Kenali Tunjangan Jabatan Menurut Peraturan yang Berlaku
Harmony Blog
Finance
Kenali Tunjangan Jabatan Menurut Peraturan yang Berlaku
September 14, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Akuntansi dan Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Potongan gaji, remunerisasi dan tunjangan menjadi hal yang lumrah diperoleh karyawan di Indonesia. Jika potongan gaji bersifat mengurangi jumlah gaji, maka tunjangan dan remunerisasi bersifat menambah. Salah satu jenis tunjangan tetap di Indonesia adalah tunjangan jabatan. Dalam tunjangan jabatan, penambahan nominal gaji didasarkan atas jabatan, bukan kinerja.

Semakin tinggi jabatan seseorang, idealnya tunjangan yang diterima juga semakin besar.

Peningkatan jumlah tunjangan yang diperoleh ini biasanya selaras dengan tanggung jawab yang diemban. Jadi, tunjangan jabatan diberikan sebagai bentuk apresiasi dan kompensasi tambahan.

Jenis-Jenis Tunjangan Jabatan

Organisasi pemerintah dan perusahaan swasta memiliki perbedaan jenis tunjangan yang diberikan. Dalam organisasi pemerintah, kita mengenal ada dua jenis tunjangan jabatan yaitu:

• Tunjangan Struktural

Tunjangan ini diberikan pada seseorang yang memiliki jabatan dalam kerangka struktural sebuah organisasi yang memiliki strate tertentu. Contoh tunjangan struktural adalah  tunjangan untuk kepala biro, direktur jenderal, dan kepala dinas

• Tunjangan Fungsional

Jenis tunjangan ini diberikan pada seseorang berdasarkan keahlian dan keterampilan yang dimiliki. Contohnya adalah analis, auditor, guru, peneliti, dokter dan lain sebagainya.

Sebaliknya, dalam perusahaan swasta hanya dikenal satu jenis  tunjangan yaitu tunjangan jabatan. Tunjangan jabatan karyawan swasta ini akan diberikan pada orang-orang dengan jabatan tertentu seperti kepala cabang, manager bagian, supervisor dan lain-lain.

Berapa Besaran Tunjangan Jabatan?

Dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan dan peraturan lain di Indonesia terkait pemberian upah, memang tidak disebutkan mengenai besaran dan mekanisme tunjangan jabatan. Sebenarnya ini terjadi karena di sini hanya dikenal dua tunjangan saja yaitu tunjangan tetap dan tidak tetap.

Berdasarkan dua jenis tunjangan di atas, maka tunjangan jabatan seharusnya masuk dalam tunjangan tetap karena diberikan setiap bulan dengan nilai tetap. Selain itu, tunjangan jabatan juga tidak dipengaruhi faktor seperti prestasi, kehadiran dan kinerja.

Dalam tunjangan jabatan, perbedaan nominal bisa terjadi hanya karena perbedaan jabatan antara satu orang dengan orang lainnya.

custom-form-newsletter


Tunjangan Jabatan Masuk dalam Komponen Gaji

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah tunjangan tetap masuk dalam komponen gaji? Sebelum menjawab pertanyaan ini sebaiknya Anda simak PP Pengupahan No. 78/2015. Dalam peraturan ini disebutkan di ayat 5 bahwa upah bisa diberikan dalam 3 bentuk yaitu

• Pemberian gaji pokok

• Pemberian gaji pokok dan tunjangan tetap

• Pemberian gaji pokok ditambah tunjangan tetap dan tidak tetap.

Dari  peraturan di atas, bisa dikatakan bahwa sebenarnya perusahaan tidak diwajibkan untuk memberikan tunjangan jabatan dan tunjangan ini masuk dalam komponen gaji. Ini berarti tunjangan jabatan masuk dalam obyek pajak penghasilan.

Kelola Gaji Karyawan Lebih Mudah dengan Software Akuntansi Online

Proses pemberian upah kepada karyawan bisa saja berjalan dengan tidak lancar yang disebabkan oleh salah perhitungan nominal gaji. Kesalahan ini sangat mungkin terjadi apabila sistem yang digunakan masih manual.

Untuk itulah, Anda bisa meminimalisir kesalahan ini dengan beralih ke sistem pencatatan online. Contoh realnya adalah dengan menggunakan software akuntansi. Penggunaan software akuntansi, khususnya yang sudah memakai sistem cloud bisa mengoptimalkan kinerja perusahaan.

Selain itu, software akuntansi online juga bisa membantu mempermudah Anda dalam menyelesaikan siklus akuntansi. Bayangkan saja, perhitungan pajak penghasilan karyawan pasti sangat menyita waktu jika dikerjakan secara manual. Kalaupun Anda ingin menggunakan rumus excel, tetap saja ada kemungkinan salah input. Saat kesalahan terjadi, maka Anda bisa menghabiskan waktu lebih banyak lagi untuk mencari di mana kesalahannya.

Ini jelas berbeda jika Anda sudah menggunakan software akuntansi online. Jangankan, menghitung pajak pernghasilan, perhitungan PPN dan pajak lainnya juga bisa dilakukan dengan akurat. Tak hanya itu, proses pembukuan, pembuatan laporan keuangan, hingga mengawasi kinerja tim juga bisa dilakukan dengan mudah.

Anda butuh rekomendasi?

Harmony Accounting Software menjadi pilihan terbaik. Software akuntansi yang satu ini memiliki sistem cloud yang terintegrasi dan canggih. Fiturnya juga sangat lengkap dan modulnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan berbagai jenis perusahaan.

Jadi, Anda bisa mengelola kegiatan operasional dan keuangan perusahaan dengan lebih mudah. Sistem cloud pada software juga membuat Anda lebih mudah mengontrol dan memantau pekerjaan meski tidak berada di kantor. Ingin berkonsultasi dulu? Tenang saja, Anda bisa konsultasikan dengan mudah melalui live chat Harmony. Segera daftarkan akun Anda dan DapatkanSoftware Harmony GRATIS 30 Hari disini.

Kami juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputaran keuangan, bisnis, dan lainnya. Anda dapat mengunjugi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/