Harmony Blog

Manajemen Penjualan : Apa Itu, Bagaimana Tahapan dan Faktor Pengaruhnya?

Diupdate Mar 17th, 2021
116

SHARES

PEMBACA

Pin

Penjualan menjadi salah satu kunci utama untuk melihat jalan atau tidaknya sebuah usaha. Dibutuhkannya seorang pemimpin yang paham betul mengenai manajemen penjualan untuk menentukan strategi yang tepat bagi usahanya.

Manajemen penjualan adalah sebuah proses dari merencanakan, menerapkan hingga mengevaluasi segala aktivitas penjualan.Click to Tweet

Tahukah Anda, apabila semakin tinggi tingkat penjualan sebuah usaha maka peluang untuk bertahan dan memiliki nilai lebih di mata konsumen tentu akan semakin besar.

Sebab dari contoh manajemen penjualan tersebut, Anda bisa melihat bagaimana kepuasan pelanggan, kebutuhan pelanggan, serta tingkat persaingan hingga prospeknya di masa depan.

Maka oleh karena itu, untuk dapat mengelola contoh manajemen penjualan yang tepat sesuai kondisi maka pemimpin bagian juga harus memiliki skill atau strategi pemasaran yang baik.

Untuk dapat mengetahui lebih jelasnya mengenai manajemen penjualan ini, berikut akan dijelaskan sedikit materi dari pengertian, tahap penjualan dan faktor yang mempengaruhinya.

Apa itu Manajemen Penjualan?

Manajemen penjualan adalah suatu proses untuk mengembangkan tenaga penjualan (sales) dimulai dari perencanaan, implementasi, pengendalian dan analisis atas berbagai aktivitas penjualan.

Dapat diartikan bahwa manajemen penjualan yang efektif tentu akan dapat membantu dalam memaksimalkan effort dari tenaga penjualan (sales) dalam mencapai sebuah target penjualan.
Apa itu manajemen penjualanPin

Namun apabila hanya dengan menetapkan sebuah target penjualan dan kemudian membiarkan tenaga penjualan (sales) bekerja sendiri, tentu bukanlah cara yang tepat.

Sebab hampir semua tenaga penjualan membutuhkan setiap dukungan dan bimbingan langsung dari manajemen untuk membantu mereka mencapai hasil penjualan yang maksimal.

Selain itu adapun teknik dalam manajemen penjualan, teknik penjualan ini merupakan suatu cara penjual dalam mendapatkan konsumennya. Adapun beberapa teknik penjualan yang harus dikuasai agar tujuan penjualan berhasil yaitu:

  • Anda harus dapat menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
  • Sasarlah pasar khusus seperti individu tertentu dan pasar tersegmentasi.
  • Teknik dalam menetapkan posisi pasar.
  • Menetapkan strategi penjualan dalam persaingan pasar.
  • Teknik dalam memilih strategi penjualan yang paling tepat dan menyesuaikan dengan profit konsumen yang sudah ditargetkan.

Apa Saja Tahap dari Manajemen Penjualan ?

Agar aktivitas dalam manajemen penjualan berjalan dengan lancar, maka Anda harus memahami terlebih dahulu tahap-tahap dalam manajemen penjualan sebagai berikut ini.Tahap persiapan manajemen penjualanPin

  • Tahap Persiapan

    Pada tahap persiapan, setiap tenaga penjualan harus terlebih dahulu memahami semua hal tentang penjualan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Contoh manajemen penjualan pada tahap ini yaitu mengetahui profit produk, pasar produk, teknik penjualan produk, keseimbangan pasar dan juga persaingan pasar.

  • Tahap dalam Penentuan Pembeli Potensial

    Apabila Anda sudah mengetahui jenis produk yang akan Anda pasarkan, maka selanjutnya tenaga penjualan juga harus dapat mengetahui calon pembeli potensial.

    Cara yang harus Anda lakukan adalah dengan memeriksa daftar pelanggan terdahulu dan pelanggan masa kini. Setelah itu Anda dapat menyusun daftar calon pelanggan potensial sesuai dengan produk yang akan Anda tawarkan.

  • Tahap Pendekatan Terhadap Konsumen

    Pada tahap ini, Anda sebagai tenaga kerja harus mengetahui beberapa hal detail terkait calon pembeli potensial. Hal detail yang harus Anda perhatikan adalah mengenai produk yang dipakai calon konsumen dan apa saja respon mereka terhadap produk tersebut.

    Informasi ini juga sangat dibutuhkan oleh tenaga kerja sehingga dengan begitu mereka dapat menyesuaikan konsep penjualan dan pemasaran yang tepat bagi setiap calon konsumen tersebut.

  • Tahap Pelaksanaan Penjualan

    Tentunya Anda harus wajib menarik perhatian calon pembeli, setelah itu berusaha dalam menjelaskan kepada konsumen mengenai pentingnya produk yang ditawarkan sebagai suatu pemenuhan keinginan dan kebutuhan calon konsumen.

    Lakukan hal tersebut agar calon konsumen tertarik untuk mencoba dan membeli setiap penjualan produk yang Anda pasarkan.

  • Tahap Dalam Pelayanan Purnajual

    Dalam aktivitas penjualan tentu tidak berakhir saat calon konsumen membeli produk yang Anda tawarkan. Agar konsumen Anda menjadi pelanggan tetap dalam bisnis Anda, maka Anda harus memberikan pelayanan purnajual yang maksimal seperti pengantaran barang gratis atau memberikan garansi untuk setiap penjualan produk.

Faktor Yang Mempengaruhi Aktivitas Penjualan

Ada 4 faktor yang mempengaruhi aktivitas penjualan. Maka Anda juga harus mengetahui apa saja faktor-faktor agar tujuan penjualan selalu tercapai.

  • Skill Penjual (Sales)

    Tentu penjual (sales) sering dalam berkontak langsung dengan pelanggan sehingga memiliki kendali yang banyak dalam peningkatan penjualan. Apabila semakin tinggi skill yang dimiliki sales dalam mempengaruhi calon konsumen maka semakin tinggi pula tingkat penjualan yang akan didapatkan.

    Maka tidak heran apabila peningkatan kemampuan dan pemberian motivasi karyawan sangat penting untuk dilakukan agar karyawan tetap semangat dalam melakukan setiap pekerjaannya.

  • Modal

    Modal digunakan untuk membiayai segala proses penjualan yang bertujuan untuk mendapatkan hasil pemasaran yang lebih banyak dan lebih tinggi. Sebab apabila semakin tinggi modal tersebut maka akan semakin besar pula usaha yang akan dilakukan sehingga tingkat penjualan juga akan semakin tinggi.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Kondisi Pasar

    Mengetahui kondisi pasar seperti melihat daya beli masyarakat, tingkat inflasi, kebutuhan konsumen hingga kondisi geografis dan demografis penduduk sangat penting dan wajib dilakukan sebelum merencanakan penjualan. Hal tersebut dilakukan agar penjual bisa mencapai sesuai yang sudah ditargetkan.

  • Kondisi Perusahaan

    Kemampuan perusahaan kecil hingga besar tentu cenderung memiliki kondisi yang berbeda-beda. Dapat dilihat dari jumlah karyawan, biaya yang dikeluarkan hingga kemampuan perusahaan dalam melakukan strategi.

Dari penjelasan di atas sudah dijelaskan bahwa manajemen penjualan adalah sebagai suatu komunikasi antara penjual dan calon pembeli yang mana bertujuan untuk menawarkan sebuah produk (barang atau jasa) supaya dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan calon konsumen.

Manajemen penjualan adalah suatu hal yang penting untuk dipelajari karena apabila terjadi kelemahan dalam bidang penjualan tentu akan berpengaruh besar bagi perusahaan.

Selain melakukan manajemen penjualan, Anda juga harus mencatat setiap penjualan dan pembelian yang dilakukan bisnis pada sistem pembukuan yang detail dan terencana.

Sebab tanpa pembukuan yang baik, maka seluruh alur pengeluaran dan pemasukan bisnis Anda tidak akan terpantau secara optimal dan tentunya akan mengakibatkan kerugian pada bisnis Anda.

Maka dari itu, untuk memudahkan Anda dalam melakukan proses pembukuan dan akuntansi, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti Harmony.

Harmony software akuntansi adalah solusi pembukuan berbasis teknologi yang bisa membantu Anda. Ingin menggunakannya? Kini tersedia Gratis 30 Hari jika Anda mendaftarkannya di sini.

Harmony telah membantu ribuan pebisnis untuk mendapatkan laporan keuangan realtime dan menyelesaikan transaksi penjualan dan pengeluaran dengan mudah. Jadi, tunggu apalagi? Nikmati kemudahan Harmony untuk bisnis Anda.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan laporan keuangan secara cepat, sekarang bisa Anda gunakan jasa profesional. Layanan jasa ini juga bisa membantu menghitung dan melaporkan pajak Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi terkait Harmony, Anda juga bisa mengikuti sosial medianya seperti FacebookInstagram dan Linked In.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK