Ketahui 4 Laporan Keuangan Dasar Bagi Bisnis Anda
Harmony Blog
Accounting
Ketahui 4 Laporan Keuangan Dasar Bagi Bisnis Anda
November 2, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Setiap perusahaan tentu memerlukan laporan keuangan dasar untuk mencatat informasi keuangan pada suatu periode akuntansi. Laporan keuangan dasar tersebut dapat digunakan juga untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Selain itu, Laporan keuangan dasar tersebut menjadi bagian dari proses pelaporan keuangan.

Laporan keuangan dasar bisnis diantaranya berupa laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.

Ketika menjalankan bisnis, Anda perlu membuat catatan berupa informasi keuangan yang disusun untuk menggambarkan kinerja perusahaan Anda sehingga segala kebutuhan pihak-pihak yang memakainya bisa dipenuhi. Namun, perlu Anda tahu bahwa konsep dasar laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan dalam mengambil keputusan. Konsep dasar laporan keuangan hanya menggambarkan pengaruh keuangan dan kejadian masa lalu saja serta tidak menyediakan informasi non keuangan.

Bagi Anda yang akan memulai usaha, maka pastikan 4 laporan keuangan dasar ini untuk usaha Anda. Tanpa keempat laporan keuangan dasar tersebut, maka bisnis Anda tidak akan terkontrol dengan baik. Berikut ini, bahasan mengenai 4 laporan keuangan dasar untuk usaha Anda.

Laporan Neraca

Laporan keuangan dasar pertama yang wajib Anda buat adalah laporan neraca. Laporan ini merupakan laporan yang memberikan gambaran mengenai posisi aktiva, kewajiban, dan modal pada perusahaan pada saat tertentu. Laporan neraca bisa Anda susun setiap saat sehingga merupakan menjadi opname dari situasi posisi keuangan pada saat itu juga. Ketika Anda akan menyusun laporan neraca, pastikan ada komponen-komponen seperti harta (aset), kewajiban (utang usaha), dan ekuitas (modal pemilik).

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan jumlah catatan keuangan yang berasal dari pengurangan harga pokok produksi, biaya lain, dan kerugian dari penghasilan (termasuk penghasilan operasi). Laporan laba rugi berguna untuk menggambarkan kelebihan/defisit penghasilan di atas biaya selama suatu periode akuntansi. Ketika Anda membuat pembukuan sederhana, laba rugi dihitung dengan mencari selisih positif atau selisih negatif yang diperoleh dari operasi dan non-operasional perusahaan terhadap biaya dalam satu periode akuntansi.

Dengan adanya selisih tersebut, maka menyebabkan perubahan dalam posisi equity (net asset) perusahaan. Cara membuat laporan laba rugi bisa Anda lakukan dengan mudah, asalkan sudah tersedia komponen-komponen yang akan diinput dalam laporan. Komponen-komponen dalam laporan laba rugi meliputi pendapatan usaha (revenue) dan biaya usaha (expense).

Baca Juga : 4 Karakteristik Laporan Keuangan Yang Perlu Anda Tahu

custom-form-newsletter

Laporan Perubahan modal

Laporan perubahan modal merupakan laporan keuangan dasar yang mencatat seluruh informasi mengenai jumlah modal yang dimiliki perusahaan selama beberapa tahun tertentu. Laporan ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan besarnya perubahan modal yang telah terjadi beserta penyebab perubahannya.

Sebelum membuat laporan perubahan modal, maka Anda harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa data seperti jumlah modal pada awal tahun, jumlah laba rugi bersih selama tahun tersebut, dan pengambilan ekuitas (modal pemilik) di tahun yang bersangkutan. Maka dari itu, syarat untuk membuat laporan perubahan modal adalah membuat laporan laba rugi terlebih dahulu.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan catatan keuangan mengenai kejadian atau transaksi yang mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan karena diperkirakan terjadi berulang kali. Laporan arus kas atau cash flows berguna untuk menggambarkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan pada suatu periode akuntansi.

Melalui laporan arus kas, Anda bisa mendapatkan informasi sebagai indikator jumlah arus kas di masa yang akan datang. Laporan arus kas berguna juga untuk menilai ketepatan perkiraan arus kas yang telah dibuat sebelumnya selama periode pelaporan.

Baca Juga : Laporan Arus Kas : Metode Langsung dan Tidak Langsung

Setiap usaha yang sudah mulai dijalankan perlu untuk mempertimbangkan keempat jenis laporan keuangan dasar tersebut. Tanpa keempat laporan keuangan dasar tersebut, keuangan usaha tidak akan terkontrol dan cenderung terjadi berbagai masalah keuangan nantinya.

Bisa saja terjadi penggelapan dana yang tentunya akan sangat merugikan Anda. Maka dari itu, perlu bagi Anda untuk membuat keempat laporan tersebut. Anda tidak perlu bingung untuk membuat satu per satu, karena adanya software akuntansi Harmony memungkinkan Anda membuat keempat laporan keuangan tersebut menggunakan satu software yang terintegrasi.

Fitur-fitur yang disediakan memungkinkan untuk digunakan oleh berbagai kalangan bisnis, tanpa perlu keahlian khusus sebagai seorang akuntan. Untuk membuktikan kemudahannya, Anda bisa segera melakukan pendaftaran disini dan menikmati layanan gratis atau free trial selama 30 hari.

Untuk Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengurus pembukuan perusahaan, Anda memerlukan jasa pembukuan seperti Harmony Accounting Service. Jasa pembukuan Harmony akan membantu Anda untuk merapikan pembukuan bisnis Anda, sehingga Anda dapat fokus dalam mengembangkan bisnis. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/