Harmony Blog

Lembaga Keuangan Bukan Bank, Kenali Fungsi dan Jenisnya

Diposting Jun 22nd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Lembaga Keuangan Bukan BankPin

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) berperan penting dalam investasi di Indonesia. Terutama dalam penerbitan surat berharga/ commercial paper atau pengumpul dana untuk didistribusikan ke masyarakat. Sejak 1972, Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) atau lembaga keuangan non bank sudah dikenal di tanah air.

Lembaga keuangan non bank dapat menerbitkan surat berharga, selanjutnya dipakai untuk pembiayaan investasi orang pribadi atau badan usaha.Click to Tweet

Bahkan, sudah diatur dalam Keputusan Menkeu No 38 Tahun 1972 mengenai fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dan jenis jenis LKBB atau lembaga keuangan non bank.

Apa Saja Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)?

Mari kita simak fungsi penting Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) atau lembaga keuangan non bank di Indonesia. Antara lain:

  1. Mengumpulkan Dana

    Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) salah satunya adalah menghimpun dana. Lembaga keuangan non bank ini akan menerbitkan surat berharga, selanjutnya dipakai untuk pembiayaan investasi orang pribadi atau badan usaha.

  2. Menawarkan Kredit

    Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) juga berfungsi untuk menawarkan kredit kepada masyarakat yang membutuhkan. Misalnya, kredit sepeda motor, kredit mobil, kredit alat elektronik, dan sebagainya.

  3. Penghubung Investor

    Jika Anda sedang membutuhkan modal, maka Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) atau lembaga keuangan non bank bisa menjadi penghubung dengan para investor. Tentunya, pemilik usaha bisa lebih mudah mendapatkan suntikan modal atau pinjaman dari para investor dari Indonesia atau mancanegara.

  4. Penghubung Konsultan Finansial

    Butuh mentor atau tenaga profesional di bidang keuangan? Dapatkan dengan bantuan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) atau lembaga keuangan non bank. Sebab, LKBB bisa berfungsi sebagai penghubung pemilik usaha dengan konsultan finansial yang kompeten dan profesional.

Jenis-Jenis LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank)

Begitu banyak fungsi dari Lembaga Keuangan  Non Bank (LKBB). Namun, terlepas dari itu, ternyata ada beberapa jenis jenis LKBB. Inilah di antaranya:

Lembaga keuangan bukan bankPin

  1. Perusahaan Tabungan Pensiun

    Bekerja sama dengan instansi atau perusahaan lainnya, Lembaga Keuangan Non Bank (LKBB) seperti perusahaan tabungan pensiun menargetkan para pegawai lanjut usia. Contohnya seperti PT Taspen. Peran BUMN terhadap ekonomi sangat besar.

    Baik itu pegawai negeri sipil, aparatur negara, maupun karyawan swasta yang sudah memasuki usia pensiun. Nantinya, setiap bulan gaji karyawan akan dipotong untuk ditabung. Dan baru bisa diberikan setelah si karyawan memasuki masa purna bakti.

  2. Perusahaan Gadai

    Selanjutnya, jenis jenis LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank) adalah perusahaan gadai. Nasabah memberikan barang berharga sebagai jaminan, dan perusahaan gadai akan memberikan sejumlah dana untuk dipinjamkan. Contoh perusahaan gadai adalah PT Pegadaian.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Koperasi Simpan Pinjam

    Jenis jenis LKBB berikutnya adalah koperasi simpan pinjam. Sampai saat ini, peranan koperasi simpan pinjam sangat besar. Tujuan utama koperasi adalah menghimpun, menyalurkan, dan mengelola dana dari para anggotanya atau masyarakat luas agar semakin sejahtera.

  4. Perusahaan Modal Ventura

    Kegiatan utama Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) berupa modal ventura adalah membiayai atau memberikan modal usaha atas dasar bagi hasil usaha.

  5. Perusahaan Asuransi

    Ini juga termasuk dalam jenis jenis LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Contohnya seperti asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi properti, dll.

  6. Leasing

    Leasing atau sewa guna usaha adalah Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yang memiliki layanan pembiayaan dengan cara cicilan atau tunai dengan barang tertentu. Contohnya, leasing kendaraan, leasing komputer/ laptop, leasing smartphone, dll.

  7. Pasar Modal

    Sebagai Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB), pasar modal menawarkan surat berharga dan aset untuk diperdagangkan hanya di Bursa Efek Indonesia. Contohnya, seperti obligasi, saham, reksa dana, surat utang, dll.

Begitulah beberapa penjelasan sederhana mengenai fungsi dan jenis jenis LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank) di tanah air. Pastikan untuk mengelola berbagai aset keuangan serta anggaran belanja bisnis Anda, pakai Software Akuntansi Online dari Harmony.

Aplikasi Harmony dapat menyederhanakan tugas-tugas akunting semudah beberapa kali sentuhan jari. Mulai dari pencatatan transaksi pengeluaran dan pemasukan, laporan stok barang, smart invoicing, rekonsiliasi bank otomatis, sampai pembuatan laporan keuangan secara instan dengan 20 pilihan template siap pakai.

Penasaran ingin mencoba fitur-fitur Aplikasi Harmony untuk membuktikan keunggulannya? Pas banget, silakan daftar di tautan ini dan pakai Aplikasi Harmony secara GRATIS (30 hari).  Pelajari lebih lanjut fitur-fitur Aplikasi Harmony secara detail melalui akun media sosial Harmony, follow akun akun Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony