Harmony Blog

Manfaatkan Relationship Marketing Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Diposting Jun 8th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Relationship MarketingPin

Dalam sebuah relationship tidak hanya berada pada lingkungan keluarga, teman dan lainnya.

Akan tetapi dalam dunia bisnis juga terdapat sebuah relationship atau lebih dikenal dengan istilah relationship marketing.

Relationship marketing merupakan sebuah strategi pemasaran untuk menjaga hubungan baik dengan para konsumennya.Click to Tweet

Relationship marketing adalah suatu proses yang sering digunakan oleh pebisnis untuk menciptakan, mempertahankan dan meningkatkan hubungan yang kuat dengan para pelanggan dan stakeholder lainnya.

Selain itu, bagi Anda pebisnis yang ingin juga menciptakan sebuah pemasaran yang efektif untuk produk Anda, bisa Anda lakukan dengan metode STP.

Sebab metode ini sangat bermanfaat bagi bisnis agar pemasaran lebih efektif dan terkontrol.

Setelah brand Anda sudah dikenal banyak orang, maka langkah selanjutnya adalah membangun relationship kepada pelanggan Anda.

Dengan adanya contoh relationship marketing ini, tentu banyak para pelaku bisnis menyadari bahwa untuk mengembangkan dan mempertahankan suatu bisnis tidak hanya dengan mendapatkan pelanggan yang banyak.

Pemilik bisnis juga harus mengetahui bagaimana caranya memelihara hubungan, mempertahankan pelanggan dan juga membangun relasi jangka panjang pada pelanggan yang mana bertujuan untuk mendatangkan laba pada sebuah bisnis.

Apa Itu Relationship Marketing?

Berdasarkan umumnya relationship marketing adalah salah satu dari jenis pemasaran yang mana hanya berfokus dalam mengembangkan hubungan baik dengan pelanggan.

Dengan membangun hubungan baik dengan pelanggan, maka secara otomatis hal tersebut memberikan rasa puas tersendiri pada pelanggan dalam jangka waktu yang panjang, dan juga dapat meningkatkan brand loyalty perusahaan Anda.

Lalu bagaimana cara pebisnis menerapkan strategi marketing ini? Didapat dari laman resmi marketing school, yang mana mengatakan bahwa relationship marketing justru akan mengaitkan banyak peningkatan pada bidang internal sebuah perusahaan, salah satunya ialah memaksimalkan customer service.

Namun selain itu, Anda juga harus bisa melakukan strategi marketing ini menjadi lebih personal dengan para konsumen, seperti dengan menggunakan personalized ads, email, dan promo.

Membangun sebuah relationship pada bisnis juga memerlukan sebuah komunikasi verbal dan juga komunikasi non verbal.

Dengan adanya sebuah hubungan komunikasi antara pebisnis dengan konsumen juga dapat membangun sebuah hubungan relationship marketing yang baik pada kedua belah pihak.

Apa Tujuan Dari Relationship Marketing?

Adapun tujuan utama dari relationship marketing adalah untuk meningkatkan hubungan yang baik antara pemasar dengan pelanggan dengan cara menjadikan pelanggan yang mana sebelumnya tidak peduli menjadi pelanggan yang sangat loyal pada bisnis Anda.

Namun disisi lain dari tujuan relationship marketing adalah untuk menemukan lifetime value dari setiap pelanggan.

Apa itu relationship marketingPin

Apabila setelah lifetime sudah didapat, maka langkah selanjutnya adalah mengembangkan lifetime tersebut dari masing-masing kelompok pelanggan

Setelah itu, tujuan berikutnya adalah bagaimana menggunakan profit yang sudah diperoleh dari dua tujuan awal agar mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang relatif murah.

Dengan demikian hal ini selaras dengan pernyataan dari chan yang mengatakan bahwa tujuan jangka panjangnya adalah menghasilkan sebuah keuntungan atau profit secara terus menerus dari dua kelompok pelanggan yaitu pelanggan lama dan pelanggan baru.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba

Apa Keunggulan Dari Relationship Marketing?

Adapun beberapa keunggulan yang Anda dapat ketika Anda menerapkan relationship marketing pada bisnis Anda.

Keunggulan dari relationship marketingPin

  1. Lebih Hemat dalam Hal Biaya Pemasaran

    Dalam memperoleh pelanggan baru tentu sangatlah susah. Anda juga harus membutuhkan banyak ide dan juga strategi yang nantinya akan Anda terapkan.

    Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan dana yang jumlahnya juga tidak sedikit untuk melakukan segala strategi yang akan Anda terapkan dalam bisnis Anda.

    Maka dari itu, apabila Anda sudah menemukan pelanggan bisnis Anda. Maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah membangun sebuah relationship marketing pada pelanggan Anda.

    Agar setiap pelanggan tetap nyaman dan selalu melakukan pembelian ulang pada bisnis Anda.

    Selain itu strategi relationship ini juga dapat membuat para pelanggan Anda untuk mempromosikan produk Anda secara cuma-cuma.

    Mereka akan merekomendasikan produk Anda kepada kerabat terdekatnya, sehingga dengan begitu Anda sudah tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran dan periklanan bisnis Anda.

    Sangat menghemat keuangan bisnis Anda bukan? Maka dari itu, mulailah sekarang menerapkan strategi relationship marketing pada setiap pelanggan Anda.

  2. Dapat Memahami Apa Yang Disukai Pelanggan

    Adanya beberapa pelanggan yang selalu setia pada bisnis Anda  itu karena mereka menyukai beberapa aspek yang terdapat dalam bisnis Anda.

    Dengan Anda memiliki sebuah pelanggan tetap, maka hal tersebut bisa membantu Anda dalam memahami lebih jauh apa saja yang mereka sukai.

    Maka dengan hal tersebut tentu Anda bisa terus-menerus mengembangkan berbagai aspek yang mana banyak disukai oleh pelanggan Anda dan hal tersebut harus Anda kebangkan untuk mendapatkan pelanggan lainnya.

  3. Mudah Dalam Mendapatkan Feedback

    Apabila sudah mendapatkan pelanggan setia, tentu mereka tidak akan pelit untuk memberikan saran ataupun feedback pada bisnis Anda. Tentu mereka akan bersedia untuk memberikan saran demi produk atau jasa Anda.

    Dengan begitu tentu Anda mengetahui apa saja yang perlu untuk diperbaiki dan di sisi lainnya pelanggan Anda juga dapat menikmati seluruh produk dan jasa Anda agar bisa terus berkembang.

  4. Menghalangi Terjadinya Kehilangan Pelanggan

    Dengan kehilangan pelanggan itu berarti suatu kondisi dimana para pelanggan Anda berhenti untuk menggunakan produk Anda. Tentu hal tersebut akan menjadi sebuah mimpi buruk bagi setiap perusahaan.

    Maka untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan strategi hubungan pemasaran. Dengan membangun hubungan tersebut, maka Anda tidak akan kehilangan pelanggan Anda dan tentu Anda bisa mendapatkan loyalitas pelanggan yang baik dalam kurun jangka waktu yang panjang.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Konsep Relationship Marketing

Adapun terdapat enam konsep dari relationship marketing yang perlu untuk Anda pahami yaitu:

  • Komitmen dan Pemenuhan Janji

    Agar bisa menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Maka relationship marketing akan lebih berfokus dalam mengupayakan pemeliharaan sikap kepercayaan, komitmen, dan dengan menjaga integrasinya melalui pemenuhan janji atau timbal balik, serta empati di antara kedua belah pihak.

  • Horizon Orientasi Jangka Panjang

    Konsep ini merupakan salah satu ciri utama dari strategi relationship marketing. Dapat dikatakan bahwa keberhasilan relationship marketing ini dapat diukur dari seberapa lamanya pelanggan terjaga dalam hubungan baik dengan perusahaan.

    Selain itu contoh relationship marketing ini juga bisa berkaitan dengan nilai estimasi dan juga nilai hidup setiap konsumen.

  • Dialog Dua Arah

    Agar dapat mencapai sebuah hubungan baik yang mana sesuai dengan apa yang diinginkan, maka diperlukan komunikasi dua arah antara brand dengan konsumen.

  • Nilai Sepanjang Hidup Pelanggan

    Perusahaan perlu untuk mengidentifikasi pelanggan yang mana berpotensi menjalin hubungan jangka panjang dan selanjutnya menghitung nilai hidup pelanggan (Customer Lifetime Value) agar dapat memberikan keuntungan untuk perusahaan.

  • Pangsa Konsumen Bukan Pangsa Pasar

    Relationship marketing tidak lagi berfokus pada pencapaian pangsa pasar, melainkan menjaga dan juga mempertahankan pelanggan.

  • Kustomisasi

    Relationship marketing dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap keinginan ataupun tuntutan dari konsumen, sehingga memungkinkan persedian produk yang sesuai dengan spesifikasi pelanggan.

Itulah penjelasan mengenai relationship marketing, dapat kita lihat dari penjelasan di atas, bahwa relationship marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang sangat memberikan keuntungan untuk para pebisnis.

Dengan mendapatkan laba atau keuntungan yang banyak tentu perusahaan sudah mencapai sebuah tujuan yang diinginkan. Namun, agar bisa memastikan adanya laba atau keuntungan yang baik, maka Anda harus bisa melakukan pencatatan laporan laba rugi dengan baik.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Harmony.

Harmony Accounting Software yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisis, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Yuk, silakan coba GRATIS 30 Hari Aplikasi Harmony, di sini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya.

Jangan lupa untuk sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony