Harmony Blog

Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Online di Marketplace

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

marketplacePin

Marketplace adalah sebuah bisnis e-commerce yang dimana pelaku bisnis ini melakukan penjualan melalui website, sehingga dapat memilih barang-barang yang konsumen butuhkan dari beberapa penjualan melalui website tersebut.

Anda harus bisa membuat strategi digital marketing yang optimal agar produk-produk di website bisa terjual. Dalam dunia nyata marketplace dapat diartikan sebagai pasar yang menyediakan banyak penjual untuk berinterakasi dengan para pembeli.

Dengan adanya marketplace tentu memiliki banyak kemudahan dalam melakukan berbagai hal, khususnya yang berkaitan dengan transaksi jual beli.

Perkembangan marketplace sekarang ini sudah sangat pesat, banyak marketplace baru yang bermunculan dengan menawarkan beragam fitur menarik. Banyak produk yang tersedia mulai dari barang, jasa, dan kebutuhan lain dengan harga yang bersaing. Bagi pebisnis online, dengan adanya marketplace ini lebih memudahkan dalam hal penjualan, berikut pembahasan tentang marketplace.

Apa itu Marketplace?

Marketplace merupakan sebuah media atau aplikasi online yang menyediakan proses jual beli dari berbagai jenis toko. Membuat marketplace adalah prioritas utama bagi para pebisnis online, terutama yang sudah memiliki merek sendiri. Selain bisa menjadi strategi promosi, marketplace juga meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap merek Anda.

Pada dasarnya pemilik marketplace tidak memiliki tanggung jawab terhadap barang-barang yang dijual, sebab pemilik marketplace hanya menyediakan sebuah tempat bagi para penjual untuk melakukan penjualan mereka dan melakukan transaksi pembelian dengan lebih mudah dan cepat.

Dan setelah menerima pembayaran atau sudah melakukan sebuah transaksi, penjual akan mengirim barang ke pembeli sesuai dengan alamat dan tujuan yang Anda berikan. Salah satu alasan mengapa marketplace terkenal adalah karena kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan. Banyak yang menggambarkan online marketplace seperti department store.

Baca Juga : Lead Generation: Cara Praktis Mendapatkan Calon Customer Untuk Bisnis Startup

Kelebihan dan Kekurangan Marketplace

Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada marketplace. Berikut akan di jelaskan dibawah ini :

1. Kelebihan yang Terdapat Pada Marketplace

• Jangan Takut Untuk Kehilangan Konsumen

Dengan adanya marketplace sebagai tempat untuk berjualan Anda, maka Anda tidak perlu takut ataupun khawatir mengenai kehilangan konsumen. Sebab setiap harinya memiliki jumlah pengunjung yang semakin meningkat.

Terutama di negara Indonesia sendiri, yang dimana jumlah penggunaan marketplace cukup besar. Banyak sekali aktivitas jual beli online yang terjadi, karena biasanya juga beberapa orang mengunjungi situs marketplace karena memang memiliki keinginan untuk membeli sesuatu barang.

Lalu bisnis Anda juga secara otomatis akan dipromosikan oleh pemilik online marketplace. Sehingga Anda tidak perlu repot dan susah untuk melakukan promosi pada produk jualan Anda.

Biasanya online marketplace sudah dipercaya oleh konsumen sehingga Anda juga tidak harus susah payah untuk membangun kepercayaan konsumen. Ditambah dengan kemudahan yang diberikan oleh pengelola secara online dalam mempermudah konsumen untuk terus menjangkau toko Anda.

Jadi konsumen yang Anda miliki tidak hanya bertempat tinggal di wilayah Anda, namun bisa jadi berasal dari beberapa wilayah yang berada di Indonesia atau bisa jadi dari manca negara. Dengan menggunakan online marketplace konsumen juga dapat mengakses kapanpun dan dimanapun mereka berada.

• Pasar Yang Lebih Luas Dengan Adanya Komunitas

Adanya online marketplace, maka Anda dapat lebih mudah untuk membangun relasi dengan penjual Lain melalui komunitas. Sebab dengan adanya komunitas Anda dapat saling berbagi ilmu,berbagai perubahan untuk usaha Anda, atau dapat bekerjasama untuk membangun bisnis yang baru. Karena Online marketplace mempunyai jangkauan yang sangat luas baik itu dalam negeri ataupun luar negeri.

