Harmony Blog

Ketahui Fungsi Laporan Arus Kas Untuk Bisnis Anda

Diposting Mei 17th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Fungsi laporan arus kasPin

Seorang pebisnis perlu memahami betapa pentingnya fungsi laporan arus kas atau cash flow statement. Fungsi laporan arus kas adalah menggambarkan rincian transaksi selama suatu periode.

Laporan arus kas merupakan jenis laporan keuangan perusahaan yang pokok untuk analisa perusahaan. Karena di dalamnya, komponen laporan arus kas akan memberikan gambaran yang jelas tentang jumlah kas yang mengalir masuk dan keluar.

Fungsi laporan arus kas adalah memberi tahu Anda asal uang dan kemana perginya.Click to Tweet

Dari fungsi laporan arus kas, perusahaan bisa memahami apakah bisnis inti perusahaan memiliki prospek. Sebab, laporan keuangan perusahaan dan laporan arus kas adalah dokumen penting bagi para eksekutif dan investor.

Dalam dunia bisnis, laporan keuangan perusahaan menjadi indikator banyak hal. Bukan hanya menilai seberapa besar keuntungan perusahaan, tetapi juga meraih kepercayaan dari para investor.

Itulah mengapa, penting mengetahui manfaat laporan keuangan berdasarkan karakteristik laporan keuangan. Untuk lebih memahami fungsi laporan arus kas, mari kita simak penjelasannya berikut.

  1. Dapat Mengetahui Jumlah Saldo Kas

    Yang pertama, fungsi laporan arus kas adalah mengetahui nilai saldo kas perusahaan. Neraca saldo menggambarkan tentang keuangan pada tanggal tertentu, aset, kewajiban, serta ekuitas pemiliknya di perusahaan.

    Sementara itu, fungsi laporan arus kas dapat berjalan sebagaimana mestinya. Apabila perusahaan dapat dengan mudah melacak uang yang masuk dan keluar dari perusahaan dalam suatu periode.

    Jadi, fungsi paling dasar dari cash flow statement atau laporan arus kas adalah menjelaskan perubahan total kas dari satu periode ke periode berikutnya.

  2. Mampu Mengidentifikasi Uang Tunai Vs Keuntungan

    Laporan laba rugi sebagai komponen laporan arus kas akan memberi tahu apakah perusahaan mendapatkan keuntungan atau kerugian selama periode tertentu. Tetapi, keuntungan atau laba ini belum tentu sama dengan cash flow atau arus kas.

    Sebab dalam akuntansi, perusahaan akan mencatat pemasukan ketika mereka mendapatkannya, bukan saat menerima pembayaran. Selain itu, perusahaan juga mencatat biaya saat dikenakan, bukan saat perusahaan benar-benar membayarnya.

    Jadi, pendapatan dan pengeluaran itu tidak selalu sama dengan uang tunai masuk dan keluar. Pada poin ini, fungsi kedua dari laporan kas adalah untuk mengidentifikasi arus kas uang tunai yang terpisah dari keuntungan yang dilaporkan perusahaan.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Dapat Melacak Uang Masuk Dan Keluar

    Fungsi laporan arus kas yang ketiga adalah memberitahu Anda asal uang dan ke mana perginya.

    Melacak uang masuk kasPin

    Cash flow statement terdiri dari 3 komponen laporan arus kas, yaitu: operasi, investasi, dan pembiayaan.

    • Fungsi laporan arus kas operasional: Mencatat rincian transaksi arus kas perusahaan yang terkait operasional sehari-hari. Contohnya: penggajian karyawan, membayar supplier, dll.
    • Fungsi laporan arus kas investasi: Mencatat rincian pembelian dan pengeluaran aset perusahaan. Contohnya: properti, kendaraan, peralatan pabrik, dll.
    • Fungsi laporan arus kas pembiayaan: Mencatat rincian transaksi arus kas yang diterima dari kreditur dan investor, dll.
  4. Membantu Menganalisis Perkembangan Perusahaan

    Fungsi laporan arus kas yang terakhir adalah menganalisa dan memberikan wawasan kepada pemilik bisnis serta manajer perusahaan apakah arus kas sudah sesuai pada periode yang berjalan.

    Misalnya, perusahaan sudah menargetkan memperoleh keuntungan Rp 200 juta. Atau, ada juga startup yang baru dibangun justru memiliki arus kas keluar yang besar untuk investasi. Dan bahkan, mungkin ada startup yang memiliki arus kas operasi minus alias defisit saat sedang merintis usahanya.

Laporan arus kas adalah indikator likuiditas perusahaan. Fungsi laporan arus kas yang utama adalah memberikan informasi yang berguna bagi investor tentang arus masuk dan keluar.

Lebih penting lagi, dari mana asal dan ke mana perginya uang perusahaan. Sehingga, dapat mengidentifikasi apakah perusahaan tersebut solvent alias siap dan mampu menghadapi segala macam krisis keuangan.

Nah, sudah jelas kan, laporan keuangan arus kas ternyata sangat penting bagi pebisnis. Dengan laporan keuangan yang rapi, sistematis, dan lengkap, Anda akan lebih mudah meraih kepercayaan investor atau mengajukan pendanaan.

Lengkapi sistem pembukuan dan laporan keuangan perusahaan dengan Software Akuntansi Harmony.

Aplikasi Harmony adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk menyederhanakan tugas akunting agar perusahaan bisa lebih fokus ke bisnis intinya dan semakin berkembang.

Modul dan fitur akuntansinya komplit, termasuk pembuatan laporan, invoicing, pencatatan transaksi, rekonsiliasi bank otomatis, hingga pengelolaan utang-piutang, dan masih banyak lagi.

Informasi lengkap tentang Software Akuntansi Harmony dan fiturnya bisa Anda dapatkan dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan aplikasi Harmony, daftar sekarang di tautan ini untuk pakai GRATIS 30 hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony