Harmony » Blog » 

Manajemen Keuangan Bisnis Perlu Ditingkatkan, Simak Tips dan Fungsinya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 14, 2021

Manajemen keuangan bisnis adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap perusahaan. Dalam mengelola keuangan tentunya diperlukan perencanaan yang tepat dan matang. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan menerapkan manajemen keuangan bisnis yang baik dalam perusahaan.

Manajemen keuangan adalah kegiatan merencanakan, mengelola, menyimpan, dan mengendalikan dana dan/atau aset yang dimiliki perusahaan.Click to Tweet

Hal ini perlu dilakukan agar kelangsungan perusahaan dapat terus bertahan di masa depan. Namun, tahukah Anda apa itu manajemen keuangan bisnis, tips mengelola, dan fungsinya? Simak pada pembahasan kali ini.

Apa Itu Manajemen Keuangan Bisnis?

Istilah manajemen keuangan adalah kata yang seringkali kita dengar dalam dunia bisnis, terutama pada bidang akuntansi. Dalam menjalankan sebuah bisnis, manajemen keuangan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan agar keuangan perusahaan mampu dikelola dengan baik. Namun, tahukah Anda apa itu manajemen keuangan bisnis?

Pada dasarnya, manajemen keuangan adalah kegiatan merencanakan, mengelola, menyimpan, dan mengendalikan dana dan/atau aset yang dimiliki perusahaan.

Manajemen keuangan meliputi manajemen piutang maupun utang merupakan langkah yang ditempuh perusahaan dalam mengelola keuangan secara baik sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Manajemen keuangan yang baik sangat diperlukan untuk memastikan kelangsungan perusahaan ke depannya dan menghindari berbagai risiko keuangan.

Apa Saja Tips Manajemen Keuangan Bisnis?

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan bisnis.

Tips Manajemen Keuangan Bisnis

  1. Pahami Pembukuan Keuangan

    Tips manajemen keuangan bisnis yang pertama adalah memahami pembukuan keuangan. Dalam mencatat setiap transaksi sebaiknya Anda mencatatnya dalam 5 buku akun secara terpisah.

    Buku akun yang Anda butuhkan, antara lain seperti buku arus kas, buku pembelian dan penjualan, buku persediaan barang, buku utang-piutang, dan buku biaya dan pendapatan lain yang diperoleh selain dari penjualan barang atau jasa.

  2. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Keuangan Bisnis

    Tips manajemen keuangan bisnis yang kedua yaitu memisahkan antara keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Dalam mengelola keuangan bisnis, Anda harus memisahkan keuangan pribadi dan keuangan yang diperoleh dari keuntungan bisnis Anda.

    Hal ini diperlukan agar Anda mampu membuat perencanaan dan manajemen keuangan yang baik untuk kelangsungan bisnis kedepannya.

  3. Rencanakan Penggunaan Uang dengan Baik

    Tips manajemen keuangan bisnis yang ketiga adalah merencanakan penggunaan keuangan dengan baik dan sesuai kebutuhan. Jika bisnis Anda telah mencapai keuntungan yang memuaskan, kelola uang tersebut dengan baik.

    Batasi penggunaan uang untuk keperluan yang tidak memiliki benefit yang mumpuni untuk kelangsungan usaha. Perkirakan skala prioritas kebutuhan dan keuntungan yang diperoleh sebelum memutuskan untuk menggunakan uang tersebut.

[elementor-template id="26379"]

Apa Fungsi Manajemen Keuangan Bisnis?

Manajemen keuangan bisnis yang baik sangat penting untuk dimiliki setiap perusahaan agar kondisi keuangan perusahaan bisa ditangani dengan baik dan mampu memberikan keuntungan yang maksimal.

Fungsi manajemen keuangan bisnis sangat banyak bagi perusahaan. Salah satu fungsi manajemen keuangan bisnis adalah sebagai perencanaan bisnis kedepannya.

Apabila kondisi keuangan perusahaan mulai stabil dan kewajiban lancar memiliki progres yang baik, maka bagian manajemen keuangan perusahaan akan membuat perencanaan bisnis dengan tujuan untuk mengetahui kekuatan perusahaan dan menentukan langkah yang akan diambil.

Melalui manajemen keuangan dan perencanaan yang baik, tim akan mengetahui tingkat kemampuan perusahaan dalam membiayai bisnis kedepannya.

Bagian manajemen keuangan akan membuat perencanaan untuk menentukan langkah strategis yang bisa diambil perusahaan, seperti penambahan jumlah karyawan ataupun pembelian mesin dan peralatan baru guna memenuhi kebutuhan perusahaan.

Dalam hal ini, fungsi manajemen keuangan sangat besar dalam mengelola keuangan untuk kelangsungan bisnis di masa depan.

Untuk memudahkan Anda meningkatkan fungsi manajemen keuangan bisnis, gunakan Software Akuntansi Harmony sedari sekarang. Kenapa begitu? Software Akuntansi Harmony adalah solusi pembukuan modern dan praktis, yang menambah efisiensi dan kinerja tim finance.

Fitur-fitur software akuntansi Harmony lengkap, mulai dari pembuatan 20 jenis laporan keuangan, rekonsiliasi bank otomatis, pengelolaan stok barang, hingga smart invoicing dan masih banyak lagi fitur akunting fungsional lainnya.

Mengelola keuangan bisnis jadi semakin cepat, modern, dan semudah beberapa klik saja. Yuk, beralih memakai aplikasi Harmony sekarang dengan klik di tautan ini dan nikmati GRATIS 30 hari tanpa biaya apapun.

Info bisnis terupdate lainnya beserta fitur-fitur aplikasi Harmony selengkapnya, juga bisa Anda temukan dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram