Mengapa laporan realisasi anggaran itu sangat penting dalam perusahaan? Karena bagi pemakai informasi akuntansi, laporan realisasi anggaran ini berguna untuk membandingkan anggaran sebelumnya dengan realisasi kegiatan keuangannya.
Di mana nantinya pemakai laporan ini bisa melakukan evaluasi atau membuat keputusan atas sumber daya ekonomi yang dialokasikan, akuntabilitas, serta ketaatan pelaporannya.
Selain itu menurut definisinya laporan realisasi anggaran adalah singkatan dari LRA yang merupakan penyajian informasi tentang realisasi belanja, anggaran, pembiayaan dan lainnya. Jadi, bagaimana cara membuatnya? Simak selengkapnya di bawah ini.
Table of Contents
Secara definisinya laporan realisasi anggaran adalah laporan yang memberikan informasi tentang realisasi anggaran, belanja, pembiayaan dan sebagainya.
Tujuan laporan realisasi anggaran keuangan adalah suatu cara untuk membandingkan jumlah anggaran dengan realisasinya pada satu periode.
Di mana berdasarkan umumnya laporan ini berkaitan dengan anggaran keuangan, yang diantaranya seperti sumber daya, alokasi, dan penggunaan sumber keuangan yang dikelola perusahaan.
Dengan demikian adanya penyusunan laporan ini digunakan untuk memastikan apakah laporan keuangan yang sudah disajikan benar atau tidak dengan yang di lapangan.
Adanya laporan realisasi anggaran keuangan juga memiliki beberapa komponen yaitu:
Pendapatan merupakan unsur pertama yang dicatat ke dalam laporan kinerja anggaran, atau yang disebut sebagai pendapatan dari rekening daerah/negara. Selain itu, pendapatan ini menambah jumlah anggaran dan merupakan hak pemerintah.
Baca Juga: Manajemen Piutang Usaha – Pahami Contoh Dan Analisisnya
Komponen berikutnya adalah belanja dari semua pengeluaran pihak bendahara, di mana aktivitas belanja ini akan mengurangi surplus anggaran untuk satu periode anggaran. Sehingga semua transaksi belanja pemerintah tidak dilakukan pengembalian pembayaran.
Pengiriman atau transfer adalah penerimaan dan pengeluaran uang dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya, karena kegiatan ini untuk membagi dana keuangan atas suatu aktivitas usaha.
Pembiayaan adalah suatu kewajiban pengeluaran atau penerimaan dalam bentuk apapun yang tidak mempengaruhi kekayaan usaha.
Contoh laporan realisasi anggaran yang benar dan baik tentunya juga harus dapat dimengerti oleh pengguna laporan, di mana selain mudah dibaca cara menyusun anggaran tersebut harus berbentuk grafik atau chart.
Maka membuat contoh laporan realisasi anggaran bisa dilakukan sebagai berikut ini:
Contoh laporan realisasi anggaran utama adalah untuk membandingkan kinerja keuangan SKPD dan anggaran SKPD. Laporan yang ditampilkan dalam format grafik dan tabel memang sangat penting.
Karena laporan tersebut akan menunjukkan hasil kinerja SKPD, sehingga laporan tersebut selalu menjadi prioritas pengelola wilayah.
Menurut istilahnya anggaran kas dibuat untuk melihat arus masuk dan arus keluar. Sehingga anggaran kas ini dibuat untuk membantu kelancaran kegiatan perusahaan.
Biasanya anggaran kas ini berisi informasi tentang arus kas yang digunakan untuk pembelian atau tujuan lain, serta arus kas dari sumber pendapatan lain.
Baca Juga: Apa Saja Proses Dalam Prosedur Audit? Simak Penjelasannya
Kegiatan ini berguna untuk memberikan informasi pengolahan data keuangan yang aktual dan dapat dilaporkan kepada atasan.
Maka dari itu perbandingan dibuat sebagai tabel perbandingan anggaran dari setiap jenis pengeluaran. Sehingga anggaran ini bisa dijadikan referensi untuk laporan anggaran periode selanjutnya.
Maksud dibuatnya grafik ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa besar anggaran atau realisasi keuangan untuk setiap periode. Melalui grafik inilah Anda juga bisa melihat acuan dari rencana kegiatan sekarang hingga periode berikutnya.
Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa anggaran adalah salah satu pendukung indikator kegiatan perusahaan. Tetapi hal ini akan lebih lengkap jika laporan harus berdasarkan proses kinerja yang sudah berlangsung.
Agar nantinya laporan anggaran ini sudah sesuai dan jelas seperti informasi yang ditampilkan.
Contohnya nama entitas atau basisnya, mata uang yang digunakan, cakupan entitas bisnis pelapor, periode pertanggungan, dan unit numerik yang digunakan.
[elementor-template id="26379"]
Nyatanya banyak sekali manfaat yang dihasilkan jika Anda membuat laporan realisasi anggaran, beberapa diantaranya adalah:
Begitulah pembahasan tentang pembuatan laporan realisasi anggaran beserta manfaatnya, di mana seperti yang kita ketahui bahwa anggaran merupakan salah satu kunci keberhasilan.
Sehingga jangan biarkan staff finance Anda mengalami kerepotan dengan pengelolaan keuangan bisnis berbasis kertas atau spreadsheet yang menyita waktu dan tenaga.
Gunakan Software Akuntansi Harmony untuk pembukuan usaha yang lebih modern, praktis, dan akurat. Pembuatan laporan keuangan berjalan otomatis, dalam hitungan detik. Dilengkapi fitur smart invoice, rekonsiliasi bank otomatis, manajemen stok, dan laporan keuangan lainnya.
Kalau ada software akuntansi yang sistematis dan minim kesalahan, kenapa harus mengandalkan pembukuan manual? Buktikan kecanggihan Software Akuntansi Harmony sekarang untuk bisnis Anda. Klik tautan ini untuk FREE Trial 30 hari.
Dapatkan juga info selengkapnya mengenai fitur-fitur dan update aktivitas Harmony, dengan follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook hari ini.