Harmony » Blog » 

Manajemen Merek (Brand Management) - Penting Ketahui Strategi dan Fungsinya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 3, 2021

Bukan tanpa alasan mengapa manajemen merek sangat penting dipertimbangkan pelaku usaha. Terlebih lagi, jika ingin mengembangkan sayap bisnis di kancah perdagangan internasional.

Kompetisi pasar terjadi sangat sengit, maka itu dibutuhkan saluran distribusi yang baik, manajemen pemasaran, ekuitas merek, serta manajemen merek yang mumpuni.

Tujuan dari brand management adalah membangun komunitas pelanggan loyal yang akan tetap memakai produk dalam jangka panjang.Click to Tweet

Sekali lagi, manajemen merek memegang peranan dalam bisnis agar nantinya berhasil dan sukses menjalankan strategi pemasaran dengan baik. Jika, manajemen merek dan manajemen pemasaran bisa efektif, maka akan lebih mudah bagi konsumen mengenal serta mengingat ekuitas merek suatu bisnis ketika akan berbelanja di periode berikutnya.

Pengertian Manajemen Merek (Brand Management)

Manajemen merek atau brand management adalah strategi yang dipakai oleh tim pemasaran untuk merancang suatu merek yang sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan pasar.

Tujuan dari brand management adalah membangun komunitas pelanggan loyal yang akan tetap memakai produk dalam jangka panjang.

Selain itu, tujuan dari brand management adalah mengendalikan, membangun, serta mengukur sejauh mana keberhasilan suatu ekuitas merek.

Ekuitas merek atau brand equity adalah suatu nilai perusahaan yang akan diingat oleh konsumen. Ekuitas merek akan mengarah pada bagaimana konsumen akan merasakan emosi dan pengalaman pengguna yang tepat saat memakai produk tersebut.

Semakin kuat ekuitas merek yang dirasakan pelanggan, semakin bagus. Karena, dapat menciptakan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Baca Juga : 10 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Contohnya

Fungsi Manajemen Merek

Secara umum, fungsi dari manajemen merek atau brand management adalah mendukung strategi manajemen pemasaran. Berikut di antaranya:

  • Dapat mengenali potensi dan target pasar yang relevan.
  • Menyampaikan pesan dan nilai perusahaan yang sesuai kebutuhan pasar.
  • Dapat menginformasikan manfaat merek kepada pelanggan melalui titik kontak yang tersedia.
  • Membangun ekuitas merek yang lebih optimal seiring waktu.
  • Menjaga keselarasan komunikasi antara merek dan konsumen
  • Membangun brand identity atau identitas merek.
  • Menangani kebutuhan pada suatu merek baru yang dirilis.

[elementor-template id="26379"]

Strategi Manajemen Merek

Seiring waktu, manajemen brand yang tepat akan turut membangun ekuitas merek yang gampang melekat dalam ingatan konsumen.

Strategi Brand Management

Prosesnya tentu tidak mudah dan butuh berbagai analisa pasar maupun strategi yang terencana. Strategi manajemen merek atau brand management adalah melibatkan beberapa metode, sebagai berikut:

  1. Mengenali Posisi Merek di Pasar

    Strategi manajemen merek yang pertama adalah mengenali posisi merek di pasar. Hal ini penting agar dapat menyusun strategi menghadapi persaingan dengan para pemain di kategori produk yang sama.

  2. Menyusun Strategi Manajemen Pemasaran Merek

    Langkah untuk menyusun strategi manajemen pemasaran merek, meliputi:

    • Membuat naming brand/ nama merek, logo, kemasan, simbol, karakter/ font, dan tagline.
    • Memilih media pemasaran yang tepat.
    • Serta menyusun materi pemasaran.
  3. Pengukuran Ekuitas Merek

    Dibutuhkan analisis dan penelitian lebih lanjut untuk dapat mengukur sejauh mana keberhasilan ekuitas merek. Termasuk melakukan audit merek, pelacakan merek, serta membangun manajemen ekuitas merek dengan tim ahli dan berpengalaman.

Bagaimana, sudah siap membangun manajemen merek yang kuat untuk bisnis Anda? Semoga dengan membaca artikel mengenai strategi dan fungsi manajemen merek di atas, Anda bisa lebih mudah mengembangkan naming brand maupun brand management yang lebih optimal bagi keberhasilan usaha.

Yang tak kalah penting dalam mengembangkan bisnis adalah menjaga pembukuan keuangan yang tetap rapi, sistematis, dan akurat. Lupakan pembukuan berbasis kertas yang menyita waktu dan tenaga, sebab kini sudah hadir Software Akuntansi Harmony.

Software Akuntansi Harmony berpengalaman selama bertahun-tahun mendukung klien dengan berbagai bidang bisnis untuk menyederhanakan tugas pembukuan keuangan bisnis. Tidak hanya membantu pembukuan saja, Anda juga bisa menyiapkan dan memperhitungkan unsur-unsur pajak di mana saja dan kapan saja tanpa perlu repot.

Fitur lainnya yang bisa digunakan seperti pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time.

Kinerja tim keuangan Anda akan semakin efisien dan efektif, sebab Software Akuntansi Harmony telah didukung fitur dan modul akuntansi yang lengkap. Yuk, silakan coba GRATIS 30 Hari Aplikasi Harmony, di sini.

Dapatkan juga berbagai informasi menarik dan terupdate seputar finansial, dengan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram