Harmony Blog

Remunerasi Sama Dengan Bonus? Simak Pengertian Lengkapnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

remunerasiPin

Pada saat dikantor atau dibeberapa tempat bisnis lainnya, sebagian dari kita akan mendengar apa istilahnya remunerasi. Sebenarnya apa arti dari kata remunerasi? Yuk kita simak definisi remunerasi dan apa saja bentuk dari remunerasi itu sendiri melalui artikel kali ini.

Perusahaan yang baik akan menerapkan kebijakan dengan pemberian remunerasi sehingga sangat menguntungkan bagi karyawannya dan juga perusahaan.

Remunerasi

Remunerasi yaitu merupakan bonus dari pemberian gaji maupun pendapatan tambahan kepada seorang karyawan atau pegawai sebagai bentuk apresiasi dari kegiatan pekerjaan dan kontribusi untuk perusahaan yang bersifat rutin untuk melakukan suatu kegiatan ditempat kerja dalam melaksanakan pekerjaanya.

Dalam prinsip menurut pemerintah dapat didefinisikan sebagai uang tip atau balas jasa yang dapat dijadikan perusahaan sebagai perantara keuangan melalui perusahaan kepada bank untuk diserahkan kepada karyawan perbantuan yang berloyalitas, tenaga kerja atas prestasi, maupun jasa yang dilakukan kepada perusahaan untuk memajukan suatu usaha bisnis.

Namun dengan kata lain dikenal dengan sebutan sebagai gaji tambahan. Biasanya kebijakan perusahaan yang menggunakan remunerasi akan sangat menguntungkan bagi karyawan atau pegawai.

Pengertian Remunerasi Menurut Pendapat Para Ahli

Dalam mengemukakan pendapatnya setiap para ahli akan mendefinisikan kalimat remunerasi yang menghasilkan kalimat berbeda-beda walaupun pada akhirnya tujuannya yang dimiliki sama ataupun sesuai yang diinginkan. Ada beberapa pendapat menurut para ahli supaya kita lebih memahami apa arti dari kata remunerasi yaitu sebagai berikut :

1. Remunerasi (Wikipedia)

Menurut Wikipedia remunerasi adalah pembayaran atau kompensasi finansial lainnya yang dapat diberikan sebagai imbalan atas jasa karyawan maupun pegawai yang bisa dikatakan sebagai penghargaan perusahaan kepada karyawan.

2. Remunerasi (Oxford American Dictionaries)

Menurut Oxford American Dictionaries remunerasi yaitu arti dari kata bahasa Inggris yang merupakan remunerate berarti pay (someone) for services rendered or work done. Dalam bahasa indonesia berarti membayar seseorang atas jasa yang diberikan atau pekerjaan yang telah diselesaikan.

3. Remunerasi (KBBI)

Menurut kamus besar bahasa indonesia adalah pemberian hadiah maupun penghargaan jasa atau lainnya.

4. Remunerasi (Business Dictionary)

Menurut business dictionary adalah hadiah untuk pekerjaan dalam bentuk gaji atau upah, bonus, insentif tunai, dan nilai moneter dari insentif non tunai, termasuk tunjangan (seperti mobil perusahaan, rencana medis, program pensiun).

5. Remunerasi (Rosenberg 1983)

Menurut Rosenberg merupakan upah dan segala macam bentuk manfaat finansial lainnya yang diterima seseorang sebagai hasil dari suatu pekerjaan tertentu.

Tujuan Remunerasi

Remunerasi diberlakukan pada setiap perusahaan supaya adanya ketertiban sistem penggajian maupun sistem pemberian upah. Bersifat memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas suatu karyawan dan perusahaan untuk memajukan sebuah perusahaan sehingga terhindar dari kerugian dan dapat terkelola dengan baik laporan keuangan tersebut melalui audit ataupun accounting. Berikut ini untuk penjelasan lebih lengkapnya yaitu ada beberapa tujuan atau manfaatnya :

1. Dapat Memotivasi Pegawai, Mengembangkan Semangat dan Menciptakan Suatu Kelebihan.

Tujuan adanya remunerasi supaya para karyawan dapat memotivasi dirinya untuk melakukan suatu pekerjaaan dengan bekerja yang lebih baik. Para pegawai juga dapat mengembangkan potensinyan dan lebih bersemangat untuk membangun suatu proses usaha, sehingga dapat menciptakan persaingan yang positif antar karyawan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Perusahaan juga dapat menentukan dan menilai pegawai yang mana memiliki semangat kerja yang tinggi dan dapat menguntungkan suatu perusahaan. Bahkan tentu akan menimbulkan hal positif bagi karyawan lainnya untuk terus termotivasi.

2. Memperoleh Suatu Keuntungan Perusahaan

Perusahaan yang berani mengambil suatu kebijakan remunerasi akan mengalami suatu keuntungan. Karena perusahaan juga dapat memanfaatkan suatu modal yang sangat efektif melalui anggaran keuangan, tidak perlu mengeluarkan biaya bahkan merekrut karyawan baru. Sehingga, profit yang dihasilkan lebih besaran dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan.

3. Menciptakan SDM Berkualitas

Dengan adanya remunerasi perusahaan berharap kepada setiap pegawai terciptanya suatu SDM yang berkualitas disebuah perusahaan, tim, ataupun organisasi. Adanya penghasilan tambahan dapat memotivasi para karyawan dalam meningkatkan kualitas kinerjanya.

4. Memberikan Kesejahteraan Karyawan

Adanya remunerasi karyawan yang biasanya mendapatkan penghasilan pokok kini mendapatkan imbalan tambahan, yang membantu mensejahterakan karyawan diperusahaan tentu akan membuat hal seperti ini akan menciptakan semangat yang baru.

Unsur Remunerasi

Pada hal ini biasanya kita mengetahui unsur remunerasi berasal dari dua kata saja yaitu bonus, kompensasi dan komisi. Akan tetapi, kita juga memiliki kata lainnya yang dapat menentukan apa saja unsur remunerasi tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Bonus dan Komisi

Secara harfiah, bonus maupun komisi yaitu sebuah imbalan yang diterima oleh pegawai dengan cara perhitungan keuntungan dari sebuah penjualan yang dapat diketahui melalui kinerja keuangan perusahaan.

Biasanya, bonus atau komisi diberikan secara bersamaan dengan gaji dan ada juga yang menerapkan pemberian pemisahan gaji dengan bonus.

2. Kompensasi

Kompensasi biasanya dapat dikategorikan berbentuk fisik maupun non fisik yang diterima dari setiap pegawai. Bahkan kompensasi tersebut dapat dikecualikan pajak yang justru tidak dapat dikenakan beban pajak.

3. Upah

Biasanya kita sering mengartikan upah dengan gaji sama, padahal upah dengan gaji memiliki artian yang berbeda. Upah memiliki arti yaitu suatu imbalan yang diterima dari tenaga kerja berdasarkan hitungan waktu ataupun hitungan harian.

4. Gaji

Biasanya gaji dapat dikatakan penghasilan tetap yang diberikan perusahaan kepada pegawai berdasarkan waktu yang lama seperti seminggu bahkan sebulan atas kinerja karyawan.

Kemungkinan Hal-Hal Harus Diperhatikan Dalam Pemberian Remunerasi

Sebagai pemilik perusahaan, wajib untuk memperhatikan dalam memberikan remunerasi kepada pegawai supaya dapat terhindar dari resiko kekurangan pegawai berprestasi atau bahkan cara menjaga asset perusahaan supaya pekerjaan tersebut tetap maksimal. Yaitu sebagai berikut ini :

1. Pemberian Gaji Sesuai Kinerja

Sudah sewajarnya jika karyawan yang menerima pekerjaan berisiko dan berat sudah pasti memperoleh remunerasi, bahkan pegawai yang dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu dan cepat dapat diberikan pendapatan tambahan yang bisa mengembangkan perusahaan. Bentuk gaji bahkan remunerasi dapat dikatakan penghargaan perusahaan bagi karyawannya yang berusaha menjadi loyalitas perusahaan.

2. Pemberian Bonus Kepada Pegawai Berprestasi

Pemberian remunerasi bukan hal umum yang diberikan kepada karyawan yang berprestasi, sehingga karyawan itu sendiri termotivasi untuk berkerja lebih giat lagi dan memberikan loyalitasnya kepada perusahaan sebagai hal bentuk tanggung jawab dan karyawan merasa sudah dihargai.

3. Pemberian Kenaikan Gaji Pegawai

Bagi perusahaan kenaikan gaji untuk para pegawainya merupakan hal yang dapat menjaga kinerja karyawan dan loyalitas sehingga dapat meningkatkan suatu usaha maupun bisnis.

Adanya remunerasi untuk karyawan terbaik, dibutuhkan terciptanya suatu hubungan baik antara karyawan dan juga pada setiap karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut. Selain itu, pemberian bonus juga akan meningkatkan loyalitas dan secara tidak langsung membuat kualitas karyawan menjadi lebih baik.

Kebijakan ini dapat menjadi referensi bagi usaha Anda dalam solusi dalam membuat kebijakan Anda semakin bertambah modal usaha atau suatu keuntungan bisnis yang Anda jalankan saat ini. Untuk perhitungan biaya dan laporan keuangan disarankan untuk menggunakan software akuntansi yang sudah terintegrasi dengan akun rekening bank yang digunakan pada bisnis Anda.

Salah satu software akuntansi yang terintegrasi tersebut adalah Harmony Smart Accounting Solution yang siap membantu Anda sebagai solusi dalam menemani pembuatan laporan keuangan dengan sistem pembukuan keuangan berbasis cloud technology.

Tidak perlu ragu, yuk lihat dan saksikan bagaimana dalam menggunakan Harmony yang telah membantu ribuan pemilik usaha maupun bisnis dengan hasil yang baik, rapih dan teratur dengan teknologi ini ada di acara konferensi tahunan Harmony di Fintax Fair.

Harmony akan membantu Anda walaupun tidak memiliki background akuntansi dengan adanya fitur perpajakan akan membantu Anda dalam menggunakan Harmony. Tidak perlu pusing lagi, Segera daftarkan akun Anda dan dapatkan software GRATIS 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK