yang didapatkan. Sebagian besar konsumen memang mendambakan harga produk yang murah, namun berkualitas.
Tapi, jangan keliru! Sebab, ada juga sebagian konsumen tidak mempermasalahkan harga mahal sedikit. Yang penting, kualitas produknya tahan lama untuk dipakai bertahun-tahun. Contohnya, produk tas atau sepatu, dll.
[elementor-template id="26379"]
Pertimbangkan pula mengenai fungsi dan manfaat produk sebagai strategi positioning merek berikutnya. Pasalnya, meskipun menjual produk yang sama, belum tentu menawarkan fungsi atau manfaat serupa. Sebagai contoh, produk sabun A dan sabun B, mungkin sama-sama berada di kategori sabun perawatan kecantikan.
Akan tetapi, produk sabun A menawarkan fungsi untuk menghilangkan bekas jerawat dan mengempiskan jerawat. Sementara, produk B adalah jenis sabun yang menghadirkan sensasi aroma terapi dan menghilangkan stres. Dengan manfaat berbeda, maka bisa menempatkan merek atau brand positioning di pasar yang tepat.
Sudah siap menerapkan tips-tips brand positioning di atas? Mudah-mudahan bisnis Anda semakin lancar dan strategi positioning yang dijalankan berjalan sukses ya. Ketika bisnis Anda berjalan semakin lancar dan tumbuh, tak jarang tim finance yang bertugas mengelola pembukuan dan laporan keuangan merasa kewalahan. Sehingga, produktivitasnya menurun. Jangan biarkan hal ini terjadi.
Pakai Software Akuntansi Harmony untuk mendukung dan mempermudah aktivitas pembukuan bisnis Anda. Fitur akuntansi dari aplikasi Harmony didukung teknologi Cloud yang real-time.
Termasuk pengelolaan rekonsiliasi bank otomatis, pencatatan pengeluaran-pemasukan, hingga pengelolaan inventori. Tak cukup itu, di aplikasi Harmony tersedia lebih dari 20 jenis laporan keuangan instan, yang siap pakai kapan saja.
Semua kemudahan ini bisa Anda peroleh di satu platform, hanya perlu beberapa klik saja. Mudah dan praktis, kan? Yuk, coba aplikasi Harmony GRATIS 30 hari melalui tautan ini.
Info lebih lanjut tentang fitur-fitur aplikasi Harmony, follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn sekarang.