Harmony Blog

Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Pelajari Cara Membuatnya dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Diposting Sep 3rd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Laporan Realisasi AnggaranPin

Mengapa laporan realisasi anggaran itu sangat penting dalam perusahaan? Karena bagi pemakai informasi akuntansi, laporan realisasi anggaran ini berguna untuk membandingkan anggaran sebelumnya dengan realisasi kegiatan keuangannya.

Adanya laporan realisasi anggaran ini harus memberikan informasi secara jelas dari setiap halaman laporannya agar isi laporan dapat diandalkan.Click to Tweet

Di mana nantinya pemakai laporan ini bisa melakukan evaluasi atau membuat keputusan atas sumber daya ekonomi yang dialokasikan, akuntabilitas, serta ketaatan pelaporannya.

Selain itu menurut definisinya laporan realisasi anggaran adalah singkatan dari LRA yang merupakan penyajian informasi tentang realisasi belanja, anggaran, pembiayaan dan lainnya. Jadi, bagaimana cara membuatnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Definisi Laporan Realisasi Anggaran

Secara definisinya laporan realisasi anggaran adalah laporan yang memberikan informasi tentang realisasi anggaran, belanja, pembiayaan dan sebagainya.

Definisi laporan realisasi anggaranPin

Tujuan laporan realisasi anggaran keuangan adalah suatu cara untuk membandingkan jumlah anggaran dengan realisasinya pada satu periode.

Di mana berdasarkan umumnya laporan ini berkaitan dengan anggaran keuangan, yang diantaranya seperti sumber daya, alokasi, dan penggunaan sumber keuangan yang dikelola perusahaan.

Dengan demikian adanya penyusunan laporan ini digunakan untuk memastikan apakah laporan keuangan yang sudah disajikan benar atau tidak dengan yang di lapangan.

Apa Saja Komponen Laporan Realisasi Anggaran?

Adanya laporan realisasi anggaran keuangan juga memiliki beberapa komponen yaitu:

  1. Pendapatan

    Pendapatan merupakan unsur pertama yang dicatat ke dalam laporan kinerja anggaran, atau yang disebut sebagai pendapatan dari rekening daerah/negara. Selain itu, pendapatan ini menambah jumlah anggaran dan merupakan hak pemerintah.

    Baca Juga: Manajemen Piutang Usaha – Pahami Contoh Dan Analisisnya

  2. Belanja

    Komponen berikutnya adalah belanja dari semua pengeluaran pihak bendahara, di mana aktivitas belanja ini akan mengurangi surplus anggaran untuk satu periode anggaran. Sehingga semua transaksi belanja pemerintah tidak dilakukan pengembalian pembayaran.

  3. Transfer

    Pengiriman atau transfer adalah penerimaan dan pengeluaran uang dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya, karena kegiatan ini untuk membagi dana keuangan atas suatu aktivitas usaha.

  4. Pembiayaan

    Pembiayaan adalah suatu kewajiban pengeluaran atau penerimaan dalam bentuk apapun yang tidak mempengaruhi kekayaan usaha.

Bagaimana Cara Pembuatan Laporan Realisasi Anggaran?

Contoh laporan realisasi anggaran yang benar dan baik tentunya juga harus dapat dimengerti oleh pengguna laporan, di mana selain mudah dibaca cara menyusun anggaran tersebut harus berbentuk grafik atau chart.

Manfaat laporan realisasi anggaranPin

Maka membuat contoh laporan realisasi anggaran bisa dilakukan sebagai berikut ini:

  1. Perbandingan Kinerja Anggaran & Realisasi Keuangan

    Contoh laporan realisasi anggaran utama adalah untuk membandingkan kinerja keuangan SKPD dan anggaran SKPD. Laporan yang ditampilkan dalam format grafik dan tabel memang sangat penting.

    Karena laporan tersebut akan menunjukkan hasil kinerja SKPD, sehingga laporan tersebut selalu menjadi prioritas pengelola wilayah.

  2. Perbandingan Anggaran Kas Dengan Kinerja Realisasi Keuangan (PPTK)

    Menurut istilahnya anggaran kas dibuat untuk melihat arus masuk dan arus keluar. Sehingga anggaran kas ini dibuat untuk membantu kelancaran kegiatan perusahaan.

    Biasanya anggaran kas ini berisi informasi tentang arus kas yang digunakan untuk pembelian atau tujuan lain, serta arus kas dari sumber pendapatan lain.

    Baca Juga: Apa Saja Proses Dalam Prosedur Audit? Simak Penjelasannya

  3. Membandingkan Struktur Anggaran & Realisasi Keuangan Berdasarkan Belanja

    Kegiatan ini berguna untuk memberikan informasi pengolahan data keuangan yang aktual dan dapat dilaporkan kepada atasan.

    Maka dari itu perbandingan dibuat sebagai tabel perbandingan anggaran dari setiap jenis pengeluaran. Sehingga anggaran ini bisa dijadikan referensi untuk laporan anggaran periode selanjutnya.

  4. Adanya Grafik Realisasi Keuangan Bulanan Setiap Programnya

    Maksud dibuatnya grafik ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa besar anggaran atau realisasi keuangan untuk setiap periode. Melalui grafik inilah Anda juga bisa melihat acuan dari rencana kegiatan sekarang hingga periode berikutnya.

  5. Membandingkan Realisasi Keuangan Dengan Kinerja Aset Secara Aktual

    Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa anggaran adalah salah satu pendukung indikator kegiatan perusahaan. Tetapi hal ini akan lebih lengkap jika laporan harus berdasarkan proses kinerja yang sudah berlangsung.

    Agar nantinya laporan anggaran ini sudah sesuai dan jelas seperti informasi yang ditampilkan.

    Contohnya nama entitas atau basisnya, mata uang yang digunakan, cakupan entitas bisnis pelapor, periode pertanggungan, dan unit numerik yang digunakan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kenali Manfaat Dari Laporan Realisasi Anggaran

Nyatanya banyak sekali manfaat yang dihasilkan jika Anda membuat laporan realisasi anggaran, beberapa diantaranya adalah:

  • Memberikan informasi tentang alokasi, sumber, dan penggunaan sumber daya ekonomi.
  • Dapat digunakan untuk memprediksi sumber daya ekonomi untuk mendanai kegiatan pemerintah pusat dan daerah pada periode berikutnya.
  • Data laporan dapat digunakan untuk mengevaluasi keputusan yang dibuat oleh pengguna laporan.
  • Waktu sumber daya keuangan, akuntabilitas dan kepatuhan ditentukan oleh entitas pelapor untuk memastikan kelancaran pengelolaan kas.
  • Kehadiran laporan ini memberikan informasi tentang keadaan keuangan secara keseluruhan. Sehingga laporan ini digunakan sebagai sumber informasi yang paling aktual dan bisa menentukan efisiensi pendapatan serta realisasi sumber daya ekonomi.
  • Laporan ini juga dapat digunakan untuk membandingkan pendapatan anggaran, apakah cocok atau tidak. Laporan ini akan membantu Anda membuat keputusan tentang pengalokasian sumber daya secara bertanggung jawab untuk periode berikutnya.
  • Perlu dicatat bahwa laporan pelaksanaan anggaran juga dapat memberikan informasi tentang perolehan dan penggunaan sumber daya ekonomi, penggunaan sumber daya yang efektif, efisien dan ekonomis sesuai dengan anggaran dan undang-undang.

Begitulah pembahasan tentang pembuatan laporan realisasi anggaran beserta manfaatnya, di mana seperti yang kita ketahui bahwa anggaran merupakan salah satu kunci keberhasilan.

Sehingga jangan biarkan staff finance Anda mengalami kerepotan dengan pengelolaan keuangan bisnis berbasis kertas atau spreadsheet yang menyita waktu dan tenaga.

Gunakan Software Akuntansi Harmony untuk pembukuan usaha yang lebih modern, praktis, dan akurat. Pembuatan laporan keuangan berjalan otomatis, dalam hitungan detik. Dilengkapi fitur smart invoice, rekonsiliasi bank otomatis, manajemen stok, dan laporan keuangan lainnya.

Kalau ada software akuntansi yang sistematis dan minim kesalahan, kenapa harus mengandalkan pembukuan manual? Buktikan kecanggihan Software Akuntansi Harmony sekarang untuk bisnis Anda. Klik tautan ini untuk FREE Trial 30 hari.

Dapatkan juga info selengkapnya mengenai fitur-fitur dan update aktivitas Harmony, dengan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK