Harmony Blog

Memahami Akun Modal (Capital Account) dan Contoh Mencatatnya

Diposting Apr 6th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Akun ModalPin

Sebagai pebisnis Anda mungkin sudah mengetahui istilah akun modal bukan? Nah, adanya akun modal ini tidak hanya mendukung kegiatan operasional bisnis saja tetapi juga sebagai gambaran atas kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan.

Tidak menutup kemungkinan sebagai pebisnis Anda juga tidak terlalu memahami apa itu istilah capital account atau akun modal. Dengan demikian istilah capital account adalah sebuah neraca yang mencatat aliran dana atau pendapatan dari modal maupun investasi.

Mengenal akun modal atau capital account adalah dua sudut pandang yang berbeda yaitu sisi makro ekonomi dan akuntansi perusahaan.Click to Tweet

Sedangkan dalam akuntansi capital account atau akun modal merupakan bagian dari current account, dimana current account adalah suatu neraca yang mencatat seluruh transaksi atas aktivitas ekonominya.

Sebagai kesimpulan bahwa capital account dan current account adalah pencatatan yang berdasarkan basis kas, agar nantinya pendapatan atau biaya tersebut harus dicatatat atau diakui sebagaimana terjadinya transaksi.

Mengenal Definisi Akun Modal (Capital Account)

Sesuai dengan namanya arti akun modal atau capital account adalah sebuah aset dan uang tunai yang diperoleh perusahaan, biasanya modal ini juga bisa berupa peralatan, piutang, bangunan dan tanah.

Definisi akun modalPin

Selain itu adanya modal ini juga memberikan suatu gambaran tentang kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, atau mengetahui besarnya investasi yang dimiliki.

Namun secara definisi apa itu capital account adalah dua sudut pandang yang berbeda antara penjelasan akuntansi perusahaan dengan sisi makro ekonomi internasional.

Nah, karena neraca modal sangat berkaitan dengan perdagangan suatu usaha atau disebut sebagai neraca perdagangan. Maka diketahui bahwa neraca perdagangan ternyata memiliki dua jenis yaitu capital account dan current account.

Secara umum definisi current account adalah sebuah neraca yang terjadi atas transaksi yang berjalan dan biasanya meliputi dagang barang atau jasa.

Apa Perbedaan Pencatatan Akun Modal Dalam Makro Dengan Akuntansi?

Dalam makro untuk mencatat transaksi dalam akun modal yaitu meliputi transaksi ekspor-impor barang, modal, layayan dan transfer pembayaran hingga pengiriman uang dari luar negeri.

Namun dalam akuntansi perusahaan akun modal digunakan untuk menunjukkan kekayaan bersih dalam suatu perusahaan, atau dikenal sebagai ekuitas pemilik atau pemegang saham.

Dibandingkan makro akun modal pada akuntansi dicatat dalam akun buku besar ditambah dengan kode akun yang digunakan untuk mencatat transaksi masuknya modal serta laba ditahan oleh pemilik.

Jumlah modal itu sendiri juga berdasarkan kumulatif atas pendapatan dari perusahaan sejak perusahaan tersebut berdiri, dan kemudian akan dikurangi dividen kumulatif untuk membayar para pemegang saham.

Dalam necara perusahaan, ekuitas ini akan terbagi menjadi saham biasa, saham preferen, laba ditahan, modal disetor, dan saham treasury yang harus sesuai berdasarkan kode akunnya.

Dengan kata lain, dalam akun modal atau capital account akan menunjukkan bahwa nilai perusahaan yang diterima, juga berdasarkan berapa banyaknya hutang yang dimiliki oleh perusahaan kepada pemegang saham.

Apa Saja Ciri-Ciri Pebisnis Memiliki Akun Modal?

Untuk mengenal lebih dalam akun modal dalam perusahaan, adapun ciri-cirinya yang termasuk yaitu:

  1. Dalam menyusun akun modal pebisnis ini tergantung pada jenis bidang usahanya yang ditekuni, karena jika bisnis tersebut hanya memiliki pemilik tunggal 100% dari kepemilikan. Maka dalam akun modal tersebut akan tercatat dan terlampir pada neraca bisnis sebagai “[nama pemilik]” akun modal.
  2. Selain itu sebagai pebisnis yang memiliki partnership, kemitraan dan anggota pun juga memiliki modalnya. Karena mitra tersebut ikut berkontribusi dalam memberikan modal ke perusahaan tersebut, ketika pertama kali perusahaan berdiri dan berinvetasi.
  3. Untuk struktur kepemilikannya juga dibagi dengan keuntungan serta kerugiannya, sehingga biasa perjanjian ini ditentukan berdasarkan besaran modal yang ditanamkan oleh mitra bisnis.
  4. Apabila pemegang saham tersebut memiliki jumlah saham pemilik, maka para pemegang saham tersebut akan mendapatkan dividen dan hak suara sesuai dengan saham yang di investasikan.

Baca Juga: Perbedaan Kas Kecil Dan Kas Besar Dalam Perusahaan

Akun Modal Apa Saja Yang Masuk Dan Keluar Dari Pemilik Bisnis?

Sebagai pebisnis tentu akan memiliki modal dan menampilkan neraca sebagai akun ekuitasnya, maka dari itu adapun modal yang ditambah serta dikurangi adalah:

Apa saja akun modalPin

  • Ketika modal bertambah dikarenakan adanya kepemilikan bisnis pada mitra baru bergabung dengan perusahaan maupun dengan mulainya berdiri perusahaan. Sehingga modal ini biasanya juga disebut kontribusi yang dimasa mendatang akan diputuskan oleh pemilik.
  • Jika modal tersebut bertambah ataupun berkurang di setiap akhir tahun keuangan dan fiskal, maka hal ini memang harus diperlihatkan bagian pemilik pribadi atas pendapatan bersihnya yang dihasilkan baik itu kerugian atau tidak.
  • Untuk modal yang diambil pemilik dan digunakan kepentingan pribadi disebut sebagai prive, dimana berkurang dari setiap kegiatan ataupun distribusi perusahaan.
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Contoh Mencatat Akun Modal?

Dalam mencatat laporan modal ini juga berdasarkan akun buku besar serta kode akunnya, setelah itu akan dilanjutkan pencatatan perubahan modal dibawah ini yaitu:

Contoh mencatat akun modalPin

Itulah penjelasan mengenai apa itu akun modal serta ciri-cirinya sehingga bisa Anda terapkan ke dalam perusahaan, melalui modal inilah perusahaan dapat terbantu dan juga bisa meningkatkan pemasaran produknya.

Namun apabila Anda sudah meraih modal maka jangan lupa untuk selalu mencatat transaksi laporan keuangan bisnis Anda. Karena pembukuan inilah yang sangat penting, apalagi para investor pun ingin mengetahui arus kas masuk dan keluar melalui tagihan laporan keuangan Anda.

Untuk itu Jika Anda ingin memiliki pencatatan laporan keuangan yang otomatis dan real time serta tidak memiliki kesahalan input dari segala jenis transaksi secara sistematis. Maka cobalah untuk memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih teknologi Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Jangan sampai Anda dipusingkan oleh pencatatan pembukuan yang berantakan di bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan Harmony Gratis 30 Hari dengan membuat akun di sini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui FacebookInstagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony