Harmony Blog

Laporan Arus Kas Menggunakan Metode Langsung dan Tidak Langsung

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

laporan arus kasPin

Dalam pengajian laporan keuangan terdapat jenis laporan keuangan cash flow atau arus kas, yang mana laporan ini sangat penting dalam mengetahui aktifitas kas masuk atau keluar perusahaan Anda dan bisa mengakibatkan dampak yang fatal bila salah menganalisa bahkan salah membuatnya.

Laporan arus kas sangat penting karena mengetahui aktifitas uang keluar dan uang masuk dalam suatu perusahaan.

Kali ini akan dibahas mengenai bagaimana membuat laporan arus kas dengan menggunakan metode langsung maupun metode tidak langsung, simak terus artikel ini.

Dalam pembuatan laporan keuangan haruslah memenuhi standar akuntansi keuangan yang berlaku di indonesia, dikarenakan Anda harus menyajikan laporan keuangan yang layak sehingga dapat mengajikan informasi kondisi keuangan yang valid, akurat dan bernilai untuk pihak-pihak berkepentingan.

Laporan Arus Kas

Laporan yang biasa dikenal dengan istilah “cashflow” merupakan salah satu jenis format laporan keuangan yang harus dimiliki oleh perusahaan, dikarenakan dengan adanya laporan cashflow perusahaan akan mengetahui perputaran uang masuk dan uang keluar dalam satu periode.

Apalagi biasanya perusahaan tersebut dapat dikatakan mengalami keuntungan atau kerugian terlihat pada laporan keuangan arus kasnya. Adapun yang menjadi tujuan yang lain dari pembuatan laporan keuangan ini adalah perusahaan untuk mengetahui kinerja suatu perusahaan dalam suatu periode.

Laporan ini juga dapat digunakan sebagai dasar penilaian investor terhadap posisi keuangan perusahaan selama satu periode tertentu. Selain membantu investor, laporan ini juga dapat membantu kreditor, pihak perbankan bahkan pemerintah untuk menilai kebutuhan perusahaan untuk menggunakan laporan tersebut.

Dalam pembuatan laporan ini memiliki 3 elemen penting yang harus anda ketahui, seperti:

• Dari kegiatan operational, seperti: net income, piutang dagang, utang dagang dan persedian barang.

• Dari kegiatan investasi, seperti: pembelian kendaraan baru, sewa peralatan.

• Dari kegiatan pendanaan, seperti: saham, penjualan obligasi dll.

Cermati juga Artikel ini : Mengelola Cash Flow Harus Dilakukan Dengan Benar, Berikut Tipsnya!

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Metode Laporan Arus Kas

Metode laporan arus kas terbagi 2 bagian:

1. Metode Langsung

Dalam metode langsung biasanya terdiri dari kegiatan operasional, investasi dan pendanaan. Dalam perhitungannya terlihat secara langsung dari kegiatan operasional, investasi dan pendanaan langsung terperinci menjadi kas masuk dan kas keluar, sehingga sangat terlihat jelas mana uang masuk dan mana uang keluar.

2. Metode Tidak Langsung

Metode tidak langsung dapat dikatakan sebagai rekonsiliasi laba bersih yang diperoleh perusahaan. Dan metode ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar karena dinilai lebih mudah dalam pembuatan dan membaca laporan arus kas tersebut.

Seperti itulah penjelesan mengenai membuat laporan arus kas menggunakan metode langsung maupun tidak langsung. Agar bisnis Anda tetap efisien, Anda harus mampu membuat laporan ini dengan valid dan akurat baik dari kedua metode diatas, namun di era teknologi cloud saat ini Anda sudah bisa menikmati satu sistem pembukuan keuangan bisnis bernama Harmony Smart Accounting Solution.

Harmony menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony