Harmony Blog

Lean Startup: Pelajari Metode, Prinsip dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Diposting Jul 30th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Lean StartupPin

Sebelum membangun usaha, pebisnis dengan karakter pemimpin yang mumpuni perlu memahami apa itu lean startup. Selain melakukan research GAP bisnis, pengusaha juga penting memahami perilaku konsumen, dan menerapkan etika bisnis yang tepat.

Lean startup method fokus pada tiga hal, yaitu: membangun (build), mengukur (measure), dan mempelajari (learn).Click to Tweet

Pelaku UMKM maupun pebisnis perlu mengetahui apa saja lean startup method untuk mendirikan perusahaan yang sukses di tengah kompetisi pasar.

Pengertian Lean Startup Adalah

Lean startup adalah sebuah cara atau metode untuk mengembangkan produk sesuai keinginan pasar. Lean startup method menggunakan riset atau evaluasi usaha untuk menilai minat konsumen.

Apa itu lean startupPin

Baca Juga: Prinsip Etika Bisnis : Penjelasan Dan Penerapannya Dalam Bisnis

Jadi, secara umum lean startup adalah metode yang dipakai dalam mendirikan perusahaan baru atau memperkenalkan produk baru. Lean startup method merekomendasikan pengembangan produk yang sudah disesuaikan keinginan konsumen. Sehingga, pasar bisa segera mendapatkannya setelah produk dirilis.

Prinsip Lean Startup Method

Ada beberapa prinsip lean startup method yang dijumpai di berbagai industri saat ini. Prinsip lean startup method fokus pada tiga hal, yaitu: membangun (build), mengukur (measure), dan mempelajari (learn).

  1. Membangun

    Pertama, lean startup method adalah membangun atau build. Perusahaan mengembangkan produk prototipe yang simpel untuk disesuaikan keinginan pelanggan. Produk ini disebut juga dengan Minimum Viable Product (MVP).

    Setelah produk dibuat, perusahaan akan merilis untuk menguji ke pasar dan melihat apakah pelanggan menyukainya atau tidak. Produk beta ini adalah produk uji coba. Jadi, hanya diberikan ke tester atau sekelompok kecil pelanggan.

    Baca Juga: Research Gap : Metode Evaluasi Penelitian Yang Dapat Anda Terapkan Dalam Bisnis

  2. Mengukur

    Method selanjutnya adalah mengukur. Setelah produk dicoba, perusahaan dapat mengukur sejauh apa respon pelanggan. Bila kurang bagus, perusahaan akan memutuskan untuk berhenti produksi atau meningkatkan kualitas produknya.

  3. Mempelajari

    Method yang terakhir adalah mempelajari laporan dan analisis yang diperoleh dari riset atas respon pelanggan. Dari sini, perusahaan bisa memiliki data akurat untuk mempelajari sejauh mana keberhasilan pengembangan produk yang sudah dibuat.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Manfaat Lean Startup Adalah

Berikut ini ada beberapa manfaat lean pada startup untuk dapat dipahami yaitu:

  1. Efisiensi Biaya Produksi

    Lean pada startup method menyarankan produk beta atau MVP tadi untuk dicoba ke pelanggan dalam jumlah kecil. Dalam poin ini, tujuan lean pada startup adalah jika konsumen merespon positif, barulah perusahaan bisa memproduksi lebih banyak lagi. Hal ini tentunya mempengaruhi efisiensi biaya produksi bisnis.

  2. Dapat Mengurangi Risiko Produk Gagal

    Kegagalan dalam mengembangkan produk, bisa berdampak besar bagi bisnis. Karena itu, tujuan metode lean pada startup adalah untuk mengurangi segala risiko yang bisa terjadi. Perusahaan dapat memakai metode lean pada startup agar dapat menghemat biaya pengembangan produk. Sebelum, nantinya memproduksi dalam jumlah yang lebih besar.

  3. Menyesuaikan Keinginan Konsumen

    Dengan menerapkan srategi metode lean, perusahaan dapat memahami selera pasar dan keinginan konsumen. Poin ketiga ini, tujuan lean startup adalah ketepatan produk yang dikembangkan, meningkatkan penjualan, serta menghadirkan produk yang  sesuai kebutuhan konsumen.

Berbekal informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa lean startup adalah cara yang ditempuh perusahaan untuk mengembangkan suatu produk dalam waktu relatif singkat, namun tetap potensial di pasar.

Semoga dengan penerapan metode lean, bisnis akan lebih berkembang pesat dan produk-produk yang dilaunching bisa disukai pelanggan. Namun, satu lagi yang tak kalah penting dalam mengembangkan bisnis, yaitu laporan pembukuan dan anggaran keuangan yang akurat dan sistematis.

Gunakan Software Akuntansi Harmony untuk mencatat transaksi keuangan, serta merapikan laporan arus kas pengeluaran dan pemasukan. Laporan keuangan yang rapi dan akurat, akan sangat bermanfaat untuk mengambil keputusan bisnis penting di masa mendatang.

Software Akuntansi Harmony menyediakan pembukuan tanpa ribet, modern, dan real-time. Anda bisa menggunakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan instan yang berbasis teknologi Cloud. Jadi, Anda bisa memantau dan mengelola pembukuan bisnis, kapan saja dan di mana saja.

Penasaran seberapa bagus fitur Software Akuntansi Harmony? Silakan FREE Trial selama 30 hari, klik tautan ini. Info selengkapnya, jangan lupa follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony