Harmony » Blog » 

Lakukan 3 Hal Penting Ini untuk Pebisnis Ditengah Krisis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 14, 2020

Informasi mengenai semakin bertambah banyak korban dampak wabah covid-19 ini selalu ada baik dimedia televisi maupun internet. Melihat kondisi seperti ini sangat berdampak pada sistem ekonomi di negara Indonesia ini. Dapat dikatakan bila Anda tidak bisa melewati wabah covid-19 ini tentu sangat mempengaruhi bisnis bahkan untuk dapat dikatakan “bertahan” saja belum tentu apalagi untuk bisa menghasilkan profit perusahaan. Kali ini akan dibahas mengenai 3 hal penting ditengah krisis untuk para pelaku UMKM agar bisnisnya bisa optimal.

Bisnis Anda akan maksimal untuk bisa menghasilkan profit, oleh karena itu jangan lupakan 3 hal penting untuk pebisnis ditengah krisis covid-19 ini.

Dikutip dari penjelasan Jacky Mussry selaku president Indonesia Council for Small Business (ICSB) dalam acara seminar online (webinar) pada Rabu, 08 April 2020 yang bertajuk strategi UMKM bertahan di saat krisis, jika Anda pelaku UMKM lakukan 3 hal penting ditengah krisis diantaranya:

1. Mereview Kembali Strategi Pemasaran

Hal penting ditengah krisis yang harus Anda lakukan adalah mereview kembali strategi pemasaran, Anda harus melakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran yang saat ini sering di terapkan. Dengan kondisi seperti ini saatnya Anda harus bisa berinovasi, apakah mungkin Anda harus merubah strategi pemasaran seperti kepada strategi pemasaran penjualan online, dan lainnya. Hanya Anda saja yang bisa memutuskan dan mereview kembali sistem bisnis Anda, menjadi suatu hal penting ditengah krisis covid-19 ini. Adapun Anda dapat membaca artikel ini “PSBB Jakarta? Ini 5 Strategi UKM yang Dapat Dilakukan” guna menambahkan referensi untuk Anda pelaku UMKM strategi apa yang cocok untuk dilakukan oleh perusahaan di tengah krisis covid-19 ini.

[elementor-template id="26379"]

2. Memperhatikan Branding

Hal penting ditengah krisis covid-19 selanjutnya adalah memperhatikan branding produk. Hal yang harus Anda perhatikan adalah pelaku UMKM harus membatasi biaya-biaya seperti biaya iklan, biaya promosi lainnya untuk mendapatkan penjualan baru konsumen baru pula karena dengan kondisi seperti ini Anda harus memahami tipe-tipe konsumen yang cenderung kepada loyalitas terhadap produk yang sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dan mulai untuk menahan diri untuk mencoba-coba produk baru atau brand baru karena hal tersebut akan menghabiskan banyak kesempatan ke arah positif.

3. Memperhatikan Cash Flow

Hal penting ditengah krisis terakhir adalah mengatur cash flow, berbicara masalah cash flow pastinya berujung pada daya tahan perusahaan untuk tetep bertahan dalam kondisi covid-19. Dalam mengimbangi cash flow Anda dapat membuat keputusan yang tepat perihal biaya-biaya yang realistis untuk dikeluarkan dan mulai memotong biaya-biaya yang tidak perlu seperti biaya transport atau biaya promosi offline dialihkan kepada biaya promosi online, sehingga cash flow Anda terhitung lebih efektif dan efisien.

Begitulah penjelasan mengenai hal penting yang harus Anda lakukan sehingga bisnis Anda bisa melewati kondisi krisis covid-19. Bisnis Anda untuk tetap bertahan ditengah krisis ini, pastinya memerlukan laporan keuangan yang praktif dan mudah. Dalam pembuatan laporan keuangan tersebut pastinya Anda memerlukan alat bantu seperti Software Akuntansi Harmony, yang mana dapat menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu menunjang kebutuhan Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS 30 Hari Software Harmony disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram