Kenali Jenis-Jenis Investor dan Cara Mendapatkan Yang Tepat Untuk Bisnis Anda
Harmony Blog
Finance
Kenali Jenis-Jenis Investor dan Cara Mendapatkan Yang Tepat Untuk Bisnis Anda
September 24, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Untuk menjalankan sebuah usaha tidaklah selalu berhasil, dikarenakan banyaknya kompetitor yang ada dan modal usaha yang terbatas. Namun Ada beberapa pengusaha yang memiliki banyak ide kreatif dan memulai sebuah bisnis mengandalkan investor. Apa saja jenis-jenis Investor yang harus diketahui oleh pebisnis yang membutuhkan modal?

Seorang investor memberikan sumber daya untuk sebuah proyek atau bisnis, dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan.

Seorang investor memiliki peran yang sangat berkaitan dengan sebuah bisnis. Apabila bisnis yang Anda jalankan membutuhkan sebuah modal, maka investor inilah yang akan membantu Anda memberikan sebuah modal tersebut.

Biasanya investor sudah memiliki kemampuan yang kompeten dalam berinvestasi di berbagai bidang misalnya saham, emas, reksadana, properti dan lain sebagainya. Investor juga sudah mengetahui cara yang tepat dalam pemilahan uang, baik yang bersifat tabungan maupun dana investasi.  Maka sangat menguntungkan jika Anda memiliki investor yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Apa itu Investor ?

Yang dimaksud dengan investor adalah seseorang yang memasukkan uang ke dalam suatu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan finansial tertentu. Seorang Investor biasanya melakukan analisis teknis maupun analisis fundamental untuk menentukan peluang investasi yang paling menguntungkan dan mereka pada umumnya akan lebih memilih untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan resiko.

Apabila Anda menjadi seorang investor, Anda harus pandai dalam melihat situasi dan kondisi yang sedang terjadi. Sebab sebagai investor bukan hanya berbicara mengenai uang atau dana saja, melainkan Anda juga harus harus pandai dalam menempatkan dan ke produk investasi yang benar. Salah satu caranya adalah melihat tren usaha atau lain sebagainya yang sedang menjadi tren kekinian di Indonesia. Dengan modal kecil sekalipun, Anda masih bisa menggandakannya hingga berkali-kali lipat.

Sebagai seorang investor, Anda juga dapat menamankan dana Anda kepada investasi yang Anda inginkan seperti investasi emas. Jenis inventasi emas adalah salah satu bentuk investasi yang sudah ada sejak lama. Sebab harga emas cenderung lebih stabil sehingga mudah mengatur kondisi investasi emas dibandingkan instrumen lain.

Jenis-Jenis Investor Startup

Dalam sebuah bisnis startup terdapat beberapa jenis-jenis investor untuk startup yang harus Anda ketahui yaitu :

• Angel Investor

Istilah angel investor sering kali terdengar di kalangan startup. Yang dimaksud dengan angel investor adalah seseorang yang memiliki kekayaan melimpah yang memberikan dana kepada perusahaan kecil seperti startup. Tujuan dana yang diberikan oleh seorang angel investor juga sangat membantu perkembangan startup untuk bisa mengembangkan produk atau layanannya.

Namun dapat Anda temukan sering kali jenis investor seperti angel investor justru adalah orang-orang terdekat seperti keluarga atau bahkan sesama teman pengusaha.

• Inkubator

Yang dimaksud dengan investor inkubator bisnis adalah sebuah lembaga atau perusahaan yang bisa berasal dari berbagai sektor yang memberikan modal finansial dan juga membantu mengarahkan bisnis Anda.  Dana yang diinvestasikan oleh inkubator biasanya berkisar mulai dari ratusan juta.

Namun untuk mempercepat keberhasilan usaha adapun cara yang diterapkan melalui suatu program yang didukung oleh kemitraan dan elemen bisnis lainnya. Sebuah elemen-elemen tersebut mencakup permodalan, fasilitas kerja, pelatihan, bimbingan, dan sebagainya.

Maka fungsi dilakukannya elemen dan dukungan tersebut demi mengarahkan perusahaan berskala kecil, untuk dapat memiliki organisasi dan manajemen keuangan yang lebih terarah sehingga dapat meraih profit secara lebih cepat dan diharapkan dapat berdiri secara berkelanjutan.

• Venture Capital

Jenis investor ini berbeda dengan inkubatir, seorang investor venture capital hanya memberikan modal finansial dan tidak memberikan arahan untuk menjalankan bisnis Anda. Jenis investor venture capital ini akan memainkan peran yang lebih aktif dalam startup Anda, karena mereka akan menerima sejumlah ekuitas sebagai imbalan pendanaan, dan akan membantu memberikan keahlian dalam membimbing Anda selama tahap pengembangan Anda.

Baca Juga : Ikuti Trik Rahasia Kelola Investasi Ditengah Badai Covid-19

custom-form-newsletter

Cara Mendapatkan Investor yang Tepat

Didalam sebuah praktik bisnis, mencari jenis investor bukanlah suatu yang mudah. Ada banyak upaya yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan seorang investor yang mau menanamkan modal dan mampu membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. Untuk mencari jenis investor, perhatikan cara-cara yang harus Anda terapkan yaitu :

1. Membuat Proposal

Membuat sebuah proposal merupakan sebuah jembatan bagi perusahaan untuk mencari seorang investor maupun pinjaman modal. Proposal tersebut harus berisikan secara detail terkait dengan visi dan misi perusahaan Anda. Maka dari itu buatlah sebuah proposal semenarik mungkin untuk menarik hati calon investor.

2. Memberi Tahu Risiko Usaha Anda

Apabila Anda memiliki sebuah kendala ataupun risiko dalam usaha Anda, jangan berusaha menyembunyikan setiap kendala Anda pada calon investor. Sebab calon investor perlu tahu hambatan maupun risiko apa yang sedang dialami oleh usaha Anda.

3. Menyusun Strategi Usaha

Dalam sebuah usaha pasti menginginkan usahanya tersebut dapat berkembang, namun dibutuhkan tambahan modal usaha dalam mencapainya. Namun apabila Anda mencari seorang investor untuk mengembangkan bisnis Anda. Maka calon investor akan menanyakan strategi apa yang ingin Anda gunakan, dengan begitu investor akan membantu Anda dalam mengembangkan usaha Anda.

Maka dari itu, susunlah strategi dengan sempurna dan tepat, sebab strategi usaha yang baik akan mencerminkan prospek usaha yang besar di kemudian hari.

4. Mengikuti Sebuah Pameran Binsis

Ketika Anda mengikuti sebuah pameran dalam bidang bisnis, ini merupakan salah satu jalan untuk mencari investor dan mendapatkan modal.  Jika Anda memiliki sebuah bisnis, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda dalam sebuah pameran. Sebab didalam sebuah pameran dan kompetisi, biasanya para investor akan datang dan melihat konsep bisnis mana yang menarik dan memiliki sebuah prospek yang tinggi untuk kedepannya. Apabila investor tersebut tertarik, maka investor akan bersedia menanamkan modal untuk usaha Anda.

5. Membereskan Laporan Neraca

Apabila seorang investor telah setuju untuk menanamkan modalnya pada perusahaan Anda, maka seorang investor tersebut berharap untuk bisa mendapatkan profit dari usaha tersebut. Namun sebelum memutuskan hal tersebut tentunya mereka sudah mempertimbangkan dengan matang kerugian apa yang akan mereka dapat. Seorang investor akan mengamati perjalanan arus kas perusahaan Anda melalui neraca keuangan. Maka oleh sebab itu, sebelum mencari investor Anda perlu merapihkan neraca usaha Anda.

Anda bisa membuat neraca yang rapi dengan perhitungan kas, utang, aktiva lancar, dan aktiva tetap secara terpisah dan detail dengan menggunakan sebuah software akuntansi.

Untuk mengelola keuangan yang baik, Anda dapat menggunakan teknologi berbasis cloud untuk membantu Anda membereskan pencatatan keuangan bisnis Anda seperti Harmony Accounting Software.

Melalui software ini Anda bisa membuat pencatatan bisnis mulai dari penghasilan sampai dengan pengeluaran bisnis lain. Dengan mudah, Anda bisa monitor keuangan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun dalam satu aplikasi.

Software ini juga user friendly sehingga anda yang tak memiliki latar pendidikan akuntansi bisa menggunakannya. Ditambah lagi Anda bisa gunakan software ini secara gratis selama 30 hari penuh dengan daftar akun disini.

Harmony juga menyediakan jasa akuntansi jika Anda tidak mau repot dalam mengelola pembukuannya dan ingin terima beres, Anda dapat menggunakan Harmony Accounting Service.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan tips dan berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pajak dan lainnya? Kunjungi dan ikuti updatenya melalui FacebookInstagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/