Harmony Blog

5 Manfaat Sistem Informasi Manajemen Untuk Perkembangan Bisnis

Diposting Agu 2nd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Manfaat sistem informasi manajemenPin

Manfaat sistem informasi manajemen yang selaras dengan penerapan ilmu manajemen secara optimal, sangat penting bagi dunia bisnis atau kehidupan sehari-hari. Manajemen perusahaan yang baik merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah perusahaan di tengah perkembangan revolusi industri yang semakin pesat  seperti sekarang ini.

Manfaat sistem informasi manajemen adalah membuat sumber daya manusia semakin produktif karena beberapa pekerjaan sudah dikerjakan otomatis oleh sistem.Click to Tweet

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat pula, perusahaan semakin dipermudah untuk mengelola manfaat sistem informasi manajemen. Salah satunya adalah sistem informasi manajemen yang mampu mengawasi, mengontrol, dan mengolah data dari awal hingga akhir dengan mudah dan cepat.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan antara manusia dengan komputer untuk membantu mengolah informasi yang berhubungan dengan manajemen operasi dan pengambil keputusan dalam sebuah bisnis.

Pengertian sistem informasi manajemenPin

Manfaat sistem informasi manajemen adalah  mengolah data dan menganalisanya untuk ditampilkan dalam bentuk laporan yang mudah dipahami sehingga membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.

Kebanyakan sistem informasi manajemen saat ini berbasis web-base. Sehingga, manfaat sistem informasi manajemen bisa semakin dimaksimalkan karena pebisnis dapat mengakses dimana saja dan kapan saja, selama terkoneksi jaringan internet.

Sebagai tambahan keamanan, user harus menginputkan username dan password untuk bisa masuk dan memperoleh manfaat sistem informasi manajemen tersebut. Data dan informasi yang diinput oleh user akan diolah dan dianalisis oleh sistem dengan rule-rule dengan menggunakan ilmu manajemen seperti halnya analisis SWOT yang sebelumnya dibuat.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Manfaat sistem informasi adalah untuk menampilkan informasi dari hasil pengolahan yang menunjang dalam manajemen bisnis. Sedangkan, manfaat sistem informasi manajemen yaitu agar dapat mengelola data atau informasi yang diperoleh sesuai kebutuhan.

Biasanya, manfaat sistem informasi manajemen akan dimaksimalkan ketika perusahaan akan mengambil keputusan penting. Secara teknis, terdapat beberapa manfaat sistem informasi manajemen yang utama, seperti untuk mengumpulkan data, untuk mengolah data, dan untuk menyajikan informasi.

Baca Juga: Apa Saja Perkembangan Revolusi Industri Hingga Saat Ini?

Sistem informasi adalah salah satu bagian penting dalam sebuah bisnis. Dan berikut adalah beberapa manfaat sistem informasi manajemen lainnya:

  • Mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam sebuah perusahaan.
  • Mempermudah pihak manajemen perusahaan dalam merencanakan, mengarahkan, mendelegasikan pekerjaan kepada seluruh bagian perusahaan.
  • Membuat sumber daya manusia semakin produktif karena beberapa pekerjaan sudah dikerjakan oleh sistem.
  • Menekan pengeluaran biaya dalam sebuah perusahaan.
  • Produktifitas pekerjaan semakin meningkat.
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Penerapan Sistem Informasi Manajemen

Melihat pengertian dan manfaat dari sistem informasi manajemen diatas, mungkin bagi sebagian orang belum terlalu memahami mengenai sistem informasi manajemen. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa contoh sistem informasi manajemen yang sering diterapkan dalam sebuah perusahaan.

  • Decision support system (DSS), adalah contoh sistem informasi manajemen yang membantu dalam pengambilan keputusan. DSS hanya menampilkan hasil laporan yang dapat digunakan oleh pihak manajemen untuk mengambil keputusan bisnis. DSS hanya membantu dalam pengambilan keputusan berdasarkan data yang diinputkan, untuk pengambil keputusan tetap oleh manajemen perusahaan.
  • Information Management System (IMS), adalah contoh sistem informasi manajemen yang dapat mengolah data yang berasal dari beberapa database untuk ditampilkan hasilnya guna menunjang pengambilan keputusan oleh manajemen. IMS mampu menampilkan informasi secara lebih lengkap dan dapat memilih data yang digunakan sehingga mempermudah manajemen dalam mengambil keputusan.
  • Transaction Processing System (TPS), adalah contoh sistem informasi manajemen yang digunakan untuk mengolah proses transaksi seperti halnya sistem pembayaran karyawan,  transaksi pembelian, inventaris bisnis, dan transaksi lain.

Pengelolaan manajemen yang baik merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam sebuah bisnis. Oleh sebab itu, perlu adanya sistem informasi manajemen dalam mempermudah dan membantu dalam pengelolaan manajemen sehingga perusahaan akan lebih mudah dipantau, dikontrol dan dievaluasi agar perusahaan terus berkembang dan terus bersaing.

Sama halnya untuk manajemen pembukuan dan keuangan bisnis, Anda membutuhkan Software Akuntansi Harmony yang terbukti kecanggihannya. Ribuan klien di seluruh Indonesia sudah terbukti bahwa Software Akuntansi Harmony dapat membantu pembukuan yang modern, cepat, dan bebas ribet.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuktikan fitur-fiturnya secara langsung, klik tautan ini untuk coba GRATIS selama 30 hari.

Pelajari fitur-fitur Software Akuntansi Harmony selengkapnya, follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang juga.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony