Harmony » Blog » 

Manfaatkan Strategi Inovasi Untuk Tetap Bertahan Di Era Digital

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 7, 2021

Pebisnis, sudahkah Anda menyiapkan strategi yang matang untuk bertahan di era digital seperti ini? Mungkin, perlu dipikirkan untuk mencoba strategi inovasi sebagai solusinya.

Kini sudah banyak perubahan yang terjadi, bahkan yang tidak pernah terbayangkan sekalipun. Maka, strategi inovasi marketing adalah sebuah strategi yang dirasa tepat untuk mempertahankan bisnis Anda.

Produk yang mengalami inovasi akan lebih mendapatkan apresiasi dari konsumen sehingga dapat menggaet lebih banyak pelanggan.Click to Tweet

Secara tanggap dan cepat dalam melakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan adalah salah satu strategi bisnis yang bisa digunakan saat kondisi penjualan menurun.

Contoh inovasi yang bisa dilakukan misalnya menambahkan produk baru atau meningkatkan layanan produk dengan fitur digital yang lebih canggih. Namun Anda juga harus melakukan studi kelayakan usaha dan evaluasi penelitian bisnis dengan memperhatikan perilaku konsumen.

Memahami Strategi Inovasi

Pengertian strategi inovasi merupakan sebuah bentuk dari perkembangan strategi untuk kategori jasa, model bisnis baru atau produk yang akan merubah pasar dan memberi nilai baru bagi pengguna.

Hasil dari strategi inovasi sendiri akan sangat bernilai bagi organisasi karena akan memaksimalkan manfaat potensial. Pengertian strategi inovasi lainnya adalah sebagai hal yang dapat mendeskripsikan masa depan perusahaan.

Pengertian Strategi Inovasi

Seperti yang dijelaskan di atas salah satu contoh inovasi adalah melakukan inovasi produk yang mutlak diperlukan untuk dikembangkan sehingga dapat memberikan berbagai manfaat dan dampak positif yang akan dirasakan oleh perusahaan.

Produk yang mengalami inovasi akan lebih mendapatkan apresiasi dari konsumen sehingga dapat menggaet lebih banyak pelanggan dan meningkatkan keuntungan perusahaan.

Inovasi produk dapat dilakukan dengan meningkatkan, mengembangkan dan memperbaiki produk yang telah diproduksi selama ini. Contoh inovasi produk ini tidak hanya bentuk barang, namun juga peningkatan layanan pelanggan.

Anda bisa memanfaatkan teknologi misalnya media sosial untuk memfasilitasi marketing dan promosi produk Anda. Ini adalah bagian dari strategi inovasi yang bisa Anda gunakan di tengah pandemi saat ini.

Hal ini dikarenakan strategi inovasi harus tepat dengan waktu di mana itu dikembangkan sehingga tidak ada kesenjangan yang harus diisi.

Baca Juga: Research Gap: Metode Evaluasi Penelitian Yang Dapat Anda Terapkan Dalam Bisnis

Tujuan Strategi Inovasi

Berikut ini adapun beberapa tujuan strategi inovasi yang bisa Anda terapkan yaitu:

  1. Meningkatkan Kualitas

    Kualitas produk adalah segala-galanya. Oleh karena ini sangat berpengaruh dengan pelanggan Anda langsung, maka Anda harus benar-benar memperhatikan kualitas produk yang perusahaan Anda produksi.

    Seiring dengan waktu yang terus berjalan, barang yang diproduksi akan semakin ketinggalan jaman karena tidak bisa memenuhi apa yang dibutuhkan pelanggan saat ini.

    Baik inovasi melalui tambahan fitur atau menambahkan kemampuan baru, ini akan meningkatkan keunggulan dibanding produk sebelumnya.

    [elementor-template id="26379"]

  2. Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan

    Selain meningkatkan kualitas, tujuan strategi inovasi dilakukan adalah untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan dari pelanggan. Pelanggan akan menuntut pelaku usaha untuk memperbaiki produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan guna memenuhi kebutuhan pelanggan.

    Tuntutan inilah yang memaksa pelaku usaha untuk melakukan inovasi pada produk atau jasa. Dengan memenuhi kebutuhan yang pelanggan perlukan, ini akan menggiring semakin banyak pelanggan baru yang tertarik dengan produk Anda.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai strategi inovasi. Sebagai pelaku usaha, Anda wajib mencoba strategi inovasi ini baik melakukan perubahan kecil pada kualitas atau pemenuhan wish list pelanggan.

Untuk membantu proses pembukuan saat melakukan strategi inovasi, maka Anda membutuhkan software akuntansi Harmony yang siap membantu mengelola keuangan bisnis perusahaan Anda secara real time. Dimana sebagai pengusaha Anda perlu mempersiapkan dan menyajikan laporan keuangan bulanan atau tahunan secara benar untuk kepentingan perusahaan.

Harmony yang dapat dengan mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Gunakan Harmony sekarang juga. Segera daftar FREE Trial Aplikasi Harmony dan nikmati GRATIS 30 hari, klik tautan ini.

Ingin info lebih detail mengenai fitur-fitur aplikasi Harmony, mari follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony sekarang.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram