Harmony Blog

Konsep Manajemen dan Karakteristik yang Perlu Diketahui Pebisnis

Diposting Jun 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Konsep ManajemenPin

Dalam semua jenis organisasi baik profit maupun non-profit, konsep manajemen merupakan hal yang penting diterapkan. Sebuah organisasi atau lembaga dinilai berhasil apabila semuanya memiliki kesamaan dalam visi, misi, serta tujuan. Hal ini tidak dapat diraih tanpa adanya ilmu manajemen yang tepat.

Konsep manajemen bisa diartikan bahwa peran sumber daya manusia merupakan bagian penting dalam mencapai tujuan perusahaan.Click to Tweet

Manajemen sendiri terdiri atas serangkaian fungsi yang satu sama lain saling terkait. Sebagai pebisnis yang baik, tentu penting sekali untuk mengetahui pentingnya konsep manajemen serta karakteristik-karakteristiknya. Ini dia ulasan selengkapnya untuk Anda.

Konsep Manajemen Serta Karakteristiknya

Untuk mempelajari konsep dasar manajemen bisnis, ada sejumlah hal yang harus Anda ketahui. Mulai dari definisi, unsur-unsur, dan berbagai macam lainnya. Pertama-tama Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai definisi dari manajemen itu sendiri, yaitu:

  1. Menurut Harold Koontz dan Heinz Weihrich

    Manajemen merupakan proses perancangan dan pemeliharaan lingkungan. Di mana terdapat kerjasama antara individu dalam kelompok secara efisien untuk memperoleh tujuan yang dipilih.

  2. Menurut Robert L Trewelly dan M Gene Newport

    Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, organisasi, penggerak, serta pengendalian manajemen operasi organisasi. Tujuannya agar mencapai koordinasi sumber daya manusia dan material dalam mencapai tujuan yang efektif serta efisien.

  3. Menurut Kreitner

    Manajemen merupakan sebuah proses kerja dengan melalui orang lain. Guna secara efektif mencapai tujuan organisasi dan secara efisien menggunakan sumber daya yang terbatas di lingkungan berubah.

    Secara menyeluruh, manajemen dapat didefinisikan sebagai sebuah proses menyelesaikan sesuatu dengan tujuan mencapai visi misi secara efektif dan efisien.

Konsep Dasar Manajemen Dalam Bisnis

Adapun dalam mempelajari konsep dasar manajemen dalam bisnis, perlu sekali mengetahui unsur-unsur yang ada dalam manajemen itu sendiri. 

Unsur-unsur ini masing-masing juga menghadirkan fungsi manajemen sesuai posnya masing-masing. Diantaranya:

Definisi konsep manajemenPin

  1. Sumber Daya Manusia

    Bisa diartikan bahwa sumber daya manusia merupakan salah satu dari bagian penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Tanpa adanya sumber daya ini, fungsi manajemen tidak dapat berjalan seperti biasa, mengingat adanya SDM inilah yang menjadi penggerak kegiatan manajemen.

  2. Keuangan

    Keuangan memiliki fungsi manajemen yang cukup krusial. Biaya operasional, modal, pengelolaan, dan hal lain yang berkaitan dengannya digarap secara efektif dengan manajemen keuangan yang tepat. Keuangan juga dapat menjadi sebuah konsep dasar manajemen yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis

  3. Bahan Baku

    Bahan baku penting dalam mempengaruhi kualitas produk. Sebaiknya Anda memperhatikan material yang digunakan di tiap produksinya. Hal ini akan mempengaruhi citra dan jalannya usaha Anda dalam jangka panjang.

  4. Mesin

    Bagi yang sedang memulai bisnis, adanya mesin berteknologi perlu diperhatikan. Pekerjaan yang dilakukan akan menjadi lebih mudah dengan adanya mesin. Tujuan perusahaan perseorangan maupun perseroan pun dapat tercapai secara efektif dan efisien.

  5. Metode

    Metode hadir sebagai konsep manajemen yang harus Anda ketahui selanjutnya. Mengapa demikian? Karena dengan metode ini, operasional perusahaan Anda akan terbentuk. Metode yang digunakan juga harus selaras dengan target, fasilitas, waktu, uang, dan hal lainnya.

  6. Pasar

    Konsep manajemen juga dapat terbentuk melalui unsur pasar. Bagian unsur satu ini mempengaruhi bagaimana sebuah bisnis dapat terbentuk serta berkembang. Bahan material, pemasaran, dan sebagainya begitu berkaitan dengan pasar.

Karakteristik Manajemen

Memahami karakteristik manajemen sangat penting untuk dilakukan para pebisnis. Karakteristik inilah yang nantinya bisa menjadi gambaran bagaimana contoh konsep manajemen yang sesungguhnya. Berikut ulasannya.

  1. Manajemen Berorientasi Pada Tujuan

    Sebuah organisasi harus memiliki rangkaian tujuan dasar. Tak mengherankan sebuah konsep manajemen mengharuskan organisasi berorientasi pada tujuan dan menyatukan individu di dalamnya untuk mencapainya.

  2. Manajemen Bersifat Luas

    Merupakan kegiatan yang pengelolaan yang sifatnya umum. Baik itu organisasi bersifat ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya.

  3. Manajemen Multidimensi

    Manajemen berkonsep multidimensi. Artinya terdapat aktivitas individu yang begitu kompleks. Berikut beberapa contoh konsep manajemen multidimensi:

    • Manajemen pekerjaan
    • Manajemen sumber daya manusia
    • Manajemen operasi

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Manajemen Berkelanjutan

    Proses manajemen yang bekerja dengan menjalankan serangkaian fungsi haruslah berkelanjutan. Fungsi-fungsi ini harus dilakukan secara bersamaan dan sepanjang waktu.

  5. Manajemen Kegiatan Kelompok

    Tanpa adanya kerja sama, manajemen tidaklah dapat berjalan. Manajemen harus memungkinkan semua anggotanya tumbuh serta berkembang.

  6. Manajemen Kekuatan Tak Terwujud

    Manajemen dapat dikatakan sebagai kekuatan tak terwujud yang kehadirannya dapat dirasakan, tetapi tidak dilihat. Contoh konsep manajemen perusahaan yang bagus apabila dijalankan secara terarah dan memiliki visi misi yang jelas.

Bagaimana, kini Anda sudah memahami konsep manajemen dan karakteristiknya? Mudah-mudahan ulasan mengenai konsep dasar manajemen di atas, dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi bisnis Anda.

Sangat penting bagi Anda selaku pemilik usaha memperhatikan sistem laporan keuangan yang rapi, sistematis, dan akurat. Percayakan pada Software Akuntansi Harmony yang telah terbukti membantu ribuan klien. 

Fitur akuntansinya komplit mendukung kelancaran bisnis Anda. Mulai dari pencatatan pemasukan-pengeluaran, laporan laba rugi, pengelolaan stok barang, invoice otomatis, hingga rekonsiliasi bank secara otomatis.

Buktikan keunggulan Software Akuntansi Harmony untuk mendukung pembukuan dan manajemen keuangan bisnis Anda secara GRATIS 30 hari, daftar di tautan ini. Cari informasi selengkapnya mengenai fitur-fitur aplikasi Harmony dari akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony