Harmony Blog

PSBB Jakarta? Ini 5 Strategi UKM yang Dapat Dilakukan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

lockdown psbb jakartaPin

Pemerintah sudah menganjurkan kepada masyarakat untuk melakukan kebijakan PSBB Jakarta (pembatasan sosial berskala besar) selama masa pandemi Covid-19 berlangsung. Kebijakan ini disebut juga social restriction, mungkin dari kita sempat berpikir kegiatan yang dilakukan akan menjadi semakin terbatas.

Begitu juga dengan pemilik bisnis maupun UKM, dengan adanya kebijakan PSBB pemilik bisnis harus memutar otak memikirkan bagaimana bisnis dapat bertahan dan berkembang.

Agar menjadi UKM yang sukses dalam menjalankan bisnisnya, mempelajari dan mengetahui tips strategi terbaru menjadi sangat penting, agar bisnis dapat bertahan dalam segala kondisi dan kebijakan terbaru seperti PSBB Jakarta yang sudah berlaku saat ini.

Dengan adanya kebijakan tersebut para UKM mencari cara mengelola bisnis UKM agar sukses, sehingga tidak semakin menjadi dampak yang sangat berpengaruh bagi kesehatan keuangan perusahaan dan kegiatan operasional menjadi terganggu, bahkan mungkin usaha tersebut menjadi tidak efektif dan menimbulkan kebangkrutan.

Untuk itu para pebisnis harus mengambil cara agar bagaimana UKM berjalan dengan lancar dan memikirkan jalan keluar untuk melewati kondisi tersebut. Semoga dengan artikel ini Anda dapat menemukan solusi dari tips yang akan disampaikan.

Lebih Lengkapnya Mengenai PSBB Jakarta

PSBB Jakarta merupakan suatu kebijakan yang merupakan kegiatan sosial yang membatasi masyarakat dalam suatu wilayah tertentu. Dengan melibatkan aparat negara yang diberikan kewenangan memberikan pengarahan terhadap masyarakat untuk tetap dirumah selama masa pandemi virus corona ini.

Berbeda dengan para UKM yang masih di ijinkan beroperasi meski kegiatannya terbatas seperti contoh apotek, supermarket, bank, PLN, layanan pengiriman dan layanan internet ataupun komunikasi.

Sebagai pelaku suatu pebisnis maupun UKM, PSBB Jakarta bisa saja menjadi peluang mendapatkan keuntungan dan juga membuat strategi baru untuk bisa menghadapi situasi ini.

5 Tips Strategi UKM yang Dapat Dilakukan di Masa PSBB Jakarta

1. Tentukan Target Market Lokal Saat PSBB Jakarta

Dalam keadaan yang sementara ini, pebisnis ataupun pengusaha harus mempersempit jangkauan usaha, dan fokus terhadap daerah sekitar yang dapat dijangkau bahkan tidak ada pelarangan. Sebagai pelaku bisnis dalam mencari strategi bisnis yang harus diketahui yaitu apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana solusinya.

Sebagai contoh, Anda sebagai pedagang yang mempunyai toko fisik, Anda dapat memasarkan produk Anda dengan door to door di lokasi dekat toko fisik Anda, tentunya dengan menggunakan protokol keselamatan Covid-19.

2. Manfaatkan Media Pemasaran Online

Dengan adanya pemanfaatan akses online, dengan menggunakan teknologi yang sebagaian besar masyarakat sudah lihai menggunakannya seperti sosial media, website, marketplace, dll. Manfaatkan fasilitas tersebut untuk menarik para pelaku pembeli dalam jarak jauh.

Lakukan hal ini sebagai kegiatan operasional usaha Anda setiap harinya, untuk menjual dan selalu menentukan pasar online yang akan Anda buat dalam promo konten dan mempromosikan brand bisnis Anda yang dapat menarik pembeli. Anda dapat menggunakan jasa Ojek Online untuk mengirimkan barang Anda.

Baca juga : Strategi Pemasaran Online Shop Yang Mudah Di Terapkan

3. Lakukan Kerja Sama dengan Pengusaha Marketing Online

Sebagai pebisnis melakukan kerja sama adalah hal yang lumrah. Anda dapat membuat kerja sama dengan banyak pemilik online shop, berikan informasi terhadap produk yang Anda jual, berikan harga yang murah namun tetap dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Dengan cara ini pemasaran Anda akan menjadi sangat efektif juga efisien, dan Anda akan mempunyai tenaga pemasar yang sudah kompeten dibidang online namun tidak mengeluarkan biaya promosi yang banyak, dengan begitu melakukan bisnis dan melakukan kebijakan PSBB Jakarta tetap berjalan lancar.

4. Buat Strategi Pemasaran yang Unik dan Menarik

Memikirkan suatu rencana dan membuat promo menarik memang bukanlah hal yang mudah. Namun Anda dapat memulai dengan strategi pemasaran dengan menggunakan nama brand Anda buatlah agar unik dan berbeda.

Anda dapat juga mengemas produk Anda dengan memberikan bonus produk masker kain, sanitizer atau disinfectan yang mudah Anda dapatkan dan buat sendiri, dan masih banyak cara lainnya.

Buatlah para pembeli menjadi tertarik dengan promo bahkan berikan juga cashback atau diskon yang menarik dan tentunya bisa bermanfaat bagi pembeli dalam situasi sekarang ini.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Restrukturasi Sistem Bisnis Anda

Dalam kondisi kegiatan yang terbatas bisa berdampak negatif dan positif tergantung dari Anda menyikapinya. Anda dapat memperbaiki Manajemen bisnis seperti Pengelolaan keuangan bisnis Anda, pengelolaan stok barang, pemasaran, pengiriman sampai pengelolaan bisnis secara keseluruhan. Dengan waktu yang luang Anda dapat memanfaatkannya.

Maka dari itu, pebisnis harus lebih bijak dalam menanggapi setiap keadaan. Tetap menaati peraturan pemerintah dan juga terus mencari cara bagaimana bisnis terus dapat berkembang.

Dengan cara ini para UKM diharapkan tetap menjalankan bisnisnya walaupun dalam kondisi dan kebijakan yang baru, sehingga kegiatan operasional tetap berjalan, mencari strategi pemasaran yang berbeda dari biasanya, dan menjadi suatu dokumentasi para UKM dalam mempelajari suatu bisnisnya ditengah wabah seperti ini dimasa yang akan datang.

Semoga Anda sebagai pebisnis tetap diberikan kesehatan diri dan juga kesehatan dalam bisnis. Harmony sebagai penyedia software akuntansi, akan membantu Anda dalam memperbaiki manajemen bisnis Anda dan memberikan solusi seperti mengelola keuangan bisnis, mengelola stok barang, sampai memberikan laporan-laporan keuangan yang lengkap agar bisnis Anda dapat berjalan dengan sehat.

Saksikan juga bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis dalam acara Fintax Fair.  Mau tahu kelebihan Harmony secara lengkap? Anda dapat menggunakan Harmony secara GRATIS selama 30 Hari dengan daftar disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony