Harmony » Blog » 

Tips Menerapkan Brand Positioning dalam Bisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 1, 2021

Menerapkan strategi positioning untuk meluncurkan brand bisnis yang sukses membutuhkan tips dan trik jitu. Jika hanya dijalankan tanpa arah, mustahil strategi pemasaran produk atau brand positioning bisa berhasil sesuai harapan. Yang perlu diingat, pintar-pintar untuk menempatkan produk di tengah masyarakat atau brand positioningnya.

Positioning merek atau brand positioning adalah salah satu strategi pemasaran untuk menciptakan rencana produk yang sukses dijual.Click to Tweet

Sebagus apapun produk barang atau jasa, tetapi tidak diikuti rencana strategis yang matang, akan cepat menghilang dari pasaran karena kalah bersaing. Lalu, apa sebenarnya brand positioning? Dan bagaimana tips agar bisa menerapkan brand positioning yang membawa keberhasilan bagi bisnis? Baca terus untuk mengungkap jawabannya.

Apa Itu Brand Positioning?

Positioning merek atau brand positioning adalah salah satu strategi pemasaran untuk menciptakan rencana produk yang sukses dijual. Atau setidaknya, dengan positioning merek yang tepat atau brand positioning, maka konsumen lebih gampang mengingat produk ketimbang kompetitor.

Di tengah jutaan merek lainnya yang terpajang di rak toko, konsumen akan memilih merek Anda, karena produk Anda memiliki brand positioning atau positioning merek yang bagus dan lebih mudah diingat konsumen.

Tips Menerapkan Brand Positioning Dalam Bisnis

Jangan pernah menganggap brand positioning hal sepele. Sebab, ada banyak contoh merek yang gagal di pasaran karena tidak mampu menerapkan positioning merek dengan efektif. Berikut ini tips-tips agar bisnis Anda mampu menerapkan brand positioning adalah:

  1. Menciptakan Nama Brand

    Bagaimana konsumen dan masyarakat luas menyebut nama merek Anda? Itulah yang perlu dipikirkan dalam tips brand positioning brand yang pertama ini. Nama merek menggunakan istilah asing, sah-sah saja. Yang terpenting, mudah diingat, mudah diucapkan, dan bersifat brandable.

    Branding

    Usahakan agar nama merek mengandung makna yang positif dan masih relevan dengan filosofis bisnis Anda. Anda bisa menggunakan jasa naming brand yang ada untuk membantu Anda menemukan nama-nama merek yang cocok.

  2. Kemasan Produk

    Jarang disadari, kemasan produk juga menciptakan komunikasi non verbal antara bisnis Anda dengan konsumen. Warna, gambar, logo, serta pemilihan font atau bentuk kemasan akan mewakili perusahaan Anda dalam memikat hati konsumen.

    Tak heran, ada sejumlah perusahaan yang merilis kemasan produk unik dan bisa didaur-ulang. Jadi, setelah produk digunakan, kemasan masih bisa digunakan sebagai benda bermanfaat. Contohnya, ada merek pakaian yang membuat kemasan paket baju unik dan bisa dijadikan hanger/ gantungan baju.

  3. Menentukan Harga Pokok

    Strategi positioning merek selanjutnya adalah menentukan harga pokok. Sebab, dari harga pokok dapat ditentukan berapa harga jual dan margin atau keuntungan yang didapatkan. Sebagian besar konsumen memang mendambakan harga produk yang murah, namun berkualitas.

    Tapi, jangan keliru! Sebab, ada juga sebagian konsumen tidak mempermasalahkan harga mahal sedikit. Yang penting, kualitas produknya tahan lama untuk dipakai bertahun-tahun. Contohnya, produk tas atau sepatu, dll.

    [elementor-template id="26379"]

  4. Fungsi Produk

    Pertimbangkan pula mengenai fungsi dan manfaat produk sebagai strategi positioning merek berikutnya. Pasalnya, meskipun menjual produk yang sama, belum tentu menawarkan fungsi atau manfaat serupa. Sebagai contoh, produk sabun A dan sabun B, mungkin sama-sama berada di kategori sabun perawatan kecantikan.

    Akan tetapi, produk sabun A menawarkan fungsi untuk menghilangkan bekas jerawat dan mengempiskan jerawat. Sementara, produk B adalah jenis sabun yang menghadirkan sensasi aroma terapi dan menghilangkan stres. Dengan manfaat berbeda, maka bisa menempatkan merek atau brand positioning di pasar yang tepat.

Sudah siap menerapkan tips-tips brand positioning di atas? Mudah-mudahan bisnis Anda semakin lancar dan strategi positioning yang dijalankan berjalan sukses ya. Ketika bisnis Anda berjalan semakin lancar dan tumbuh, tak jarang tim finance yang bertugas mengelola pembukuan dan laporan keuangan merasa kewalahan. Sehingga, produktivitasnya menurun. Jangan biarkan hal ini terjadi.

Pakai Software Akuntansi Harmony untuk mendukung dan mempermudah aktivitas pembukuan bisnis Anda. Fitur akuntansi dari aplikasi Harmony didukung teknologi Cloud yang real-time.

Termasuk pengelolaan rekonsiliasi bank otomatis, pencatatan pengeluaran-pemasukan, hingga pengelolaan inventori. Tak cukup itu, di aplikasi Harmony tersedia lebih dari 20 jenis laporan keuangan instan, yang siap pakai kapan saja.

Semua kemudahan ini bisa Anda peroleh di satu platform, hanya perlu beberapa klik saja. Mudah dan praktis, kan? Yuk, coba aplikasi Harmony GRATIS 30 hari melalui tautan ini.

Info lebih lanjut tentang fitur-fitur aplikasi Harmony, follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn sekarang.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram