Ingin membagikan setiap informasi promo produk Anda kepada banyak orang dengan lebih cepat? Maka mailing list adalah salah satu cara efektif untuk bertukar informasi yang Anda lakukan.
Terlebih lagi jika Anda mampu memilih jenis yang tepat dan sesuai dengan audiens bisnis Anda.
Dengan adanya mailing list atau email grup, maka pada saat Anda ingin mengiriman email, semua orang yang bergabung dalam email grup tersebut akan menerima email Anda.
Maka dari itu, dengan email grup ini Anda sudah tidak perlu lagi untuk mengirimkan email satu per satu ke setiap alamat email pelanggan dan tidak membutuhkan banyak waktu lagi untuk mengirimnya.
Kini dengan mengirim satu kali saja, maka email Anda akan terkirim ke semua pelanggan Anda secara cepat sehingga membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efisien, dengan begitu rencana strategi untuk promo Anda dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan keinginan Anda.
Lalu apa sebenarnya mailing list dan apa saja jenis serta bagaimana cara membuatnya? Untuk mengetahui nya, beriku dalam artikel ini akan kami jelaskan secara lengkap.
Table of Contents
Email grup atau disebut sebagai mailing list adalah suatu layanan yang dapat Anda gunakan untuk mengirim email ke banyak audiens dalam sebuah kelompok yang sudah Anda tentukan. Email grup ini juga bisa disebut sebagai milis.
Email grup ini juga dapat Anda gunakan untuk tujuan bisnis Anda, baik dalam strategi pemasaran dan melakukan kegiatan promosi dengan memanfaatkan layanan hosting website Anda.
Keunggulan yang diberikan oleh mailing list adalah bukan hanya karena informasi yang diberikan dapat lebih mudah diterima oleh audiens, melainkan dengan adanya email group maka proses promosi akan lebih tepat dikarenakan mampu menjangkau audience yang sesuai. Mengapa hal tersebut bisa dilakukan?
Misalnya, jika Anda sudah menerima sebuah daftar email calon pelanggan Anda, kemudian Anda mengelompokkanya sesuai dengan kategori promo tertentu yang sudah Anda lakukan.
Maka ketika Anda ingin menjawab pertanyaan pelanggan terkait promo produk Anda, maka informasi tersebut tentu akan bisa diterima oleh seluruh anggota yang berada dalam kelompok tersebut. Hal ini tentu sangat efektif untuk mendapatkan pre order tanpa harus menyebarkan informasi ke satu per satu pelanggan.
Adapun terdapat 3 jenis mailing list yang perlu untuk Anda ketahui, berikut ketiga jenis email grup yaitu:
Jenis mailing list ini mampu memberikan komunikasi secara dua arah. Namun sebelumnya Anda harus memberikan hak respon pada beberapa anggota. Biasanya hal ini digunakan saat Anda ingin meluncurkan suatu produk baru dan ingin mengetahui minat pelanggan Anda.
Maka para pelanggan akan diberikan hak untuk menjawab dan memilih opsi “ya” atau “tidak” untuk dijadikan sebagai suatu bahan pada survei produk baru Anda tersebut.
Sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, jenis email grup ini juga menggunakan sistem komunikasi satu arah, yang mana pelanggan yang masuk sebagai anggota tidak memiliki hak untuk membalas email.
Biasanya jenis mailing list ini digunakan untuk mengumumkan perilisan produk baru, diskon produk ataupun newsletter sebagai suatu alat kampanye merek bisnis.
Jenis email group ini tentu berbeda, discussion type list ini bisa melakukan komunikasi sepenuhnya secara dua arah. Itu artinya, pelanggan bisa membalas email yang Anda kirimkan seperti halnya berkomunikasi secara normal.
Seperti yang Anda tahu, bahwa dalam bisnis jenis komunikasi yang sering dilakukan dalam memasarkan produknya adalah jenis komunikasi verbal dan ada juga jenis komunikasi non verbal.
Namun dalam email group ini jenis komunikasi yang dilakukan bukan melalui suara atapun gestur tubuh, melainkan melalui teknologi berupa email atau pesan yang dikirimkan untuk setiap alamat email pelanggan Anda.
[elementor-template id="26379"]
Untuk dapat mengetahui cara membuat email group, tentunya sebelumnya Anda harus berlangganan hosting dan juga sudag membuat email bisnis terlebih dahulu. Jika sudah, maka langkah selanjutnya yaitu:
Setelah Anda sudah membuat email, maka langkah selanjutnya Anda masuk ke akses cPanel hosting Anda dengan mengakses halaman http://[namadomain.com]/cpanel/ atau http://namadomain.com:2082. Setelah itu Anda klik login dan masukkan username dan password Anda.
Adapun cara lainnya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengakses cPanel lewat member area lalu pilih menu layanan Anda, lalu hosting, dan kelola hosting. Selanjunta di dalam halaman pengaturan hosting, pilih all features untuk bisa masuk ke dalam cPanel.
Setelah Anda sudah masuk cPanel, maka cara membuat email group selanjutnya adalah Anda dapat menscroll kursor ke bawah lalu kemudian carilah menu mailing list di dalam kategori email.
Selanjutnya Anda dapat memasukan nama yang digunakan untuk list tersebut, setelah itu Anda bisa langsung memasukkan password. Setelah itu jangan lupa juga untuk mengatur privacy melalui acces type.
Acces type private digunakan untuk menyetujui pelanggan yang melakukan pendaftaran. Namun sedangkan untuk acces type public digunakan untuk pelanggan yang mendaftar dan secara otomatis akan masuk ke dalam list yang sudah Anda buat.
Apabila Anda sudah mengisi form dan melakukan pengaturan privacy, maka Anda mengklik tombol pilihan add. Tunggu beberapa waktu dan email group sudah siap untuk Anda gunakan.
Ketika Anda ingin membagikan informasi melalui email group, sebelumnya Anda sudah harus memasukkan data email para pelanggan Anda.
Cara yang harus Anda lakukan adalah dengan kembali pada menu pada cPanel, setelah itu cari opsi current list, kemudian pilih manage. Setelah itu klik membership management, dan pilih menu mass subscription.
Sudahkah Anda memahami pengertian dari mailing list di atas? Jadi, dapat disimpulkan bahwa mailing list adalah suatu layanan yang bisa membuat Anda bisa mengirim email pada banyak audiens di dalam suatu kelompok.
Email grup ini juga merupakan salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh pebisnis lainnya. Bukan hanya itu, pebisnis juga dapat menjangkau para pelanggan dengan mudah sehingga keuntungan yang didapat pun semakin banyak.
Selain mailing list yang digunakan untuk mengirimkan informasi secara mudah, aplikasi software akuntansi juga sangat diperlukan untuk menghitung setiap keuntungan yang sudah bisnis Anda hasilkan.
Untuk memudahkan Anda dalam memperhitungan keuntungan pada laporan pembukuan Anda, kini Anda dapat menggunakannya dengan menggunakan software akuntansi Harmony.
Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi. Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan fitur lainnya yang terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time Gratis selama 30 hari di sini. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.