Harmony Blog

Memahami Manajemen Konstruksi, Fungsi dan Tips Penerapannya

Diposting Apr 27th, 2021
13

SHARES

PEMBACA

Manajemen KontruksiPin

Dalam suatu manajemen proyek, manajemen konstruksi memiliki peranan yang sangat krusial. Berhasil atau tidaknya sebuah proyek bergantung pada manajemen proyek konstruksi yang mengelola berbagai sumber daya yang dibutuhkan.

Dalam industri konstruksi, manajemen konstruksi adalah suatu ilmu manajemen yang nantinya dapat memberikan layanan bagi setiap divisi dengan baik dalam menyelesaikan proyek. Untuk itu, simak ulasan mengenai manajemen konstruksi beserta tips penerapannya.

Manajemen konstruksi adalah proses dari penerapan fungsi manajemen yang terukur dan sistematis memanfaatkan efisiensi sumber daya dan waktu.Click to Tweet

Definisi Manajemen Konstruksi

Manajemen konstruksi adalah gabungan ilmu dan seni yang mengarahkan, merencanakan, mengorganisir dan mengontrol proses penyusunan bangunan dengan sumber daya efektif dan efisien. Proyek merupakan suatu usaha mencapai tujuan tertentu didasari oleh sumber daya dan waktu.

Jadi, manajemen proyek konstruksi merupakan proses dari penerapan fungsi manajemen secara terukur dan sistematis yang memanfaatkan sumber daya dan waktu secara efektif. Selain itu, dapat dilengkapi dengan analisis SWOT untuk mengoptimalkan mencapai tujuan.

Fungsi Manajemen Konstruksi

Seperti yang dijelaskan di atas, manajemen konstruksi adalah suatu proyek yang memanfaatkan sumber daya dan waktu dengan menerapkan fungsi manajemen untuk mencapai tujuan manajemen proyek konstruksi. Fungsi-fungsi manajemen proyek antara lain:

Fungsi manajemen kontruksiPin

  1. Planning (perencanaan)

    Karena manajemen proyek bekerja sebagai perencana, maka fungsinya adalah menentukan apa yang harus dikerjakan, bagaimana cara mengerjakan proyek tersebut dan kapan harus memulai mengerjakannya. Manajemen proyek memiliki kewajiban dalam pengambilan keputusan atas pembuatan konstruksi.

  2. Organizing (pengorganisasian)

    Setelah membuat perencanaan, fungsi selanjutnya adalah membentuk organisasi dalam membuat proyek. Disini manajemen konstruksi bertugas untuk mengorganisir beberapa divisi dalam melaksanakan tanggung jawab dan tugas dalam pembuatan proyek.

  3. Actuating (pengarahan)

    Manajemen konstruksi akan melakukan bimbingan, pengarahan motivasi, memberikan pelatihan dan pembinaan lainnya kepada bawahan dalam melakukan tugas yang sudah direncanakan.

  4. Controlling (pengontrolan)

    Pada pengontrolan, manajemen konstruksi akan melakukan pengawasan terhadap kegiatan proyek pada seluruh divisi.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Pengoptimalan Penjadwalan Proyek Konstruksi

 Tentunya Anda harus menyelesaikan proyek tepat waktu karena jika tidak, maka akan memakan banyak biaya dan menempatkan tim Anda di bawah tekanan. Inilah alasan mengapa proyek konstruksi memerlukan solusi digital dalam memberikan visibilitas lengkap pada seluruh proses.

Berikut 4 komponen dasar penjadwalan manajemen konstruksi:

  1. Alokasi Tugas dan Tanggung Jawab Secara Real-Time

    Membuat, menetapkan hingga memprioritaskan tugas dan tanggung jawab secara real-time dalam pengembangan proyek itu sangat penting. Alhasil, Anda bisa memastikan semua masalah dapat diselesaikan dengan tepat waktu serta menghindari pemborosan.

  2. Pemantauan Kegiatan Perkembangan Secara Online

    Di era modern saat ini, industri konstruksi semakin maju dan melakukan penjadwalan adalah bagian penting manajemen proyek. Dengan memantau perkembangan secara real-time dan online maka akan membantu Anda dalam mempercepat kemajuan proyek serta memperpendek siklus.

  3. Membagi Jadwal Kepada Bawahan

    Setelah memberi tugas dan tanggung jawab dari rencana yang sudah ditetapkan, Anda perlu mengkomunikasikan semua hal tersebut pada karyawan Anda. Anda dapat melakukannya dengan software sehingga dalam mengkoordinasikan untuk langkah selanjutnya bisa lebih mudah dan cepat.

  4. Komunikasi Via Mobile Dengan Subkontraktor

    Masalah yang sering terjadi dalam proses manajemen konstruksi adalah kurangnya kepercayaan dalam seluruh divisi. Akibatnya sub kontraktor harus menunda tugas karena takut subkontraktor sebelumnya tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen proyek ini sangat penting dalam suatu proyek konstruksi. Untuk menunjang kegiatan manajemen konstruksi Anda memerlukan software akuntansi seperti Harmony yang dapat membantu proses alokasi dana. Sehingga, manajemen proyek bisa semakin efisien biaya dan tidak ada lagi yang namanya pemborosan akibat kesalahan pencatatan anggaran.

Software Akuntansi Harmony mendukung kelancaran proses pembukuan yang lebih modern, rapi, dan sistematis. Fitur dan modul akuntansinya menyederhanakan tugas tim keuangan dan semakin meningkatkan kinerja perusahaan. Masih ragu? Ayo, pakai GRATIS Software Akuntansi Harmony selama 30 Hari dengan daftar di sini untuk membuktikan sendiri keunggulannya.

Kami juga hadir di media sosial Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info spesial dan terupdate lainnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony