7 Strategi Marketing Mix yang Dapat Anda Terapkan dalam Bisnis Anda
Harmony Blog
Marketing
7 Strategi Marketing Mix yang Dapat Anda Terapkan dalam Bisnis Anda
February 20, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Dalam bisnis kita mengenal istilah bauran pemasaran atau lebih dikenal dengan marketing mix. Istilah ini merupakan strategi pemasaran yang bisa membantu menentukan kesuksesan perusahaan dalam mengejar keuntungan secara maksimal. Pada dasarnya ada  4 strategi dalam marketing mix yang dikenal dengan nama 4P yaitu product, place, price dan promotion.

Namun, 4 strategi ini terkesan hanya berorientasi pada produk saja. Padahal marketing sendiri memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan produk saja. Untuk itulah saat ini kita juga mengenal  strategi 7P yang terdiri dari product, place, price, promotion, people, process dan physical evidence.

Nah, kali ini kita akan membahas 7P sebagai strategi marketing mix yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda:

1. Product (Produk)

Produk adalah semua jenis barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, ditawarkan ke konsumen dan bisa digunakan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Apapun bisnis Anda, strategi P yang pertama ini harus ada dengan kondisi yang unik, berkualitas dan sesuai dengan ekspektasi pasar. Anda harus mampu menciptakan produk yang memang dibutuhkan dan mampu memuaskan konsumen.

2. Price (Harga)

Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk mendapatkan produk Anda. Dalam strategi ini, Anda harus bisa membuat konsumen merasa pengeluarannya sesuai dengan produk yang diperoleh. Kesalahan dalam penentuan harga bisa membuat bisnis Anda goyah lho.

3. Place (Tempat)

Strategi ketiga ini terkait dengan lokasi usaha. Semakin strategis lokasi, maka semakin besar pula potensi keuntungan yang diperoleh. Lokasi yang mudah diakses membuat transaksi jual beli berjalan lebih efisien dan efektif.

4. Promotion (Promosi)

Promosi menjadi bagian penting dalam marketing mix. Dalam strategi ini, Anda harus mampu mengidentifikasi dan menarik consumen baru, mengenalkan produk, meningkatkan jumlah konsumen, menginformasikan peningkatan kualitas produk, mengajak konsumen untuk mengunjungi lokasi penjualan hingga memotivasi dan mengedukasi konsumen untuk membeli produk. Promosi yang baik dan benar akan membuat bisnis Anda lebih sukses.

5. People (Orang)

Sumber daya manusia menjadi elemen yang sangat penting dalam suatu bisnis. Ini juga berlaku dalam marketing mix. Setiap perusahaan harus mampu mendapatkan SDM terbaik. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih SDM adalah tingkat keloyalan, kinerja, dan juga attitude. Pemilihan SDM yang tidak benar bisa membuat konsumen kecewa dengan pelayanan perusahaan.

6. Process (Proses)

Strategi ke-6 ini mencakup bagaimana cara perusahaan dalam melayani setiap konsumen. Mulai dari tahap pemesanan hingga konsumen mendapatkan produkya. Setiap perusahaan tentu memiliki “proses” atau cara pelayanan berbeda sesuai dengan target dan produk yang dihasilkan. Anda bisa mencoba cara pelayanan yang unik atau berbeda untuk menarik konsumen.

7. Physical Evidence (Bentuk atau Tampilan Fisik)

Tampilan fisik kantor, lokasi usaha atau tempat penjualan menjadi salah satu faktor penting dalam pemasaran. Semakin nyaman konsumen, maka semakin positif pula kesan mereka terhadap produk atau perusahaan. Ciptakan suasana yang menyenangkan, bersahabat dan nyaman agar konsumen merasa lebih rileks.

Anda dapat menerapkan strategi marketing mix dengan baik jika diiringi dengan pengelolaan keuangan yang optimal. Penggunaan software akuntansi seperti Harmony tentunya akan membuat Anda lebih fokus dalam pemasaran dan pelayanan terhadap konsumen. Kabar baiknya, Anda bisa mencoba software akuntansi ini secara Gratis 30 Hari di sini lho.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/