• Modal yang relatif kecil

Berbeda halnya dengan membuka usaha secara offline. Marketplace online lebih dapat menghemat biaya bisnis anda karena tidak memerlukan penyewaan tempat. Namun memang beberapa online marketplace juga menerapkan biaya sewa pada halaman websitenya, namun tidak sebesar biaya sewa tempat seperti ruko atau lapangan.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, kalian juga dapat menemukan online marketplace yang gratis seperti beberapa grup yang ada di Facebook, forum jual beli online dan lain sebagainya.

• Banyak Fitur dan Keunggulan Masing-Masing

Dalam sebuah platfrom online seperti marketplace juga menyediakan banyak fitur untuk menunjang kemudahan dalam melakukan transaksi di platfrom para penjual. Dalam marketplace menjamin sebuah keamanan dalam bertransaksi.

Marketplace menyediakan metode pembayaran yang bermacam-macam serta pilihan kurir yang bervariasi, sehingga calon pembeli lebih mudah menentukan mau membayar dan barang dikirim melalui apa. Adanya fitur live chat dan reputasi memudahkan calon pembeli untuk berkomunikasi dengan penjual untuk menanyakan terkait barang yang mau dibeli.

Review atau reputasi yang baik juga bisa menjadi acuan calon pembeli untuk berbelanja di toko Anda, hal ini juga mempengaruhi kepercayaan calon pembeli.

• Perkembangan Bisnis Anda Yang Mudah Di Pantau

Beberapa pengelola online marketplace biasanya memiliki fitur insight. Fitur insight dapat memantau seberapa orang yang mengunjungi toko Anda, jumlah orang merespon, jumlah orang yang melakukan komunikasi dan jumlah orang yang membeli produk Anda.Dengan begitu cara tersebut Anda dapat lebih mudah dalam memantau perkembangan bisnis Anda .

Dengan Anda dapat memantau perkembangan bisnis Anda, mempermudahkan Anda untuk dapat mengevaluasi produk atau strategi pemasaran yang ada pada toko Anda.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

2. Kekurangan yang Terdapat Pada Marketplace

• Daya Saing Tinggi

Banyaknya para pebisnis menggunakan marketplace membuat persaingan semakin banyak dan besar, maka butuh strategi pemasaran yang tepat dalam bisnis online seperti ini.

Di dalam situasi yang seperti ini Anda harus mampu mempertahankan produk Anda serta dapat membuat produk Anda itu unik dan menarik. Sehingga dapat memiliki ketertarikan yang berbeda dengan produk yang lainnya.

• Sulit Mendapatkan Kepercayaan

Masih ada kekurangan dalam melakukan bisnis di marketplace, salah satunya sulit dalam mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Dikarenakan sudah banyak kejahatan yang ada di dalam online marketplace seperti scamming, penipuan, dan juga adanya barang ilegal.

Dapat diartikan bahwa di sini Anda juga dapat bersaing dengan penjual yang tidak bertanggung jawab. Bahkan kemungkinan produk Anda dapat lebih mudah untuk ditiru dan diperjualbelikan kembali.

• Fitur Pencarian yang Tidak Tertarget

Marketplace pasti memiliki fitur pencarian barang atau produk dan didalam memiliki ratusan penjual yang akan membuat hasil pencarian menjadi tidak tertarget terhadap produk dan jasa yang kita tawarkan.

Melainkan akan ada banyak hasil pencarian yang serupa dengan barang dan jasa yang kita tawarkan disana. Anda harus bisa memanfaatkan fItur iklan berbayar dengan hati–hati dan terkonsep di marketplace tersebut.

• Marketplace Bergantung Pada Pengelolaannya

Karena online marketplace dilakukan melalui teknologi dan tentunya semua ini dilakukan oleh pengelolanya.

Jika pengelola memiliki reputasi yang buruk, dan juga kurang melakukan promosi, maka semua akan mempengaruhi perkembangan bisnis. Dasarnya semua bergantung pada pengelola dan pemilik marketplace.

Meskipun dengan adanya berbagai kemudahan, kelebihan, serta kekurangan yang dimiliki online marketplace, banyak para pelaku bisnis  merekomendasikan untuk berjualan melalui platform. Di era canggih ini, Anda bisa memanfaatkan media digital dikarenakan waktu dan tenaga yang dikeluarkan lebih sedikit.

Bagi Anda yang ingin mengelola bisnis secara online, Anda perlu menggunakan software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan Anda secara tepat dan cepat. Untuk pengelolaan keuangan dari hasil berjualan marketplace dapat Anda catat dengan mudah menggunakan software akuntansi Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang sudah digunakan oleh ribuan pebisnis dalam membantu usaha mereka. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan membantu agar usaha Anda semakin berkembang. Coba gunakan Harmony GRATIS 30 hari dengan mendaftar disini.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony