Dalam semua jenis organisasi baik profit maupun non-profit, konsep manajemen merupakan hal yang penting diterapkan. Sebuah organisasi atau lembaga dinilai berhasil apabila semuanya memiliki kesamaan dalam visi, misi, serta tujuan. Hal ini tidak dapat diraih tanpa adanya ilmu manajemen yang tepat.
Manajemen sendiri terdiri atas serangkaian fungsi yang satu sama lain saling terkait. Sebagai pebisnis yang baik, tentu penting sekali untuk mengetahui pentingnya konsep manajemen serta karakteristik-karakteristiknya. Ini dia ulasan selengkapnya untuk Anda.
Table of Contents
Untuk mempelajari konsep dasar manajemen bisnis, ada sejumlah hal yang harus Anda ketahui. Mulai dari definisi, unsur-unsur, dan berbagai macam lainnya. Pertama-tama Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai definisi dari manajemen itu sendiri, yaitu:
Manajemen merupakan proses perancangan dan pemeliharaan lingkungan. Di mana terdapat kerjasama antara individu dalam kelompok secara efisien untuk memperoleh tujuan yang dipilih.
Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, organisasi, penggerak, serta pengendalian manajemen operasi organisasi. Tujuannya agar mencapai koordinasi sumber daya manusia dan material dalam mencapai tujuan yang efektif serta efisien.
Manajemen merupakan sebuah proses kerja dengan melalui orang lain. Guna secara efektif mencapai tujuan organisasi dan secara efisien menggunakan sumber daya yang terbatas di lingkungan berubah.
Secara menyeluruh, manajemen dapat didefinisikan sebagai sebuah proses menyelesaikan sesuatu dengan tujuan mencapai visi misi secara efektif dan efisien.
Adapun dalam mempelajari konsep dasar manajemen dalam bisnis, perlu sekali mengetahui unsur-unsur yang ada dalam manajemen itu sendiri.
Unsur-unsur ini masing-masing juga menghadirkan fungsi manajemen sesuai posnya masing-masing. Diantaranya:
Bisa diartikan bahwa sumber daya manusia merupakan salah satu dari bagian penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Tanpa adanya sumber daya ini, fungsi manajemen tidak dapat berjalan seperti biasa, mengingat adanya SDM inilah yang menjadi penggerak kegiatan manajemen.
Keuangan memiliki fungsi manajemen yang cukup krusial. Biaya operasional, modal, pengelolaan, dan hal lain yang berkaitan dengannya digarap secara efektif dengan manajemen keuangan yang tepat. Keuangan juga dapat menjadi sebuah konsep dasar manajemen yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis
Bahan baku penting dalam mempengaruhi kualitas produk. Sebaiknya Anda memperhatikan material yang digunakan di tiap produksinya. Hal ini akan mempengaruhi citra dan jalannya usaha Anda dalam jangka panjang.
Bagi yang sedang memulai bisnis, adanya mesin berteknologi perlu diperhatikan. Pekerjaan yang dilakukan akan menjadi lebih mudah dengan adanya mesin. Tujuan perusahaan perseorangan maupun perseroan pun dapat tercapai secara efektif dan efisien.
Metode hadir sebagai konsep manajemen yang harus Anda ketahui selanjutnya. Mengapa demikian? Karena dengan metode ini, operasional perusahaan Anda akan terbentuk. Metode yang digunakan juga harus selaras dengan target, fasilitas, waktu, uang, dan hal lainnya.
Konsep manajemen juga dapat terbentuk melalui unsur pasar. Bagian unsur satu ini mempengaruhi bagaimana sebuah bisnis dapat terbentuk serta berkembang. Bahan material, pemasaran, dan sebagainya begitu berkaitan dengan pasar.
Memahami karakteristik manajemen sangat penting untuk dilakukan para pebisnis. Karakteristik inilah yang nantinya bisa menjadi gambaran bagaimana contoh konsep manajemen yang sesungguhnya. Berikut ulasannya.
Sebuah organisasi harus memiliki rangkaian tujuan dasar. Tak mengherankan sebuah konsep manajemen mengharuskan organisasi berorientasi pada tujuan dan menyatukan individu di dalamnya untuk mencapainya.
Merupakan kegiatan yang pengelolaan yang sifatnya umum. Baik itu organisasi bersifat ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya.
Manajemen berkonsep multidimensi. Artinya terdapat aktivitas individu yang begitu kompleks. Berikut beberapa contoh konsep manajemen multidimensi:
[elementor-template id="26379"]
Proses manajemen yang bekerja dengan menjalankan serangkaian fungsi haruslah berkelanjutan. Fungsi-fungsi ini harus dilakukan secara bersamaan dan sepanjang waktu.
Tanpa adanya kerja sama, manajemen tidaklah dapat berjalan. Manajemen harus memungkinkan semua anggotanya tumbuh serta berkembang.
Manajemen dapat dikatakan sebagai kekuatan tak terwujud yang kehadirannya dapat dirasakan, tetapi tidak dilihat. Contoh konsep manajemen perusahaan yang bagus apabila dijalankan secara terarah dan memiliki visi misi yang jelas.
Bagaimana, kini Anda sudah memahami konsep manajemen dan karakteristiknya? Mudah-mudahan ulasan mengenai konsep dasar manajemen di atas, dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi bisnis Anda.
Sangat penting bagi Anda selaku pemilik usaha memperhatikan sistem laporan keuangan yang rapi, sistematis, dan akurat. Percayakan pada Software Akuntansi Harmony yang telah terbukti membantu ribuan klien.
Fitur akuntansinya komplit mendukung kelancaran bisnis Anda. Mulai dari pencatatan pemasukan-pengeluaran, laporan laba rugi, pengelolaan stok barang, invoice otomatis, hingga rekonsiliasi bank secara otomatis.
Buktikan keunggulan Software Akuntansi Harmony untuk mendukung pembukuan dan manajemen keuangan bisnis Anda secara GRATIS 30 hari, daftar di tautan ini. Cari informasi selengkapnya mengenai fitur-fitur aplikasi Harmony dari akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.