Harmony Blog

Ketahui Perbedaan FOB (Free On Board) dan CIF (Cost, Insurance, and Freight)

Diposting Mei 3rd, 2021
3

SHARES

PEMBACA

Perbedaan FOB dan CIFPin

Meski sama-sama menjadi istilah perdagangan internasional yang populer, ternyata ada perbedaan fob dan cif yang cukup signifikan. Sayangnya, perbedaan fob dan cif ini masih jarang atau tidak terlalu dikenal kebanyakan orang, terutama masyarakat awam.

Dalam saluran distribusi ekspor dan impor maupun perbedaan fob dan cif sangat penting diketahui karena berguna sebagai proses perdagangan internasional. Sebab proses ini, termasuk dalam tanggung jawab dan risiko barang yang didistribusikan.

CIF adalah sistem pembayaran yang dilakukan eksportir sebagai pihak penanggung ongkos kirim suatu produk hingga tiba di negara tujuan.Click to Tweet

Agar lebih jelas memahami perbedaan fob dan cif, yuk kita bahas tentang apa itu cif dan free on board (FOB).

Apa Itu CIF (Cost, Insurance, dan Freight)?

Sebelum mengetahui apa itu perbedaan fob dan cif, pertama perlu Anda ketahui CIF adalah singkatan dari Cost, Insurance, dan Freight. Pengertian CIF adalah sistem pembayaran yang dilakukan eksportir sebagai pihak penanggung ongkos kirim suatu produk hingga tiba di negara tujuan.

CIF termasuk biaya asuransi barang, biaya bongkar muat kargo, hingga biaya pengiriman atau pengadaan barang. Segala risiko kerusakan atau kehilangan barang akan ditanggung oleh eksportir.

Maka itu, setibanya di negara tujuan, harga barang sangat mahal, karena sudah termasuk biaya-biaya tambahan di atas. Meski mahal, akan tetapi CIF sangat membantu dan membuat importir lebih tenang akan kualitas barang. Sebab, tidak perlu pusing memikirkan biaya asuransi, biaya pengiriman atau dokumen lain yang berbelit.

Apa Itu FOB (Free On Board)?

Selanjutnya, untuk mengenal perbedaan fob dan cif  adapun pengertian dari free on Board atau fob adalah peraturan yang diberlakukan secara internasional untuk transaksi jual-beli yang menggunakan sarana angkutan laut. Bisa dikatakan, Free on Board atau fob adalah kamar dagang internasional.

FobPin

Secara umum, Free on Board atau fob adalah kondisi yang sudah disepakati kedua pihak (penjual dan pembeli) dengan ketentuan harga dihitung sesuai nilai barang diakumulasikan dengan semua biaya yang ditanggung hingga tiba di kapal (on board).

Baca Juga : 10 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Contohnya

Biaya yang termasuk dalam Free on Board atau fob adalah biaya muat pelabuhan ke atas kargo kapal, biaya komoditas ke atas kapal, biaya distribusi dari gudang ke dermaga, serta biaya bea cukai. Khusus bagi pembeli, juga dikenakan biaya fob adalah asuransi, biaya bongkar muat pelabuhan, serta biaya pengangkutan ke gudang saja.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Kasus Implementasi Perbedaan FOB dan CIF

Untuk memahami lebih mendalam tentang perbedaan fob dan cif, berikut ini contoh kasus penerapan fob dan cif yang dapat dipelajari:

PT Sari Jaya memperdagangkan bahan baku kosmetik kepada PT Lady Diana yang ada di luar negeri. Harga yang disepakati adalah $150 per kg. Keduanya, kemudian menandatangani FOB sebesar $150 per kg.

Artinya, PT Lady Diana sebagai importir akan membayar $150 per kg kepada PT Sari Jaya selaku eksportir.  Biaya tambahan yang harus dibayarkan oleh PT Lady Diana termasuk ongkos pengiriman, biaya asuransi, dll.

Selanjutnya, PT Sari Jaya dan PT Lady Diana juga sepakat menggunakan sistem CIF. Jadi, PT Lady Diana akan membayar biaya bea cukai, biaya distribusi/ pengangkutan, biaya asuransi, yang prosedurnya akan ditangani oleh PT Sari Jaya agar pengiriman barang bisa tepat waktu dan kualitasnya tetap terjaga sesuai kesepakatan.

Perlu diketahui bahwa, terkadang ada selisih nilai perhitungan dari perbedaan fob dan cif. Maka itu, perusahaan harus memperhitungkan dengan detail kemungkinan biaya yang akan dikeluarkan PT Sari Jaya selaku importir ketika menerapkan free on board (FOB) atau cost, insurance, dan freight (CIF). Dengan begitu perbedaan fob dan cif dalam bisnis akan mendapat lebih maksimal dalam efisiensi biaya.

Nah, itu dia ulasan mengenai perbedaan fob dan cif. Dalam bisnis ekspor dan impor perdagangan internasional, sangat penting memilih sistem yang tepat agar perusahaan bisa lebih mudah mencapai kesuksesan. Terutama, dalam hal pengelolaan anggaran keuangan.

Gunakan Software Akuntansi Harmony yang siap mendukung manajemen keuangan dan pembukuan yang lebih modern. Aplikasi Harmony membantu tugas dan kinerja tim keuangan lebih efisien dan efektif dengan berbagai modul dan fitur akuntansi yang canggih. Seperti rekonsiliasi bank otomatis, perhitungan stok, laporan laba-rugi, dan masih banyak lagi.

Menyajikan laporan keuangan menjadi lebih cepat, rapi, dan sistematis dengan Aplikasi Harmony. Mau bukti? Silakan coba GRATIS selama 30 Hari Aplikasi Harmony, daftar klik di sini. Kenali berbagai fitur akuntansi dan info seputar bisnis lainnya melalui follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK